20 Ide Usaha untuk Pensiunan Modal Kecil Untung Menjanjikan

Ide Usaha Pensiunan – Setelah sekian lama bekerja di perusahaan, mau tidak mau kita pasti akan pensiun juga. Mungkin Anda berpikir untuk memutar uang pensiunan menjadi modal usaha, selain dipakai untuk kehidupan sehari-hari. Selain menambah penghasilan, Anda juga bisa mengisi waktu luang Anda dengan menggeluti bisnis yang Anda pilih.

Bingung mencari ide usaha pensiunan dengan modal kecil? Kali ini Angkasa akan membahas 20 ide usaha pensiunan dengan modal kecil tapi untung menjanjikan. Apa saja? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1. Menjual Makanan Ringan

ide usaha pensiunan modal kecil
Menjual makanan ringan bisa Anda lakukan dengan modal kecil dan cukup menguntungkan.

Menjual makanan ringan seperti snack, gorengan, ataupun kue-kue lebaran bisa Anda lakoni dengan modal kecil. Dikemas sederhana, ditaruh di toko-toko kelontong di kota Anda maupun dititip di dekat sekolah-sekolah, usaha ini cocok sekali untuk Anda yang senang memasak kue-kue. Anda juga bisa mempekerjakan beberapa orang untuk mengolah kue-kue ini, serta membuka layanan pesan antar dan pemesanan untuk acara seperti pesta ataupun rapat.

Baca juga : Wisata Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang

Selama Anda jeli melihat peluang serta memahami kue-kue mana yang disukai konsumen di sekitar tempat Anda tinggal, keuntungannya cukup menjanjikan. Anda juga bisa membantu memberdayakan ekonomi di lingkungan tempat tinggal Anda dan membantu keuangan keluarga Anda.

2. Berjualan Sembako

ide usaha pensiunan modal kecil
Menjual kebutuhan sehari-hari seperti beras dan perlengkapan lain juga tergolong bisnis yang sustain (bertahan lama).

Sembako merupakan barang-barang yang selalu orang banyak butuhkan. Anda bisa memulai usaha ini dengan menjual kebutuhan sehari-hari seperti beras, gula, minyak goreng, sabun, pasta gigi, dan sejenisnya serta menyewa tanah ataupun bangunan di tempat strategis. Dari warung kecil sampai membuat toko sembako Anda seperti minimarket, ide yang satu ini cukup menjanjikan.

Dalam menjual sembako, pilihlah supplier yang memerhatikan kualitas dan harga yang masuk akal. Menjual sembako pun jangan terlalu mahal. Harga yang masuk akal serta pelayanan yang baik membuat orang betah berbelanja di toko sembako Anda. Jangan lupa, selalu ucapkan terima kasih dan tersenyum setelah pelanggan membayar belanjaan mereka.

3. Membuka Konter Pulsa

ide usaha pensiunan modal kecil
Konter pulsa, kuota, serta aksesoris ponsel juga salah satu kebutuhan zaman kini.

Selain sembako, pulsa dan kuota internet kini juga sudah menjadi kebutuhan bulanan. Selain pulsa telepon dan kuota internet, Anda juga bisa menjual pulsa listrik, kebutuhan wifi, dan layanan pembayaran lainnya. Dari modal 2juta saja, Anda sudah bisa membuka konter pulsa sendiri.

Balik modal konter pulsa sendiri tergolong cepat. Pilihlah tempat strategis yang memang menjadi pusat keramaian seperti di dekat kampus, sekolah, perkantoran atau jalan yang menghubungkan antar komplek. Untuk harga, jangan pasang harga terlalu mahal.

Tips lain untuk sukses di usaha jual pulsa, kuota, dan pulsa listrik adalah jangan biarkan pelanggan Anda berhutang. Selain itu, harga juga jangan terlalu mahal agar bisnis Anda cepat berputar. Perhatikan pula masa berlaku kartu agar keuntungan konter pulsa semakin banyak dan terhindar dari kerugian.

4. Membuka Bisnis Online (Online Shop)

Ide usaha pensiunan modal kecil
Bisnis online shop cukup menjanjikan dan banyak pilihan yang bisa Anda ambil.

Membuka bisnis online atau online shop tergolong mudah, lho. Anda juga bisa memulainya dengan modal 2juta rupiah atau bahkan kurang. Selain itu, Anda bisa memilih jenis usaha Anda, apakah Anda menjual makanan, pakaian, aksesoris, bahkan alat elektronik.

Untuk online shop, selain menyiapkan modal uang, Anda juga harus sering melakukan promosi via media sosial. Utamakan pelayanan pelanggan yang baik dan juga up to date pada perkembangan terbaru bisnis Anda. Selama Anda rajin dan jeli, bisnis online cukup menguntungkan dan juga Anda bisa memulainya dari modal terkecil sekalipun.

5. Menekuni Usaha di Bidang Pertanian (Agribisnis)

ide usaha pensiunan modal kecil
Anda juga bisa berkebun sayur mayur atau buah-buahan di ladang atau halaman belakang rumah Anda.

Dari budidaya jamur sampai sayur mayur maupun buah-buahan organik, ide usaha bidang pertanian juga cukup menjanjikan. Komoditas pertanian terbilang cukup menjanjikan karena masih merupakan kebutuhan pokok sehari-hari.

Tidak perlu lahan yang luas berhektar-hektar, usaha di bidang pertanian bisa Anda lakukan dari pekarangan di halaman belakang rumah Anda. Anda juga bisa memanfaatkan media tanam selain tanah seperti hidroponik ataupun pot. Akan lebih baik jika Anda sudah memiliki kenalan yang memang memiliki usaha di bidang restoran karena Anda bisa menyalurkan hasil pertanian Anda ke sana.

Selain ke restoran atau rumah makan, Anda juga bisa menjual hasil kebun Anda di pasar dekat rumah. Keuntungannya cukup lumayan dan Anda juga bisa mengisi waktu luang Anda dengan berkebun.

6. Menekuni Usaha Perikanan

ide usaha pensiunan
Memiliki tambak ikan selain untuk konsumsi keluarga di rumah, juga bisa untuk dijual.

Setelah perkebunan, kali ini kita beralih ke perikanan. Anda bisa memulai bisnis ini dengan menyediakan lahan untuk dijadikan tambak ikan air tawar. Ikan air tawar cukup mahal dan banyak peminatnya, lho. Selain dijual di pasar, ikan-ikan Anda juga bisa dijual ke rumah makan atau restoran yang ada di daerah Anda.

Berbisnis ikan harus bersabar dan rajin setiap hari memberi makan ikan serta membersihkan kolam ikan. Namun, bisnis ikan tergolong menjanjikan karena ikan merupakan salah satu kebutuhan pokok. Selain memelihara ikan dan disalurkan ke rumah makan, restoran, atau pasar, ikan-ikan segar Anda juga bisa diolah menjadi frozen food olahan atau ikan segar yang dibekukan.

7. Menekuni Usaha Peternakan

ide usaha pensiunan modal kecil
Peternakan juga merupakan ide usaha pensiunan yang cukup sustain karena kebutuhan masyarakat terhadap daging dan telur yang tinggi.

Peternakan juga tergolong menjanjikan. Bisnis yang satu ini bisa Anda mulai dengan modal cukup kecil. Selain itu, luas lahan juga tidak terlalu berpengaruh jika Anda beternak ayam, misalnya. Beberapa ayam petelur bisa menghasilkan banyak sekali telur perhari dan telur-telurnya bisa Anda jual ke warung-warung atau tetangga sekitar.

Selain ayam petelur, ada banyak jenis peternakan lain. Anda bisa beternak burung puyuh, bebek, kelinci, kambing, bahkan jangkrik. Tinggal pandai-pandai melihat peluang apa yang kira-kira akan terjual di daerah tempat Anda tinggal.

8. Memulai Bisnis Laundry

ide usaha pensiunan
Bisnis laundry cukup menarik apalagi jika diterapkan di kota-kota besar dan padat penduduk.

Bisnis laundry merupakan salah satu bisnis yang mampu bertahan karena permintaan yang selalu tinggi. Selain itu, keuntungan bisnis laundry juga cukup banyak. Tidak hanya mencuci pakaian, Anda juga bisa mencuci sajadah, karpet, sarung bantal, selimut, boneka, dan barang-barang perlengkapan rumah tangga lainnya.

Bisnis yang satu ini cocok sekali dibuka di tempat-tempat yang memang dekat perkantoran atau kampus. Anda juga bisa menyewa beberapa orang untuk membantu mengerjakan bisnis yang satu ini. Sediakan pelayanan terbaik dan kalau perlu buat juga jasa antar jemput agar pelanggan Anda betah mencuci di laundry Anda.

9. Usaha Jasa Pengiriman Barang atau Ekspedisi

ide usaha pensiunan modal kecil
Bisnis jasa pengiriman atau ekspedisi menarik karena saingannya yang sedikit.

Bisnis pengiriman barang atau ekspedisi kargo kini mulai terasa gaungnya. Selain karena pertumbuhan bisnis online yang semakin pesat, pengiriman barang-barang dari Jakarta atau Surabaya ke daerah-daerah juga semakin banyak. Daya saing bisnis yang satu ini juga tidak terlalu ketat karena masih sedikit yang berkecimpung di usaha jasa pengiriman barang.

Anda tidak perlu terlalu khawatir karena bisnis pengiriman barang ini bisa bermitra dengan perusahaan logistik. Dengan modal sedikit dan siapkan ruang untuk menyimpan barang datang dan barang dikirim serta ruang tamu dengan seperangkat komputer, Anda siap menjalankan bisnis ini. Apalagi jika sebelumnya Anda memang sudah terbiasa dengan logistik perusahaan, bisnis ini pasti tergolong mudah.

10. Membuka Toko Kue dan Roti

ide usaha pensiunan modal kecil
Membuka toko kue dan toko roti juga menguntungkan apalagi jika menerima pesanan untuk acara-acara tertentu.

Jika di atas Anda bisa membuat kue dan menjualnya ke warung atau toko tertentu, kali ini Anda bisa membuka toko kue atau toko roti sendiri. Sediakan pelayanan yang cepat dengan roti yang masih hangat. Sediakan pula layanan pesan kue seperti kue ulang tahun atau kue dekorasi khusus untuk anniversary pernikahan.

Toko kue tergolong menguntungkan karena selain bahan bakunya melimpah, orang-orang juga selalu tertarik membeli kue atau roti, baik itu dalam rangka acara maupun untuk cemilan. Jenisnya yang beragam dan rasanya yang bisa berinovasi juga merupakan nilai plus tersendiri.

11. Membuka Rental Kendaraan

ide usaha pensiunan modal kecil
Ide usaha pensiunan lainnya adalah membuka rental mobil. Rental mobil dibutuhkan orang banyak, terutama mereka yang memiliki mobilitas tinggi.

Membuka rental mobil juga merupakan ide yang menarik. Rental mobil dan supirnya juga sering dibutuhkan orang ketika ingin bepergian keluar kota. Anda bisa menyediakan jasa supir atau minus supir dengan harga bervariasi. Selain itu, pastikan pelayanan Anda juara dan mobil-mobil selalu dalam keadaan terawat.

Modal untuk membuka rental cukup banyak. Tipsnya, pilihlah mobil yang memang paling banyak diminati seperti Avanza, Xenia, Innova, dan Gran Max. Agar lebih irit, Anda bisa mengkredit mobilnya dan mencicil kreditan melalui pendapatan sewa mobil.

12. Bisnis Properti atau Kos-kosan

ide usaha pensiunan modal kecil
Kos-kosan merupakan jenis usaha paling menjanjikan, apalagi jika lokasinya strategis.

Bisnis properti atau kos-kosan merupakan salah satu bisnis yang cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, Anda cukup duduk manis dan menerima uang sewa bulanan. Anda bahkan bisa memanfaatkan halaman belakang rumah yang luas untuk membangun kos-kosan.

Semakin strategis kos-kosan Anda, semakin tinggi pula bayar sewanya. Pastikan semua surat-surat baik itu surat kepemilikan tanah maupun surat izin mendirikan bangunan sudah Anda lengkapi agar tidak ada masalah di kemudian hari. Memberikan pilihan layanan tambahan seperti layanan bersih-bersih kamar maupun jasa keamanan juga menjadi nilai tambah.

13. Investasi Saham/Reksadana

ide usaha pensiunan modal kecil
Sekarang, berinvestasi saham atau reksadana bisa dimulai dari ratusan ribu. Selain murah, return-nya juga cukup menjanjikan.

Anda juga bisa memilih berinvestasi saham atau reksadana. Kedua jenis investasi ini banyak dilirik karena bisa dimulai dengan modal kecil dan untungnya juga lumayan besar. Jika Anda ingin investasi yang lebih aman, Anda bisa memilih berinvestasi reksadana karena dana Anda akan dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman.

14. Toko Alat Tulis

ide usaha pensiunan modal kecil
Buku dan alat tulis juga kebutuhan orang banyak, dari anak sekolah hingga mereka yang bekerja di kantor.

Bisnis yang satu ini bisa dimulai dengan modal kecil. Selain itu, semua orang perlu alat tulis: dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan perkantoran, sampai Ibu Rumah Tangga. Bisnis ini juga bisa dijalankan dengan toko offline atau toko online.

Anda bisa memulai toko alat tulis dengan modal minim. Akan lebih bagus lagi jika Anda memiliki toko di sekitar tempat yang memang sangat memerlukan alat tulis seperti sekitar sekolah atau kampus. Cukup dari barang-barang pokok seperti kertas, buku tulis, pulpen, penggaris, dan pensil warna serta spidol. Jika memang Anda tinggal di kota dengan banyak seniman, Anda juga bisa menjual alat lukis.

15. Penyewaan Logistik Event (Tenda, Genset, Sound System)

ide usaha pensiunan modal kecil
Penyewaan tenda dan logistik acara seperti sound system dan genset juga cukup menguntungkan.

Penyewaan logistik untuk acara juga salah satu jenis usaha yang menjanjikan. Tenda, genset, kursi dan meja, panggung, serta sound system biasa dipakai untuk event-event dari pernikahan hingga pameran dan konser. Meski modal awalnya cukup besar, tapi harga sewa cukup tinggi.

Selama alat-alat ini Anda rawat dan memiliki ketentuan pinjam meminjam barang yang jelas, barang-barang Anda akan terawat dan Anda akan mendapatkan profit yang cukup tinggi.

16. Penyewaan Sepeda

ide usaha pensiunan modal kecil
Penyewaan sepeda juga merupakan bisnis dengan daya tahan bagus baik dimasa sebelum maupun saat pandemi.

Sekarang, bersepeda di sore hari maupun hari libur merupakan salah satu bentuk gaya hidup. Bisnis yang satu ini juga termasuk bisnis yang cukup sustain karena bersepeda merupakan bentuk kegiatan olahraga yang disenangi oleh semua kalangan. Modalnya juga cukup kecil dibanding usaha sewa mobil atau sewa logistik event.

Anda bisa meraup untung yang lumayan jika ada perusahaan yang ingin mengadakan fun bike dan bekerja sama dengan usaha penyewaan sepeda Anda.  Tidak harus menunggu fun bike, memiliki lokasi penyewaan di dekat GOR olahraga, di pusat kota, atau dekat lokasi Car Free Day di kota Anda juga merupakan strategi yang bagus. Dengan begitu, banyak orang yang ingin berkeliling kota atau ingin berolahraga tertarik menyewa sepeda di tempat Anda.

17. Waralaba/Franchise

ide usaha pensiunan modal kecil
Waralaba atau franchise merupakan salah satu usaha dengan modal kecil. Biasanya, business plan sudah disiapkan, Anda tinggal menjalankannya.

Waralaba atau franchise merupakan bisnis yang mulai mengalami kemajuan pesat. Banyak sekali jenis franchise, dari minuman seperti boba, kopi, cappucino cincau, hingga makanan seperti ayam tepung goreng (fried chicken), kebab, sosis bakar, takoyaki, dan lainnya. Anda juga bisa berwaralaba di bidang lain seperti pom bensin mini, bimbel, ataupun laundry. Semua tergantung jenis franchise apa yang kira-kira akan laku di tempat Anda.

Anda bisa memulai usaha waralaba dengan modal yang cukup minim karena banyak perusahaan waralaba yang membuka kemitraan. Modal awal sekitar 5-20 juta rupiah, tergantung jenis usahanya.

18. Agen Travel

ide usaha pensiunan modal kecil
Melalui bisnis agen travel, Anda bisa menjual tiket pesawat, kapal laut, kereta api, dan bis antar kota.

Jika Anda senang bepergian dan memahami rute travel, mungkin kini saatnya Anda membuka agensi travel sendiri. Pasar travel masih sangat potensial. Semua orang pasti perlu bepergian, baik ke luar kota maupun ke luar pulau. Selain itu, usaha travel juga bagus dari segi cash flow karena selalu dibayar di muka (atau, tidak ada bon/hutang).

Berikan pelayanan terbaik Anda dan selalu minta feedback dari konsumen untuk kemajuan usaha Anda. Anda juga bisa membuat beberapa program menarik yang anti mainstream agar semakin banyak yang tertarik untuk bepergian bersama agensi travel Anda.

19. Bimbel

ide usaha pensiunan modal kecil
Anda bisa membuka bimbingan belajar dan merekrut guru atau tutor berpengalaman. Yang penting, administrasi rapi dan promosi gencar.

Bisnis bimbingan belajar (bimbel) juga salah satu bentuk usaha yang cukup sustain. Jenis usaha ini bisa dilakukan oleh siapapun, apalagi jika Anda tadinya berprofesi sebagai guru. Jika Anda bukan guru pun tidak masalah. Anda bisa merekrut guru bimbel dari guru di sekolah sekitar tempat Anda tinggal atau mahasiswa yang memiliki kemampuan mengajar.

Paket bimbel sendiri bervariasi dan modalnya cukup murah. Anda tinggal menyediakan tempat untuk kegiatan belajar mengajar serta menyediakan seperangkat alat mengajar dan seperangkat alat administrasi. Semakin bagus fasilitas yang Anda tawarkan beserta teknis administrasi yang juga rapi, harga paket bimbel juga semakin mahal. Pastikan tutor bimbel yang Anda rekrut memang bisa mengajar dengan tes micro teaching sebelum direkrut.

20. Membuka Rumah Makan

ide usaha pensiunan modal kecil
Bisnis rumah makan bisa Anda sesuaikan tergantung target konsumen Anda.

Membuka rumah makan bisa dimulai dari modal 10juta. Tapi sebelum memutuskan untuk membuka rumah makan, sebaiknya Anda teliti dulu lokasi sekitar rumah makan Anda beserta peluang keuntungannya. Rumah makan tergolong bisnis yang bisa Anda lakukan dalam jangka panjang mengingat makan merupakan kebutuhan pokok orang banyak.

Untuk lokasi, Anda bisa membangun rumah makan di sekitar pasar, perkantoran, atau kampus. Teliti target pelanggan Anda seperti apa dan pastikan makanan yang Anda jual sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda. Untuk jenis rumah makannya, Anda bisa membangun rumah makan biasa atau juga bisa menjual lauk-pauk untuk dibeli oleh para ibu yang bekerja di luar rumah.

Nah, itu dia 20 ide usaha dengan modal kecil dan untung menjanjikan untuk pensiunan. Jika Anda belum pensiun, tidak ada salahnya menabung dari jauh-jauh hari agar ketika pensiun Anda bisa menambah modal Anda. Anda bisa memilih usaha yang sesuai dengan peluang bisnis di sekitar tempat tinggal Anda.