Cara Top Up Saldo ShopeePay Lewat OVO, Mudah dan Aman

Uang elektronik merupakan sistem pembayaran tanpa mengeluarkan uang tunai (cash). Sistemnya lebih mudah, bisa melalui aplikasi ponsel, kartu, atau transfer. Di Indonesia sendiri, menggunakan uang elektronik sudah menjadi hal yang biasa, terbukti dengan banyaknya sistem pembayaran cashless di Indonesia, salah duanya adalah ShopeePay dan OVO.

ShopeePay adalah salah satu metode pembayaran dari Shopee yang ditujukan untuk memudahkan para konsumen saat hendak membayar belanjaan di Shopee. Biasanya, pembayaran menggunakan ShopeePay ini sering mendapatkan bonus berupa diskon atau cashback. Sistem pembayaranya sendiri pun sangat simpel, hanya perlu mengisi saldo ShopeePay dan bayarkan belanjaan Shopee dengan saldo yang sudah terisi di ShopeePay.

Nah, sekarang pertanyaannya, bagaimana cara mengisi saldo ShopeePay? Ada banyak cara untuk mengisi saldo ShopeePay, salah satunya adalah menggunakan OVO. OVO sendiri adalah uang elektronik, sama seperti ShopeePay. Yang membedakan keduanya, OVO ini lebih fleksibel, bisa untuk melakukan transaksi di restoran, pemakaian semua jasa yang ada di grab, hingga melakukan transaksi di supermarket/mini market.

Selain itu, OVO juga bisa digunakan untuk mengisi saldo ShopeePay. Untuk melakukannya sangat mudah, hanya perlu beberapa Langkah saja dan semuanya bisa dilihat melalui penjelasan dari Angkasa berikut ini. Yuk, baca artikelnya sampai akhir!

Cara Top Up Saldo ShopeePay Lewat OVO

Sebelum masuk ke pembahasan tata cara top up saldo ShopeePay lewat OVO, pastikan dulu akun OVO kamu sudah OVO Premium/OVO Premier. Jika belum, bisa langsung daftarkan diri melalui aplikasi OVO dengan mengunggah foto sendiri bersama KTP. Setelah dikonfirmasi oleh pihak OVO, silakan lakukan tahap-tahap ini untuk melakukan top up saldo ShopeePay:

  1. Buka aplikasi Shopee yang ada di HP kamu, lalu pilihlah menu Top Up ShopeePay yang ada di bagian atas. Lalu, pilih opsi Top Up.
  2. Kemudian, pilihlah menu Bank Transfer.
  3. Pada tahap ini silakan lanjutkan dengan memilih Bank Mandiri (Dicek Otomatis). Jika sudah, langsung klik Konfirmasi.
  4. Secara otomatis, Shopee akan menampilkan sebuah kode virtual account, silakan langsung copy/salin kode virtual account-nya.
  5. Tinggalkan aplikasi Shopee dan kini masuk ke aplikasi OVO. Langsung pilih menu Transfer. Lanjutkan dengan memilih menu Ke Rekening Bank.
  6. Berikutnya akan muncul beberapa pilihan Bank, karena sejak awal memilih “Bank Mandiri” maka selanjutnya pilih BANK MANDIRI.
  7. Kemudian, isi nomor yang sudah disalin (di-copy) sebelumnya ke bagian Nomor Virtual Account. Atau, kamu bisa ikuti format berikut: 893+(nomor HP yang digunakan di akun Shopee), contoh: 893081178902357.
  8. Setelah itu, isikan jumlah saldo yang ingin di Top Up pada bagian Nominal Transfer. Jika sudah, langsung klik Lanjutkan.
  9. Selanjutnya, selesaikan transaksi dengan klik Transfer.
  10. Terakhir, masukkan Kode PIN akun OVO masing-masing. Jika berhasil, OVO langsung menampilkan tulisan “berhasil” dengan lambang centang hijau. Gampang banget, kan?

Tips Isi Ulang Saldo ShopeePay Lewat OVO

Memang sangat mudah untuk melakukan Top Up saldo ShopeePay lewat OVO, tapi sebagai pengguna perlu mencermati beberapa hal. Untuk mengetahuinya, berikut kami rangkum beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan Top Up ShopeePay di OVO:

  • Untuk melakukan transfer saldo melalui OVO, pastikan akun OVO yang digunakan sudah di-upgrade ke versi premium (premier). Jika belum melakukan pembaharuan akun maka kamu tidak bisa melakukan isi ulang saldo ShopeePay di OVO. For your info, untuk memperbaharui akun OVO biasa ke akun OVO Premier tidaklah sulit dan tidak dikenakan biaya apapun, karena kamu cukup foto KTP dan foto diri bersama KTP. Kemudian, OVO akan mengonfirmasi jika datanya valid (sesuai).
  • Perhatikan biaya administrasi. Setiap melakukan transaksi isi ulang saldo ShopeePay, kamu harus membayar biaya administrasi. Biaya tersebut sebesar Rp 2.500 per transaksi. Jadi, usahakan untuk mengisi saldo sekaligus sesuai dengan kebutuhan dan hindari mengisi saldo berulang kali. Isi saldo secara berkala saja, misalnya sebulan sekali, jadi tidak perlu mengeluarkan banyak biaya administrasi.
  • ShopeePay tidak bisa diuangkan dan hanya bisa dibelanjakan di Shopee saja, jadi pikirkan matang-matang sebelum mengisi saldo ShopeePay. Disarankan untuk mengisi saldo ShopeePay secukupnya, seperlunya, dan disesuaikan dengan kebutuhan saja.
  • Hindari melakukan transaksi di jam offline Bank Mandiri. Pada jam offline, biasanya sistemnya sering mengalami error sehingga isi saldo ShopeePay agak terhambat. Beberapa pengalaman konsumen mengatakan pernah mengisi saldo di jam 12 malam dan saldo baru terisi dua hari kemudian karena sistemnya error.

Kelebihan Top Up Saldo ShopeePay di OVO

OVO sangat memudahkan para konsumen Shopee dalam bertransaksi. Dengan kehadiran fitur isi saldo ShopeePay di OVO, tentu saja konsumen tidak perlu repot jauh-jauh ke minimarket untuk top up saldo. Tidak hanya itu, transaksi melalui OVO juga dinilai lebih aman karena terintegrasi dengan sistem OVO yang sudah dijamin keamanannya.

Jarang sekali ada keluhan soal isi ulang saldo ShopeePay lewat OVO. Yang lebih penting, OVO menetapkan batas minimal isi ulang saldo yang cukup rendah, hanya Rp 10.000 saja. Tapi hal tersebut bisa dibilang tanggung karena ada biaya administrasi Rp 2.500 per transaksi, jadi kalau isi saldo Rp 10.000 maka kamu harus membayar Rp 12.500.

Jika terjadi sistem error atau kendala saat mengisi saldo ShopeePay di OVO, langsung saja hubungi call center OVO. Mau dihubungi kapan pun, call center OVO siap melayani semua pelanggannya selama 24 jam. Jadi, bisa dibilang OVO sangat responsif terhadap keluhan pelanggan dan ini adalah nilai plus untuk OVO!  Berikut daftar kontak OVO yang bisa dihubungi:

Kekurangan Top Up Saldo ShopeePay di OVO

Meski mudah dan punya pelayanan yang responsif, namun sayangnya ada kekurangan saat melakukan isi ulang saldo ShopeePay lewat OVO. Seperti yang dikatakan sebelumnya, melakukan transaksi isi ulang saldo ShopeePay lewat OVO bisa saja terkendala pada sistem yang error. Memang, pelayanannya responsif, tapi untuk mengembalikan dananya agak memakan waktu.

Misalnya, jika pengguna mengalami kendala saldo ShopeePay yang tidak masuk maka pengguna bakal bingung, apakah harus melapor pada pihak Shopee, Bank, atau OVO terlebih dahulu karena transaksi ini melibatkan tiga pihak sekaligus. Maka dari itu, kami sarankan untuk langsung melaporkannya ke pihak OVO.

Call center OVO akan langsung memproses keluhan pelanggan dan akan langsung mengonfirmasi ke pelanggan dengan cepat. Sayangnya, proses keluhan pelanggan bisa ditangani dalam dua hari, itu pun adalah waktu yang paling cepat dan mungkin bisa lebih dari dua hari. Tapi tenang saja, pihak OVO pasti akan mengembalikan uang kamu kok, entah itu langsung masuk ke saldo ShopeePay atau dikembalikan lagi uangnya ke dalam rekening bank kamu.

Seperti itulah kemudahan isi ulang saldo ShopeePay via OVO. Banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari sini, seperti keamanan dan pelayanan terhadap pelanggan. Selain itu, jika terjadi masalah pada pengisian saldo, semua pihak terutama OVO akan langsung memperbaikinya.

Meski banyak kelebihan, ada kekurangannya, yakni pengembalian saldo ShopeePay yang agak lama saat mengalami kegagalan transaksi isi ulang. Jadi sebaiknya isilah saldo ShopeePay di jam kerja. Hindari jam offline karena biasanya akan mengalami sistem error. Jadi, sekarang kamu sudah tahu tata cara isi ulang saldo ShopeePay di OVO, sekarang boleh langsung coba, ya!