Kampung Wisata Toga Sumedang

Sumedang, salah satu kota kabupaten di Jawa Barat, menyimpan banyak sekali tempat wisata. Salah satunya adalah Kampung Toga Sumedang. Jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota menjadi keunggulan tersendiri dari tempat wisata ini.

Kondisinya masih asri dan alami, menjadi nilai tambah bagi Anda yang ingin berlibur dari penatnya keseharian di kota yang sumpek dan padat. Kampung Toga Sumedang ramai dikunjungi wisatawan, apalagi di sore hari. Beragam kegiatan dan fasilitas ditawarkan oleh tempat wisata ini, sayang sekali jika Anda lewatkan saat Anda berlibur ke kota Sumedang.

Apa saja sih, kegiatan yang bisa Anda lakukan di Kampung Wisata Toga Sumedang? Yuk, simak satu per satu pembahasannya berikut alamat, harga tiket, dan kontak yang bisa Anda hubungi jika Anda ingin berwisata ke tempat ini.

Lokasi Kampung Toga Sumedang

kampung toga

Kampung Toga Sumedang beralamat di Jalan Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang. Tempat ini berjarak sekitar 2 km ke arah selatan dari pusat kota. Letak Kampung Toga memang masih searah dengan kompleks pemakaman leluhur Sumedang, yaitu Gunung Puyuh.

Jika Anda ingin pergi ke Sumedang dari arah tol Cileunyi, Anda keluar menuju Jatinangor, kemudian lurus menuju Tanjungsari, Cadas Pangeran, sampai ke bundaran Polres Sumedang. Dari sini, ambil jalur ke kanan menuju Kompleks Makam Gunung Puyuh dan nantinya Anda akan melihat nama Kampung Toga terukir di bebatuan. Jika Anda masih kesulitan, Anda bisa menelepon kontak Kampung Toga di 0261206567.

Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan di Kampung Toga Sumedang

paralayang kampung toga

Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CG-MKWuBwj0/

Apa itu Kampung Toga? Apakah ada “toga wisudanya”? Sama sekali bukan tentang toga yang itu, hehe. Kampung Toga berasal dari singkatan “tanaman obat keluarga”. Sebelum menjadi objek wisata, kawasan ini merupakan tempat penanaman tanaman obat. Karena ciri khas itulah, kemudian dinamai dengan Kampung Toga Sumedang dan dijadikan tempat wisata.

Seiring perkembangannya, kampung toga yang tadinya kawasan penanaman tumbuhan obat kemudian tumbuh menjadi agrowisata. Dengan luas sekitar 36 hektar, kini Kampung Toga Sumedang masih mempertahankan sebagian besar wilayahnya sebagai tempat penanaman dan perkebunan.

Objek wisata ini berada di ketinggian 800 mdpl tema tradisional. Dari atas ketinggian bukit, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan sawah dan perkebunan hijau nan indah, serta udara yang sejuk dan segar. Sangat tepat sekali untuk menyegarkan pikiran.

Berenang

Di tempat wisata ini, Anda bisa menikmati keindahan alam sembari berenang. Terdapat kolam renang yang disediakan untuk orang dewasa dan anak-anak. Di kolam renang ini, terdapat seluncuran kecil yang dikhususkan untuk anak-anak. Fokus kolam renang ini memang untuk berenang, bukan sebagai water boom, namun anak-anak Anda tetap bisa bermain-main di kolam renang dengan seluncuran yang disediakan.

Anda bisa menikmati nikmatnya udara segar perbukitan Sumedang sambil menghanyutkan diri di atas pelampung. Karena tidak ada water boom, Anda bisa fokus bersantai dengan tenang, menenangkan diri dari penat pekerjaan dan rutinitas.

Bersepeda

Selain berenang, Anda bisa menyusuri indahnya kawasan Sumedang dengan sepeda. Kawasan Kampung Wisata Toga mengusung motto “One Stop Adventure”, yang berarti unsur petualangan sangat diutamakan. Baik itu di darat, air, dan udara, Anda bisa bertualang di aktivitas atau wahana yang ditawarkan oleh Kampung Toga ini.

Menyusuri indahnya kawasan perkebunan, pemandangan sawah dan pegunungan yang indah dengan sepeda sambil berolahraga. Hmm, seru juga kan?

Outbond

Fasilitas outbond juga disiapkan oleh Kampung Wisata Toga. Anda bisa melakukan beragam kegiatan bersama keluarga maupun kolega Anda untuk mengkarabkan hubungan pertemanan sekaligus membebaskan kejenuhan. Ragam permainan outbond di sini cukup lengkap dan terawat dengan baik. Keamanan dan keselamatan Anda juga terjamin di fasilitas outbond ini.

Paralayang

Berada di ketinggian merupakan nilai tambah Kampung Toga. Salah satunya, kontur tinggi dimanfaatkan sebagai sarana wahana paralayang. Tau, kan, olahraga dengan parasut yang memanfaatkan ketinggian. Anda bisa menyusuri kawasan Kampung Toga dari atas ketinggian, memandang perbukitan, sawah, dan perkebunan.

Harga jasa paralayang ini tergantung penyedia. Pengunjung bisa melakukan tawar-menawar sampai mendapat harga yang sesuai. Belum mahir menggunakan paralayang? Tenang saja, karena pengunjung yang memang harus menyewa jasa dan instruktur paralayang terlatih agar bisa mendarat tepat di lapangan. Namun, jika ingin menikmati wahana ini, Anda harus memperhatikan cuaca.

Jika cuaca hujan berangin sangat kencang, wahana ini tidak dapat dinikmati untuk sementara. Angin yang tidak tepat bisa membuat Anda mendarat di persawahan warga.

Menginap di Villa

Anda ingin berlibur bersama pasangan, keluarga, atau bersama teman-teman kantor selama beberapa hari? Kampung Toga menyediakan berbagai jenis penginapan, dari villa hingga homestay. Jenis villanya bermacam-macam, tergantung kebutuhan Anda. Dari desain yang sangat apik sampai luas yang bervariasi, Anda bisa menikmati keindahan Kampung Toga lebih lama dengan menginap di salah satu villa yang disediakan.

Beberapa tipe villa yang bisa disewa di tempat ini adalah tipe Flamboyan, Bougenville, Rose, Sedap Malam, Kenanga, Ayudia I, Ayudia II, Ayudia III, Mangangeke, Merpati, Nuri, Jalak, Elang, Soenyi, Kenari, hingga Villa Kijang.

Terdapat ballroom untuk keperluan acara serta pilihan menu makanan. Anda bisa menyesuaikan fasilitas yang ingin Anda nikmati dengan budget yang Anda siapkan. Harga per malam juga bervariasi, dari empat ratus ribuan hingga jutaan rupiah.

Restoran

Di Kampung Toga, terdapat beberapa warung makan dan restoran yang menyajikan aneka makanan dan minuman. Mayoritas makanan dan minuman yang ditawarkan merupakan makanan khas Sunda, disajikan di saung lesehan dengan pemandangan alam terbuka. Menu yang ditawarkan antara lain nasi liwet, gurami bakar, nasi timbel komplet karedok, sambal gepuk, lalapan, dan lain-lain.

Harga Tiket Kampung Toga Sumedang

berenang di kampung toga

Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CErQHDqh5eC/

Tertarik berwisata ke Kampung Toga Sumedang? Harga tiket masuknya murah, hanya Rp. 5.000,- saja. Namun, jika Anda ingin menikmati wahana lain, dikenakan biaya khusus.

Tiket masuk: Rp. 5.000,- per orang.
Kolam Renang: Rp. 20.000,- per orang.
Wahana Paralayang: Rp. 150.000,- s.d. Rp. 250.000,- (tergantung negosiasi)
Booking Restoran: Rp. 1.000.000,-
Booking Lesehan: Rp. 25.000,- per jam.
Booking Saung Kolam Renang: Rp. 250.000,- per saung.
Tarif Villa/Cottage: Rp. 400.000,- s.d. Rp. 4.300.000,- per malam (include breakfast, free tiket kolam renang untuk 2 orang).
Extra bed (untuk penginapan): Rp. 100.000,- (included breakfast)

Jam Operasional: Buka setiap hari, 08.00 – 22.00 WIB

Nah, itu dia informasi terkait Kampung Wisata Toga Sumedang. Hmm, sepertinya seru sekali, ya, menikmati keindahan alam Sumedang sembari menikmati wahana-wahananya. Pilihan kegiatan bisa Anda sesuaikan dengan budget yang tersedia.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik menghabiskan akhir pekan Anda di Kampung Wisata Toga Sumedang? Atau Anda memiliki informasi lain terkait Kampung Wisata Toga Sumedang? Jika ada, silakan berbagi informasi di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat menikmati akhir pekan Anda di Kampung Toga Sumedang.