10 HP Xiaomi Harga diBawah 1 Juta yang Asyik Diajak Multitasking

Xiaomi dikenal sebagai vendor HP yang kerap kali menelurkan HP murah. Meski murah, namun mereka masih memikirkan soal kualitas, seperti kesepuluh HP Xiaomi harga di bawah 1 jutaan ini. Ya, kali ini Angkasa merekomendasikan HP Xiaomi di bawah 1 jutaan dengan spesifikasi yang tidak kalah menariknya dibandingkan HP 1 jutaan dari vendor lain.

Walaupun terkesan murah, tapi kesepuluh HP ini masih bisa diajak untuk chatting, foto, dan memainkan game ringan. Hanya saja, beberapa HP di bawah ini punya desain yang agak jadul dengan bazel yang tebal. Jika tidak masalah akan hal itu, silakan simak ulasan berikut ini!

1. Xiaomi Redmi 2 Prime

HP Xiaomi dengan kisaran harga 600 ribuan ini menjadi pembuka sebagai HP Xiaomi di bawah 1 jutaan. Xiaomi Redmi 2 Prime merupakan HP terbitan tahun 2015 dengan luas layar yang minim, hanya 4.7 inci. Menariknya, layarnya tersebut sudah mengusung resolusi 720 piksel, cukup bagus untuk ukuran HP 2015-an.

Desain HP-nya cukup lawas dengan bazel agak tebal. Meski begitu, HP ini tergolong cukup tangguh untuk sekedar WhatsApp-an, foto, atau pun main game ringan. Xiaomi Redmi 2 Prime sudah ditenagai oleh Snapdragon 410, GPU Adreno 306, dengan RAM 2GB. Untuk skor benchmark dari AnTuTu-nya agak kecil, hanya 20798 saja. Jadi, kalau diajak main game pasti mengalami lagging.

Pada lini fotografi, HP ini menggunakan single camera di bagian belakang dengan resolusi 8MP. Untuk fiturnya juga cukup lengkap, ada AF, LED flash, dan HDR. Pengguna juga bisa merekam video dengan kamera tersebut di resolusi 1080 piksel dengan kecepatan 30 fps. Sedangkan di kamera selfie, Xiaomi Redmi 2 Prime menggunakan resolusi 2MP. Sayangnya, saat merekam video, resolusinya lebih rendah dibandingkan kamera belakangnya, hanya 720 piksel saja.

Untuk hasil fotonya tidak terlalu buruk meski tidak semulus kamera HP zaman sekarang. Detail dan warnanya memang tidak terlalu menonjol, tapi masih acceptable. Kekurangannya ada pada foto malam hari, hasilnya tidak kelihatan jelas. Jika ingin foto lebih jelas di malam hari, harus menyalakan fitur LED flash. Kalau mau foto lebih bagus lagi, gunakan fitur HDR. Sedangkan hasil selfienya tidak terlalu buruk tapi tidak bisa menghasilkan foto cantik, ya.

Beralih ke sisi baterai, di sini menggunakan baterai yang bisa dicopot dengan kapasitas 2200 mAh (removable). Menariknya, Xiaomi Redmi 2 Prime sudah dibekali dengan quick charge, charging 10W. Artinya, Xiaomi Redmi 2 Prime diklaim bisa mengisi baterai secara cepat, dengan kisaran 30 menit terisi 30%. Lalu, ketahanan baterainya juga cukup lama. Menurut gontagantihape, Xiaomi Redmi 2 Prime bisa bertahan sekitar 36 jam dengan kondisi HP tersambung ke wifi, dan bertahan 16 jam saat digunakan pemakaian normal.

2. Redmi Go

Berbeda dengan sebelumnya, Redmi Go ini HP keluaran agak baru, yakni tahun 2019-an. Untuk desainnya juga agak lebih modern dibandingkan HP sebelumnya. Tapi, harga Redmi Go lebih mahal sedikit, yakni di kisaran 900 ribuan. Masih di bawah 1 jutaan dengan membawa spesifikasi yang cukup mumpuni.

Performa Redmi Go ditopang dengan chipset Snapdragon 425 dan RAM 1GB, chipset yang sama digunakan oleh Redmi 5A. Perbedaannya adalah sistemnya. Redmi Go bisa menjalankan aplikasi lebih kencang karena menggunakan sistem Android GO. Sistem tersebut khusus untuk ponsel dengan spesifikasi rendah, semua aplikasinya juga ringan, seperti Youtube Go, Google Go, Gmail Go, dan lain-lain.

Tapi sayangnya, HP ini tidak bisa diajak untuk main game. Menurut gadget.ndtv, HP ini punya memori yang sangat minim sehingga tidak bisa memasang satu pun game berat, seperti Asphalt 9 atau PUBG. Kalau tetap mau main game, sebaiknya cari game yang ringan karena semua sistem di Redmi Go memakan sekitar 58% dari kapasitas ROM. Sedangkan kapasitas ROM di HP ini hanya 8GB/16GB saja.

Meski kapasitasnya sempit, tapi pengguna masih bisa mengakalinya dengan menambahkan memori eksternal MicroSD hingga 128GB. Bisa untuk menyimpan foto, video, dan dokumen lebih banyak. Di sisi kamera, Redmi Go memang tidak terlalu powerful.

Kamera belakang Redmi Go menggunakan resolusi 8MP lengkap dengan fitur AF, LED flash, dan HDR. Lalu, kameranya juga bisa merekam video dengan resolusi 1080 piksel. Sedangkan kamera depannya dibekali dengan resolusi 5MP dengan fitur HDR. Hasilnya, cukup memuaskan untuk HP kelas entry level meski masih ada beberapa detail yang kabur di sudut fotonya. Masih bisa dimaklumi.

3. Xiaomi Redmi 5A

Masih dengan HP Xiaomi murah di kisaran 900 ribuan, kali ini kami menawarkan Xiaomi Redmi 5A yang merupakan HP terbitan 2017. Meski bukan HP baru, tapi Xiaomi Redmi 5A masih menjadi primadona untuk saat ini. Spesifikasi yang ditawarkan cukup menggiurkan, ada chipset Snapdragon 425, RAM 2GB/3GB, serta GPU Adreno 308.

Berdasarkan ulasan dari Droidlime, performa HP ini masih bisa diajak untuk main game seperti Mobile Legend. Meski harus diatur dengan grafis terendah, tapi masih cukup lancar untuk main game. Apalagi untuk penggunaan standar, nonton video, chatting, browsing, lebih lancar tanpa masalah.

Tidak perlu khawatir baterai gampang habis, karena Xiaomi Redmi 5A sudah ditanamkan kapasitas 3000 mAh. Meski tidak terlalu besar, tapi daya tahannya sangat awet. Untuk browsing, HP ini bisa bertahan sekitar 13 jam. Sedangkan untuk menonton video, bisa bertahan sekitar 11 jam. Cukup mengesankan.

Lalu, dari sisi kameranya ada resolusi 13 MP untuk kamera belakang dan 5MP untuk kamera depan. Khusus kamera belakang sudah dibekali dengan fitur PDAF, LED flash, HDR, dan panorama. Hasilnya cukup baik untuk HP harga 900 ribuan, meski masih ada noise tapi masih bisa dimaafkan.

4. Xiaomi Redmi 4X

Rekomendasi selanjutnya adalah Xiaomi Redmi 4X. HP ini sama seperti Redmi 5A yang dirilis tahun 2017 silam dan juga sempat menjadi primadona kala itu. Yang menjadi pembedanya, Xiaomi Redmi 4X dibekali dengan spesifikasi yang lebih menggiurkan. Di sini sudah menggunakan chipset Snapdragon 425, GPU Adreno 505, dan tiga pilihan RAM 2GB/3GB/4GB.

Berdasarkan hasil uji performa jagatreview, Xiaomi Redmi 4X mendapatkan skor 40 ribuan di AnTuTu. Sedangkan di Geekbench 3, HP ini mendapatkan skor 677 (single core) dan 2924 (multicore). Dengan hasil yang cukup memuaskan, Xiaomi Redmi 4X masih layak untuk multitasking dan main game. Kalau mau lebih lancar bisa pilih RAM 4GB.

Kelebihan lainnya adalah di bagian baterai. Xiaomi Redmi 4X dibekali dengan kapasitas 4100 mAh, sangat besar untuk ukuran HP kelas entry level. Baterainya ini bisa memutar video sekitar 15 jam. Lalu, HP ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam saja sampai baterainya terisi penuh. Tidak terlalu buruk mengingat ini adalah HP lama tanpa fitur pengisian cepat di dalamnya.

Di lini kamera, Xiaomi Redmi 4X menawarkan kamera belakang 13 MP. Kamera tersebut dilengkapi dengan PDAF, LED flash, HDR, dan panorama. Hasil foto di kamera belakang ini tidak terlalu buruk meski gambar kurang tajam. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, aktifkan mode HDR. Ada delay shutter ketika memotret di kondisi minim cahaya. Jadi, hasil fotonya agak blur tapi masih bisa dimaklumi.

Sedangkan untuk kamera depan ada resolusi 5MP. Kamera depan ini juga diklaim bisa merekam video 1080 piksel dengan kecepatan 30 fps. Hasil fotonya standar dan tidak terlalu mengecewakan. Masih bagus untuk dipajang di sosmed. Serunya, di sini ada fitur beautify yang membuat foto selfie lebih menarik.

5. Xiaomi Redmi Note 3

Ini merupakan HP dengan layar yang agak luas dibandingkan dengan beberapa HP sebelumnya. Luas layarnya 5.5 inci dengan tipe IPS LCD beresolusi 1080 piksel. Selain layar, Xiaomi Redmi Note 3 juga punya performa yang lebih tangguh dibandingkan beberapa HP sebelumnya. Xiaomi Redmi Note 3 ditenagai dengan Snapdragon 650, GPU Adreno 510, dan dua pilihan RAM 2GB/3GB.

Berdasarkan spesifikasi tersebut, Cnet mendapatkan skor benchmark Geekbench 3 dengan angka yang cukup memuaskan. Untuk single core mendapatkan angka 1532 dan multicore berada di skor 3651. Skor ini lebih baik jika dibandingkan dengan ZTE ZMax 2 dan Huawei Honor 5X. Dengan begitu, HP ini dinyatakan lancar untuk penggunaan sehari-hari dan masih bisa diajak untuk main game.

Selain performanya yang tangguh, kamera di HP ini juga cukup menarik. Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan kamera 16MP di bagian belakang lengkap dengan PDAF Dual-LED dual-tone flash, HDR, dan panorama. Hasilnya masih ada noise tapi masih acceptable. Yang menarik, Xiaomi Redmi Note 3 bisa berfoto dengan teknik panning seperti di kamera DSLR. Untuk foto keadaan gelap kurang bagus dan agak blur.

Sedangkan untuk kamera depan, HP ini menggunakan resolusi 5MP. Kameranya juga mengusung fitur beautify dimana bisa mempercantik objek selfie tanpa harus diedit dengan aplikasi khusus. Selain itu, kameranya juga punya mode fish eye, tilt shift, timer, dan masih banyak lagi. Cukup lengkap, bukan?

6. Xiaomi Redmi Note 2 Prime

Kalau butuh HP Xiaomi dengan harga 700 ribuan, bisa pilih Xiaomi Redmi Note 2 Prime. Memang, ini adalah HP lawas terbitan 2015 tapi masih cukup layak digunakan saat ini. HP ini sudah ditenagai oleh chipset Helio X10 dengan dua pilihan clock speed berbeda, ada 2.0 GHz dan 2.2 GHz. Lalu, ada GPU PowerVR G6200 dan RAM 2GB. Masih bisa diajak main game meski berada di grafis terendah.

Di lini kamera, Xiaomi Redmi Note 2 Prime membawa resolusi 13MP untuk kamera belakang dan 5MP untuk kamera depan. Khusus kamera belakang sudah disediakan fitur PDAF, LED flash, HDR, dan panorama. Sedangkan untuk kamera depannya dibekali dengan beberapa filter menarik dan mode beautify.

Hasil fotonya tidak mengecewakan, tapi untuk kondisi malam agak blur, perlu nyalakan LED flash. Sayangnya, jika selfie di malam hari hasilnya kurang memuaskan dan di kamera depannya tidak ada fitur LED flash. Jadi, tidak disarankan untuk berfoto malam hari atau di kondisi minim cahaya.

Meski kamera kurang powerful, tapi Xiaomi Redmi Note 2 Prime dibekali dengan baterai yang cukup memadai. Ada kapasitas 3060 mAh dengan charging 10W. Dengan begitu, mengisi baterai bisa lebih cepat, dengan waktu 30 menit baterainya sudah terisi 60%. Keren kan?

7. Xiaomi Redmi Note 2

Ini adalah HP murah dari Xiaomi yang sekarang dibanderol dengan kisaran 700 ribuan saja. Murah bukan berarti murahan karena Xiaomi Redmi Note 2 sudah dibekali dengan chipset Helio X10. Performanya semakin tangguh berkat dukungan dari GPU PowerVR G6200 dan RAM 2GB. Tidak jauh berbeda dengan Redmi Note 2 Prime, jadi HP ini masih asyik diajak multitasking dan main game ringan.

Selain itu, kamera HP ini juga cukup memadai. Sama seperti sebelumnya, Xiaomi Redmi Note 2 juga punya kamera belakang 13MP lengkap dengan PDAF, LED flash, HDR, dan panorama. Dinyatakan, kameranya bisa merekam video dengan resolusi 1080 piksel. Performa kameranya cukup baik, hanya saja saat menggunakan HDR, pengambilan gambarnya agak delay. Meski begitu, HP ini tetap menarik karena banyak efek yang ditawarkan agar foto lebih estetik.

Di kamera selfie, Xiaomi Redmi Note 2 membawa kamera 5MP. Tidak perlu khawatir soal hasilnya, cukup memuaskan. Jika ingin foto yang lebih cantik bisa nyalakan fitur beautify. Sayangnya, di sini belum ada fitur LED flash sehingga memotret di keadaan minim cahaya agak kurang bagus. Oh iya, baterai HP ini juga cukup awet karena memiliki kapasitas 3060 mAh. Tidak terlalu besar, tapi cukup.

8. Xiaomi Redmi 3s

Xiaomi Redmi 3s adalah salah satu HP di bawah 1 jutaan yang masih layak pakai. Memang HP ini tidak terlalu powerful tapi masih mumpuni jika digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Di sini sudah menggunakan chipset Snapdragon 430, GPU Adreno 505, dengan RAM 2GB. Masih bisa untuk chatting, browsing, dan main game, hanya saja disarankan untuk memilih game ringan. Kalau pun game berat, harus diatur dengan grafis terendah.

Lalu, Xiaomi Redmi 3s memiliki kapasitas storage yang tergolong minim, hanya ROM 16GB. Namun, hal itu bisa diatasi dengan menambahkan memori eksternal MicroSD ke slot khusus. Sayangnya, slot tersebut berbagi dengan kartu SIM. Jadi, pengguna harus memilih mau pakai dua kartu SIM atau satu kartu SIM dengan satu kartu memori.

Untuk mengabadikan gambar, Xiaomi Redmi 3s dibekali dengan kamera belakang 13 MP. Kameranya sudah memiliki fitur PDAF, LED flash, HDR, dan panorama. Pada kamera tersebut juga bisa memotret dengan efek bokeh (blur). Hasilnya cukup bagus meski tidak sebagus kamera HP zaman sekarang. Di sisi lain, HP ini menggunakan kamera selfie 5MP yang cukup cantik.

Oh iya, HP ini juga punya ketahanan baterai yang awet karena dibekali dengan kapasitas 4100 mAh. Bahkan, baterainya bisa dicas dengan cepat berkat charging 10W. Mumpuni banget, kan? Nah, kalau yang mau beli HP ini bisa siapkan dana di kisaran 800 ribuan saja.

9. Xiaomi Redmi Note 5A

Satu lagi HP di bawah 1 jutaan dari Xiaomi, kali ini kami merekomendasikan Xiaomi Redmi Note 5A. HP ini punya luas layar 5.5 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel, bahkan layarnya sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Cukup kuat dan tangguh.

Selain layar, Xiaomi Redmi Note 5A juga ditenagai dengan chipset yang memadai, yakni Snapdragon 435. Performanya lebih optimal karena ada GPU Adreno 505 dan RAM 3GB/4GB. Skor benchmark dari AnTuTu, Xiaomi Redmi Note 5A mendapatkan skor yang cukup tinggi, yani 36574. Sedangkan pada GeekBench, didapatkan skor 679 (single core) dan 1831 (multicore). Cukup kencang untuk HP harga 900 ribuan.

Untuk yang mau multitasking lebih lancar, bisa pilih varian RAM 4GB, dengan catatan harganya mungkin lebih dari 1 jutaan. Selain performa, HP ini juga didukung dengan kamera yang memadai. Di sini ada sensor 13MP pada bagian kamera belakang. Fiturnya juga cukup lengkap, ada PDAF, LED flash, HDR, dan panorama. Untuk hasil fotonya mirip dengan Redmi 4A.

Sedangkan untuk kamera depan, Xiaomi Redmi Note 5A dibekali dengan sensor 16MP. Lebih menarik dibandingkan kedelapan HP sebelumnya. Serunya, di kamera depan ada sistem pengaturan untuk mode pro dan smart. Hasil fotonya terlihat lebih halus dan “cantik” tanpa perlu diedit. Oh iya, kelebihan lain di HP ini adalah sudah mengusung fitur fingerprint lho!

10. Xiaomi Redmi 3 Pro

Last but not least, mungkin Xiaomi Redmi 3 Pro adalah HP termahal di dalam daftar kami kali ini karena saat ini HP tersebut dibanderol dengan kisaran 1.1 jutaan. Meski begitu, HP ini masih layak untuk digunakan zaman sekarang. Dalam spesifikasinya, Xiaomi Redmi 3 Pro mengusung chipset 616, GPU Adreno 405, dengan RAM berkapasitas 3GB.

Dengan spesifikasi tersebut, Xiaomi Redmi 3 Pro berhasil mendapatkan skor AnTuTu yang tergolong besar, yakni sekitar 70 ribuan mendekati 80 ribuan, cukup kencang untuk multitasking dan main game. Lalu, kapasitas ROM-nya cukup luas, yakni 32GB. Jika kurang, bisa tambahkan memori eksternal di slot khusus.

Di lini fotografi juga tidak mengecewakan untuk kelas HP entry. Di belakang, ada satu kamera 13MP dengan fitur PDAF, LED flash, HDR, dan panorama. Sedangkan untuk kamera depan punya sensor 5MP dengan klaim bisa merekam video di resolusi 1080 piksel. Hasil foto kamera belakangnya tidak terlalu mengesankan tapi sangat menarik ketika menggunakan mode HDR. Sedangkan kamera depannya cukup baik, tapi kurang OKE diajak berfoto di kondisi cahaya yang minim.

Kelebihan lain yang ada di HP ini adalah baterainya. Xiaomi Redmi 3 Pro punya kapasitas baterai yang besar, 4000 mAh. Jagatreview menyatakan, hasil pengujian PCMark HP ini cukup baik dengan skor 10 jam 39 menit untuk pemakaian sehari-hari. Sayangnya, HP ini belum ada fitur fast charging, ya. Tertarik beli HP Xiaomi Redmi 3 Pro?

Kesepuluh HP yang sudah disebutkan di atas memang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, tapi tidak murahan. Pasalnya, kesepuluh HP di atas masih bisa diajak untuk chatting, browsing, bahkan ada yang masih bisa diajak main game. Sekarang tinggal konsumen yang memilih sesuai kebutuhan dan budget.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.