Cara Mengatasi Tidak Bisa Sharing Folder/ File di Windows 10

Cara Mengatasi Tidak Bisa Sharing Folder/ File di Windows 10

Cara Mengatasi Tidak Bisa Sharing Folder/File di Windows 10 - Windows memiliki fitur sharing nirkabel yang akan memudahkan penggunanya untuk bisa berbagi file ataupun folder antar perangkat. Namun terkadang karena beberapa sebab, fitur ini tidak bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Maka dari itu, kemudian banyak pengguna yang berupaya mencari cara mengatasi tidak bisa sharing Folder/File di Windows 10 untuk mengatasi hal tersebut.

Berbekal dengan memanfaatkan fitur bawaan dari Windows ini, Anda dan pengguna lainnya bisa saling bertukar file dan folder secara lebih mudah tanpa perlu harus melakukan kontak dengan menggunakan perangkat ketiga. Untuk menggunakan fitur tersebut, Anda cukup mengaktifkan fitur Sharing Folder Windows para perangkat komputer yang Anda miliki.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Sharing Folder/File Di Windows 10

Bagi Anda yang ingin menggunakan fitur sharing Folder atau File di Windows namun terjadi kendala, berikut ini adalah beberapa pilihan alternatif cara yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1. Mengatasi Masalah Jika Folder Tidak Bisa Diakses

Cara Mengatasi Tidak Bisa Sharing Folder File di Windows 10 (A)

Salah satu penyebab permasalahan tidak bisa Sharing Folder di Windows 10 adalah karena folder yang bersangkutan tidak bisa diakses. Jika permasalahan ini yang Anda alami, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya :

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu membuka Windows File Explorer yang ada di perangkat komputer Anda. Kemudian silahkan Anda bisa mencari folder yang ingin dibagikan.
  • Jika sudah, maka silakan Anda bisa klik kanan pada Folder tersebut dan kemudian pilih opsi Properties.
  • Apabila jendela menu Properties sudah terbuka, silakan Anda bisa klik pada bagian tab Security.
  • Selanjutnya cek pada bagian kolom Group of User Names dan kemudian klik pada bagian kotak Edit.
  • Jika sudah, pastikan di dalamnya harus terpilih kategori user berupa “Everyone” agar orang lain bisa mengakses folder tersebut.
  • Selanjutnya silahkan Anda bisa klik pada bagian kotak bertuliskan “Add” dan kemudian silahkan pilih Opsi “Advanced” dan kemudian klik opsi Find Now untuk menambahkan user yang ingin Anda bagikan file atau folder.
  • Kemudian akan muncul banyak user yang bisa Anda pilih. Silakan Anda bisa klik bagian “Everyone” dan kemudian silahkan tekan tombol “OK”.
  • Kemudian centang pada bagian alasan mengapa memilih user “Everyone” dan silakan klik “OK” untuk mengonfirmasi perubahan tersebut.

Perlu dicatat bahwa untuk cara ini maka Anda akan membuat file tersebut bisa diakses oleh semua orang yang ada di jaringan lokal Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati ketika ingin menggunakan cara ini untuk berbagi file dan folder. Pastikan Anda hanya mengaktifkan cara ini ketika Anda berada di jaringan yang terpercaya dan dengan orang-orang yang Anda percayai.

2. Mengatasi Masalah Apabila User Lain Tidak Bisa Masuk Ke Jaringan

Cara Mengatasi Tidak Bisa Sharing Folder File di Windows 10 (B)

Penyebab lainnya yang juga bisa mengakibatkan Anda tidak bisa berbagi file atau Folder dengan pengguna lainnya adalah karena user lain tersebut tidak bisa masuk ke dalam jaringan yang sama dengan perangkat Anda untuk berbagai file.

Untuk mengatasi hal ini, berikut adalah beberapa cara mengatasi tidak bisa sharing Folder/ File di Windows 10 yang bisa Anda lakukan :

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah silakan bisa klik pada bagian logo Windows yang ada di bagian pojok kanan bawah layar komputer atau laptop Anda. Jika sudah silahkan klik pada bagian ikon bergambar Gerigi untuk masuk ke menu Settings.
  • Setelah menu Settings tersebut terbuka, silakan Anda bisa pilih bagian “Network and Sharing Center” dan kemudian silahkan pilih bagian opsi “Change Advanced Sharing Settings”.
  • Berikutnya adalah silakan Anda bisa klik pada bagian opsi “All Network” dan kemudian Anda bisa menggulir ke arah bagian bawah untuk menemukan opsi yang bertuliskan “Turn On Password-protected Sharing” serta “turn off password-protected sharing”.
  • Silakan Anda bisa memilih opsi berupa “turn off password-protected sharing” untuk memberikan teman Anda akses pada fitur untuk saling berbagi file dan folder.
  • Jika sudah, silakan Anda bisa klik pilihan “Save Changes” untuk menyimpan perubahan pengaturan tersebut.
  • Jika sudah, silakan Anda bisa meminta teman Anda untuk mencoba menghubungkan ulang ke jaringan untuk mencoba berbagi file dan folder secara nirkabel.

Berbekal dengan menggunakan langkah di atas, Anda bisa membuat orang lain terhubung ke jaringan Anda secara lebih mudah. Namun perlu diingat kembali bahwa ketika proteksi password tersebut dimatikan maka orang lain di dalam jaringan lokal yang sama bisa mengakses file tersebut dengan mudah sehingga Anda perlu berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah beberapa cara mengatasi tidak bisa sharing Folder/ File di Windows 10 yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan beberapa cara yang telah disampaikan tersebut, Anda tidak perlu bingung lagi apabila mengalami permasalahan tidak bisa melakukan sharing File atau Folder kepada pengguna lainnya secara nirkabel. Semoga artikel dari angkasa ini bermanfaat.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini