Liburan? Yuk, ke Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang

Puncak Damar Baros merupakan  destinasi yang cocok untuk kamu yang senang berburu foto. Selain tempatnya yang indah dan bisa jadi spot foto menarik, kamu juga bisa bersantai, kemping, dan menikmati kegiatan lainnya di sini.

Untuk kamu yang tertarik main-main dan berkunjung ke sini, kali ini Angkasa akan merangkum hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan. Selain itu, ada juga informasi alamat, harga tiket masuk, dan tips saat jalan-jalan ke Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang. Yuk, cek pembahasannya berikut ini!

Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan di Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang

Puncak Damar Baros Jatigede berlokasi di tepi bendungan Jatigede. Bendungan Jati Gede merupakan salah satu bendungan terbesar di Indonesia. Selain sebagai PLTA dan sumber irigasi, bendungan Jatigede juga dimanfaatkan sebagai lokasi tujuan wisata.

Beberapa lokasi wisata di bendungan Jatigede memanfaatkan danaunya sebagai lokasi memancing serta lokasi wisata air dengan perahu. Jika banyak tempat wisata memanfaatkan wisata air, Puncak Damar Baros Jatigede memanfaatkan pemandangan eksotis dari ketinggian dengan latar danau dan barisan pegunungan Jawa Barat di kejauhan.

Dengan pemandangan bendungan dan fasilitasnya, berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di Puncak Damar Baros Jatigede:

1. Nongkrong Bersama Teman-teman dan Keluarga

puncak damar baros jatigede
Bersenang-senang bersama sahabat atau keluarga di Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang. Sumber gambar: https://www.instagram.com/puncakdamar/

Nongkrong sambil bermain musik, menikmati indahnya alam, atau sekedar mengobrol dan berfoto bersama merupakan momen quality time yang bisa kamu nikmati di Puncak Damar ini. Jelas, sangat berbeda rasanya mengobrol di rumah atau di kafe dengan mengobrol di alam bebas.

Untuk fasilitas, kamu tidak perlu khawatir. Di tempat ini ada beberapa lesehan dan gazebo yang bisa kamu gunakan untuk duduk-duduk dan piknik. Bahkan di sini juga ada mushola kecil dan toilet, jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin shalat atau ke kamar kecil.

Singkirkan ponsel dan gadget serta pekerjaanmu untuk sementara dan hirup udara segar serta momen berkualitas bersama orang-orang yang kamu sayang di sini. Kamu bisa menggunakan motor atau mobil menuju tempat ini. Jalan menuju Puncak Damar memang belum diaspal, tapi bisa diakses dan juga disediakan lahan parkir.

2. Sesi Pre-wedding dengan Pemandangan Eksotis Puncak Damar Baros

prewedding di puncak damar baros
Pemandangannya yang ciamik membuat tempat ini cocok untuk sesi pre-wedding. https://www.instagram.com/puncakdamar/

Ingin melakukan sesi foto pre-wedding? Kamu bisa melakukannya di sini. Dengan latar bendungan Jatigede dan barisan perbukitan, tentunya foto ini nantinya akan menjadi pengingat pernikahan yang manis. Selain momennya, fotonya juga cantik dan ciamik untuk kamu simpan di album foto atau sebagai pemanis di undangan pernikahanmu.

Jika kamu tidak berminat dengan pre-wedding, sesi foto post-wedding di sini juga tidak apa. Malah, mungkin lebih romantis, hehe. Kamu bisa mengajak pasanganmu untuk foto-foto romantis atau sekedar mengobrol dan menghabiskan waktu. Masa-masa bulan madu yang terekam dalam foto merupakan saksi bisu keromantisan dan awal mula memulai komitmen. Foto-foto tersebut juga bisa kamu tunjukkan pada anak cucumu kelak.

3. Gowes Sembari Menikmati Pemandangan Puncak Damar Baros

gowes ke puncak damar baros
Gowes ke Puncak Damar juga seru, lho! Sumber gambar: https://www.youtube.com/watch?v=Mr3xGmUusb0

Hobi nge-gowes sehat dan sedang bingung memilih rute yang mana lagi? Kali ini, kamu bisa mencoba gowes bersama teman-temanmu ke Puncak Damar Baros. Setelah berlelah-lelah mengayuh hingga ke puncak, sesampainya di puncak kamu akan disuguhi pemandangan luar biasa. Kamu juga bisa membawa kamera atau sekedar menjepret dengan ponsel.

Dokumentasi selama gowes dan saat di puncak juga bisa kamu pakai untuk mengganti foto profil, membuat vlog, atau kenang-kenangan pribadi bersama teman-teman. Jangan khawatir polusi karena daerah Puncak Damar segar dengan banyaknya pepohonan di sekitarnya. Selain itu, dengan bersepeda, kamu juga mengurangi kadar polusi di sekitar tempat wisata ini.

Takut lapar karena lelah? Kamu bisa membawa bekal dan makan bersama teman-temanmu di lesehan di puncak, atau membeli nasi liwet di warung makan yang ada di Puncak Damar Baros ini. Anda bisa menikmati sarapan bersama teman-teman dengan pemandangan Waduk Jatigede.

4. Camping Bersama Keluarga atau Teman-temanmu

waduk jatigede
Kapan lagi camping dengan pemandangan seindah ini?

Bosan di rumah terus dengan hiburan dan kegiatan yang itu-itu aja? Kamu bisa berkemah di alam di Puncak Damar ini. Berkemah sambil menikmati malam dengan taburan bintang di langit, dilanjutkan dengan menyambut sunrise dari Puncak Damar Baros.

Di sini terdapat camping ground dan outbond serta area bermain anak. Untuk kebutuhan air dan bersih-bersih, kamu bisa ke toiletnya. Jika kamu tertarik menginap tapi tidak ingin camping, kamu bisa berkenalan dan menginap di rumah warga sekitar.  Tenang, warganya ramah-ramah, kok.

Alamat dan Harga Tiket Masuk Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang

puncak damar baros jatigede
Kamu tidak perlu naik pesawat dan pergi ke luar pulau untuk menikmati pemandangan seindah ini.

Tertarik ke Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang? Wisata alam Sumedang yang satu ini berlokasi di kawasan Puncak Damar Desa Paku Alam, di sebelah barat laut kawasan bendungan Jatigede, Sumedang.

Untuk akses ke Puncak Damar Baros, kamu bisa menggunakan jalan kawasan hutan dan jalan Desa Paku Alam – Situraja. Seperti yang dijelaskan di atas, jalan belum diaspal dan bus belum bisa masuk, tapi sudah bisa diakses oleh motor maupun mobil. Terdapat lahan parkir dengan biaya Rp. 5.000,- untuk mobil dan Rp. 2.000,- untuk sepeda motor.

Harga tiket masuk normalnya hanya Rp.4.000,-, namun gratis di masa pandemi seperti saat ini. Destinasi yang tentunya sangat menggoda untuk kamu yang menginginkan liburan murah tapi tetap worth it. Tempat ini memang menyuguhkan pemandangan yang indah sejauh mata memandang. Tidak heran jika tempat ini menjadi buruan para fotografer alam.

Tips Saat Berlibur ke Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang

Tentunya kamu tidak ingin liburanmu kacau balau karena hal-hal tidak terduga, bukan? Nah, ada beberapa tips agar liburanmu menyenangkan dan tidak terkendala hal-hal teknis. Apa saja? Berikut ini rangkumannya.

1. Pastikan Bahan Bakarmu Kendaraanmu Full

Wah, yang satu ini memang wajib jadi perhatian. Kita biasanya melupakan hal-hal trivial semacam bensin dan kemudian panik karena bensin mendadak habis di tengah jalan. Apalagi sekarang kamu menuju Puncak Damar Baros yang kondisi jalanannya tergolong sulit. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (apalagi sampai merepotkan orang lain), pastikan bensinmu cukup minimal sampai ke pom bensin terdekat.

2. Bawa Bekal yang Cukup

Baik menginap atau hanya sepanjang siang, jangan lupa bawa bekal yang cukup. Jika kamu mau kemping di sini, bawa peralatan kemping secukupnya seperti bahan makanan dan kompor portabel. Jika tidak menginap dan hanya berkunjung selama sehari, sebaiknya tetap membawa makanan dan air minum.

3. Pakai Motor? Jangan Lupa Siapkan Jas Hujan

Khusus untuk kamu yang naik motor, jangan lupa siapkan jas hujan secukupnya. Baik kemping maupun tidak, persediaan jas hujan itu wajib. Tentunya kamu tidak ingin kebasahan di jalan pulang. Jas hujan juga bisa dipakai sebagai pelindung di atas tenda agar tenda lebih terlindungi dari hujan.

4. Bawa Kamera

Wah, tips yang satu ini wajib. Minimal, bawalah ponsel berkamera dengan baterai penuh. Sayang sekali jika sudah bepergian ke tempat seindah ini namun tidak membawa kamera untuk mengabadikan momen dan memotret pemandangan.

Itu dia informasi seputar Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang. Semoga membantu dan selamat menikmati keindahannya! Jangan lupa abadikan momenmu selama di tempat ini. Jika kamu punya saran terkait menuju ke tempat wisata ini, kamu bisa membagikan saranmu di kolom komentar.