Penyebab Foto Hilang di Laptop dan Cara Mengatasinya

Penyebab Foto Hilang di Laptop – Pernah mengalami kehilangan foto atau video keluarga? Padahal sudah menyimpannya secara rapi di dalam perangkat laptop atau komputer yang pastinya aman dong. Apalagi foto atau video tersebut adalah kenangan bersama keluarga tercinta, di pastikan auto sedih dong ya.

Banyak orang mengira bahwa menyimpan file & dokumen penting dalam perangkat laptop adalah hal yang baik dan aman. Tentu hal tersebut tidak sepenuhnya benar dan juga salah. Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa file tersebut bisa hilang begitu saja.

Sebenarnya, sah-sah saja menyimpan beragam file penting pada perangkat komputer dan juga laptop. Asalkan anda tidak lupa untuk melakukan back-up secara rutin untuk keamanan dari file tersebut agar senantiasa aman dari berbagai bahaya yang mengancam.

Apalagi perkembangan teknologi saat ini yang berkembang begitu pesat, tentu selain memudahkan kita untuk melakukan berbagai kegiatan, juga sisi negatifnya adalah semakin banyak pula ancaman bahaya yang bisa menyerang kita kapan saja dan dimana saja.

Kenapa file penting & dokumen kita di dalam laptop bisa hilang begitu saja? Padahal sebelumnya kita telah menyimpan rapi dan dipastikan aman. Perlu anda ketahui bahwa kehilangan data penting banyak sekali faktornya dan salah satu yang utama adalah serangan virus berbahaya.

Selain karena faktor tersebut, masih banyak lagi penyebab mengapa foto dan video bisa hilang begitu saja antara lain kesalahan manusia, kerusakan sistem, pemasangan ulang / peningkatan OS, kerusakan hard drive, kerusakan perangkat lunak, atau alasan lain yang tidak diketahui.

Jika anda sedang mengalami masalah tersebut, jangan panik karena anda bisa kembali memulihkan beragam file & dokumen penting anda yang hilang secara permanen dengan mudah dan juga cepat. Lantas bagaimana cara mengembalikannya?

Kali ini kita akan mencoba untuk menggunakan bantuan pihak ketiga yakni dengan data recovery software  yang sudah banyak sekali tersedia di pasaran dan salah satu yang populer adalah EaseUS Data Recovery Wizard.

EaseUS Data Recovery Wizard adalah perangkat lunak gratis pemulihan data yang hilang secara permanen akibat berbagai hal seperti kesalahan manusia, serangan virus, kerusakan sistem hingga kegagalan update sistem yang memiliki dukungan fitur yang lengkap dan gratis.

Ini adalah cara mudah memulihkan kembali beragam foto & video penting yang anda simpan para perangkat laptop dan komputer dengan mudah, cepat dan cara penggunaannya juga sangat simpel meskipun anda awam sekalipun.

Bagaimana cara menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard agar membantu memulihkan file & dokumen penting anda dengan baik? Simak ulasan langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama, download software EaseUS Data Recovery di situs resmi.
  2. Install pada komputer PC atau laptop dan buka software tersebut.
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih lokasi dimana file yang terhapus berada sebelumnya. anda bisa cek di folder atau drive atau juga opsi lainnya seperti memilih partisi, hard drive, atau perangkat penyimpanan eksternal lainnya.
  4. Setelah anda pilih kemudian klik ( SCAN ). Software ini akan melakukan scanning untuk kemudian menampilkan data anda.
  5. Setelah itu muncul semua data yang tersebunyi dan dapat anda pulihkan.
  6. Centang data yang ingin anda kembalikan/pulihkan, kemudian klik ( Recovery ).
  7. File yang hilang/terhapus/ter-format akan kembali bisa anda temukan pada folder dimana file tersebut berada. Selesai.

Mudah dan praktis sekali untuk mengoperasikan salah satu recovery software terbaik dan populer dari EaseUS tersebut. Anda bisa mencoba untuk versi trial alias gratis dengan maksimal pemulihan 2GB.

Selain itu, anda bisa mencoba versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dengan unlimited file recovery untuk menjaga file & dokumen penting anda agar senantiasa aman.