Susah Menangkap Materi Pelajaran dari Buku? Ini Solusinya

Belajar adalah kewajiban utama dari setiap siswa! Dengan belajar diharapkan siswa dapat memahami pelajaran yang nantinya dapat berguna untuk masa depannya.

Dalam proses belajar ini, setiap siswa memiliki cara yang berbeda-beda untuk memahami sebuah materi. Namun sayangnya, sistem pendidikan di Indonesia masih menggunakan satu metode yaitu membaca buku atau mendengarkan guru bercerita.

Nah, bagi anda yang kesulitan dalam menerima ilmu dari buku, kami punya solusi ampuh yang dapat anda coba di rumah atau di sekolah jika program belajar dari rumah ini berakhir. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Solusi Belajar Efektif dan Efisien

Membuat Rangkuman

Daripada membaca buku tebal dengan ratusan halaman atau mendengarkan guru bercerita, mungkin anda dapat mencoba membuat rangkuman.

Di dalam rangkuman ini anda dapat membuat poin-poin utama yang dianggap penting. Penjelasan selanjutnya diperoleh dari penalaran yang anda lakukan dari pengembangan poin utama tadi.

Cara ini tentu saja jauh lebih efektif mengingat siswa akan paham materi tersebut di luar kepala tanpa harus membuka buku lagi.

Membaca Artikel

Satu alasan mengapa buku sulit untuk dipahami adalah bahasanya yang cukup berat, teoritis, dan formal. Sebagai solusinya anda dapat mencoba membaca artikel yang sumber informasinya dapat dipertanggungjawabkan dan ilmiah.

Di mana menemukan artikel yang seperti ini? edmodo.id! sebagai media pembelajaran nomor 1 di Indonesia, website ini menyediakan berbagai materi pelajaran yang ditulis ulang dengan bahasa yang lebih ringan yang mudah dimengerti.

Penasaran? Langsung saja kunjungi!

Mencoba Latihan Soal

Mengapa mencoba latihan soal dianggap jauh lebih efektif daripada menghafal? Karena menjajal latihan soal sama saja dengan mengimplementasikan ilmu atau teori yang didapat dari pelajaran.

Dengan latihan soal, anda akan paham bahwa untuk menyelesaikan suatu masalah diperlukan teori dan ilmu yang sesuai. Apabila sembarangan memasukan rumus, maka hasilnya sudah tentu pasti salah.

Metode mencoba latihan soal ini sangat cocok diterapkan untuk pelajaran yang bersifat ilmiah dan berhitung seperti matematika, fisika, kimia, dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah beberapa cara dan solusi untuk anda yang kesulitan menangkap ilmu hanya dari buku. semoga artikel ini bermanfaat untuk proses belajar anda. Terima kasih!