Simak perbedaan melukis dan menggambar yang perlu Anda ketahui

Ternyata Menggambar dan Melukis Memiliki Pengertian Berbeda, Simak Perbedaannya

Beberapa orang menganggap melukis dan menggambar adalah hal yang sama, namun ternyata memiliki arti yang berbeda. Simak perbedaannya!

Ternyata Menggambar dan Melukis Memiliki Pengertian Berbeda, Simak PerbedaannyaPexels.com/javier gonzalez
Ilustrasi menggambar

Dalam artikel kali ini akan membahas tentang perbedaan Melukis dan Menggambar, mungkin sebagian orang mengira keduanya adalah hal yang sama.

Namun, faktanya melukis dan menggambar ternyata memiliki pengertian yang berbeda. Simak terus pembahasan ini untuk mengetahui perbedaannya.

Dalam hal seni rupa, melukis dan menggambar masuk ke dalam kategori yang sama yakni seni rupa dua dimensi. Namun, keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Sebagai informasi, seni rupa terbagi menjadi dua fungsi yakni terapan dan murni. Sedangkan berdasarkan massanya terbagi tiga yaitu tradisional, modern, dan kontemporer.
Adapun seni rupa berdasarkan wujudnya terbagi menjadi dua yaitu dua dimensi dan tiga dimensi.

Berikut perbedaan antara melukis dan menggambar yang perlu Anda ketahui

1. Melukis

Melukis adalah suatu aktivitas menggambar dengan menggunakan media yang sifatnya cair seperti cat air, minyak, akrilik, dan memakai kuas.

Yang membedakannya dengan menggambar, melukis lebih mengutamakan pengungkapan kesan batin dari pelukis itu sendiri yang dikreasikan dengan gayanya masing-masing.

Karya dari seorang pelukis cenderung tidak meniru hasil dari orang lain, tapi spontan muncul dari ide dan gagasannya sendiri. Ide dan gagasannya itulah yang akan diungkapkan melalui media kertas dan kanvas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti melukis adalah membuat gambar dengan menggunakan pensil, pulpen, kuas, dan sebagainya, baik dengan warna maupun tidak.

Siapapun bisa melukis jika mempunyai bakat bawaan untuk menjadi seorang pelukis. Setiap pelukis biasanya memiliki karakter atau ciri khasnya masing-masing.

Oleh karena itu, setiap pelukis atau seniman mempunyai watak dan kepribadian yang berbeda dalam menuangkannya ke media lukis.

Jika Anda ingin belajar melukis, maka harus dipersiapkan alat dan bahannya sebagai berikut.

Alat melukis

  1. Kuas
  2. Palet
  3. Alat pembersih kuas
  4. Pisau palet
  5. Easel

Baca juga Ketahui Cara Memakai Lulur Bedda Lotong yang Benar

Bahan melukis

Bahan-bahan melukis terdiri dari:

  1. Cat minyak
  2. Cat air
  3. Cat poster
  4. Cat akrilik (acrylic)
  5. Cat tekstil
  6. Tinta bak/tinta cina

Baca juga Merinding! Ini Dia 5 Tempat Paling Seram di Sumedang

2. Menggambar

Menggambar pada dasarnya merupakan aktivitas dasar dari karya seni rupa, yang artinya menggambar merupakan induk dari karya seni rupa. Menggambar merupakan suatu teknik yang melibatkan aktivitas fisik dengan mental.

Aktivitas yang berkaitan dalam hal fisik maksudnya berhubungan dengan mempunyai keterampilan dalam menggunakan peralatan menggambar (skill).
Sedangkan mental berkaitan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jadi, menggambar merupakan bentuk aktivitas yang berkaitan dengan mental dan fisik, yang dituangkan ke dalam bentuk goresan tangan menggunakan media dua dan tiga dimensi.

Biasanya ide menggambar muncul dari imajinasi dan perasaan, yang kemudian dituangkan melalui media dan alat seperti pensil, bolpoin, krayon, kertas gambar, alat, dan media lainnya.

Meskipun demikian, menggambar tetap harus mengikuti prosedur-prosedur dan kaidah-kaidah yang berlaku dalam seni rupa.

Dalam menggambar harus memperhatikan kaidah-kaidah dari seni rupa seperti lugas, imajinatif, kreatif, dan menyenangkan.Adapun harus mengikuti unsur-unsur seni rupa seperti titik, garis, warna, dan bidang. Serta mengikuti prinsip-prinsip dari seni rupa seperti proporsi, komposisi, keseimbangan, tekstur, dan gelap terang.

Alat dan media menggambar

Alat dan media untuk belajar menggambar mempunyai berbagai macam dan variasi. Anda dapat memakai pensil dengan bahan grafit, bolpoin, pensil warna atau krayon. Tentu setiap alat memiliki karakternya masing-masing.

Berikut beberapa macam alat dan media gambar yang bisa Anda gunakan:

  1. Pensil
  2. Pensil warna
  3. Krayon
  4. Bolpoin
  5. Kertas gambar

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga Anda bisa menjadi lebih memahami tentang perbedaan melukis dan menggambar.

Cek dan baca artikel lainnya di Google News

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini