Cara Mudah untuk Memperbesar Ukuran Huruf WhatsApp

WhatsApp memang selalu menjadi aplikasi chatting populer di Indonesia. Berdasarkan data dari Google PlayStore, WhatsApp telah diunduh oleh lebih dari 5 Milyar pengguna Android, termasuk pengguna dari Indonesia.

Banyaknya jumlah dan kepopuleran WhatsApp tentu saja berpengaruh pada fitur yang ditawarkan oleh aplikasi chatting tersebut. Contohnya saja, WhatsApp bisa mengedit tulisan, mengirim broadcast, video call, memasang status, hingga fitur tersembunyi lainnya yang lebih menarik.

Nah, salah satu fitur tersembunyi menarik lainnya yang ada di WhatsApp adalah memperbesar ukuran huruf WhatsApp. Fitur ini berguna untuk pengguna WA yang ingin mengganti ukuran huruf di WA saat melakukan chatting, bisa menjadi lebih kecil, lebih besar, atau sedang. Atur saja sesuai kebutuhan dan selera masing-masing.

Untuk yang belum mengetahui caranya, berikut Angkasa.com akan memberikan tutorial bagaimana cara memperbesar ukuran huruf WhatsApp dengan mudah dan cepat. Informasi selengkapnya, bisa lanjut membaca artikel di bawah ini.

Fungsi dan Manfaat Memperbesar Ukuran Huruf WhatsApp

Sebelum memasuki pembahasan inti, di sini kami mau menjelaskan beberapa manfaat serta fungsi memperbesar ukuran hururf WhatsApp. Seperti yang diketahui bahwa WhatsApp telah diunduh oleh miliaran pengguna Android dari seluruh dunia.

Miliaran pengguna tersebut datang dari berbagai kalangan profesi, usia, gender, dan lainnya. Kebanyakan, mereka membutuhkan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan orang lain, entah itu saudara, keluarga, teman, kekasih, atau pun kolega.

Namun pengguna WhatsApp sendiri sering kali adalah para orang tua dimana beberapa dari mereka kesulitan untuk membaca tulisan yang terlalu kecil. Maka dari itu dibuatlah settings atau pengaturan untuk memperbesar ukuran huruf WhatsApp karena salah satu tujuannya agar mempermudah pengguna WA saat kesulitan membaca tulisan yang berukuran sangat kecil.

Selain untuk para orang tua, hal ini juga sangat membantu untuk pengguna WA yang mengalami mata rabun, utamanya rabun jauh. Dengan kehadiran fitur ini, setidaknya membantu mereka untuk bisa membaca huruf-huruf yang ada di WhatsApp dengan lebih mudah meski tanpa menggunakan kacamata.

Cara Memperbesar Ukuran Huruf WhatsApp

Mempeerbesar

Nah, tadi sudah dijelaskan sedikit mengenai fungsi serta manfaat memperbesar ukuran huruf WhatsApp, kini saatnya beranjak ke topik berikutnya yaitu cara memperbesar ukuran huruf WhatsApp.

Tidak sulit untuk mengubah ukuran huruf WhatsApp menjadi lebih besar atau lebih kecil, karena semua itu bisa dilakukan dengan hanya beberapa kali klik saja. Untuk lebih jelasnya, silakan simak tutorialnya di bawah ini.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp. Kemudian, masuklah ke menu Settings atau Pengaturan dengan klik simbol titik tiga di pojok kanan atas.
  2. Setelah masuk ke menu pengaturan maka di sana ada pilihan beberapa menu lainnya. Nah, dalam tahap ini, silakan langsung klik pada menu
  3. Langkah berikutnya adalah klik pada pilihan Font Size. Di sana ada tiga pilihan ukuran, small (kecil), medium (sedang), dan large (besar). Klik dan pilih Large kemudian ukuran huruf WhatsApp akan langsung memperbesar secara otomatis.

Selesai, kini ukuran huruf WhatsApp di HP kamu sudah menjadi lebih besar dan lebih mudah dibaca. Sangat mudah, bukan?

Cara Memperkecil Ukuran Huruf WhatsApp

Memperkecil

Jika kamu tidak menyukai dengan ukuran huruf WhatsApp yang terlalu besar, sebenarnya hal tersebut bisa diubah dengan cara memperkecil ukuran huruf di WhatsApp. Nah, cara memperkecil ukuran huruf di WhatsApp juga sama mudahnya dengan memperbesar ukuran hururf WhatsApp. Untuk yang ingin mengetahui caranya bisa cek setiap tahapnya di bawah ini:

  1. Seperti biasa, silakan langsung buka aplikasi WhatsApp yang ada di HP.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke menu Settings atau Caranya, klik pada simbol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas dan klik menu settings.
  3. Jika sudah masuk ke menu settings, kamu akan dihadapkan oleh beberapa pilihan dan pada tahap ini silakan pilih menu
  4. Langkah berikutnya adalah klik pada pilihan Font Size. Silakan lanjutkan dengan mencentang dan memilih Small (kecil).

Selesai, kini semua huruf yang ada di dalam chat WhatsApp sudah berubah menjadi lebih kecil. Tidak perlu klik OK atau Yes, semuanya bisa langsung berubah secara otomatis. Gampang banget kan? Oh iya, perlu diketahui bahwa pengaturan ini hanya bisa mengubah ukuran font (huruf) saja dan tidak bisa untuk mengubah jenis font-nya, ya.

Cara Lain untuk Variasi Huruf di WhatsApp

Variasi Tulisan WhatsApp

Meski cara sebelumnya tidak bisa mengubah jenis huruf WhatsApp tapi aplikasi chatting ini bisa untuk mengubah variasi huruf yang lebih menarik. Dengan cara ini, kamu bisa menebalkan, mencoret, atau memiringkan huruf di WhatsApp.

Caranya sangat mudah, tidak perlu masuk ke setting hanya perlu mengetikan beberapa kode rahasia saja. Penasaran ingin coba? Berikut kami berikut rahasianya, silakan simak baik-baik ulasannya di bawah ini, ya!

  1. Menebalkan huruf di WhatsApp: Untuk yang ingin mempertebal bisa gunakan simbol ( * ) di awal dan akhir kalimat yang ingin dipertebal. Caranya, *isi pesan*. Contohnya: *Halo, ini adalah situs Angkasa*
  2. Memiringkan huruf di pesan WhatsApp: Sedangkan untuk membuat tulisan miring hanya perlu menggunakan simbol ( _ ) atau yang disebut dengan “garis bawah.” Caranya mudah, tulis simbol “_” di awal dan di akhir pesan teks WhatsApp. Contohnya: _Halo, ini adalah situs Angkasa_
  3. Mencoret tulisan pesan di aplikasi WhatsApp: Selain memiringkan dan menebalkan, kamu juga bisa mengubah variasi font WhatsApp dengan mencoret tulisannya dengan menggunakan simbol ( ~ ) di awal dan di akhir kalimat. Contohnya: ~Halo, ini adalah situs Angkasa~
  4. Menggabungkan Semua Variasi Tulisan di WhatsApp: Jika kamu mau menggabungkan semua tiga varian tulisan di atas, bisa tuliskan semua kode rahasianya, ya. Contohnya: _~*Halo, ini adalah situs Angkasa*~_
  5. Membuat Variasi Tulisan WhatsApp Menjadi Monoscape: Untuk variasi huruf yang lebih menarik lagi adalah Monoscape, kode rahasianya adalah ( “` ) yang dipakai di awal dan akhir tulisan. Contohnya: “`Halo, ini adalah situs Angkasa“`
  6. Cara Lain yang Lebih Mudah: Kalau pusing mengingat semua formulanya, ada cara yang lebih mudah. Pertama, ketikan pesan di WhatsApp. Kemudian, tap lalu tahan semua pesannya (blockquote). Lalu, klik simbol titik tiga, terakhir pilihlah format tulisan yang ingin diubah, italic, bold, strikethrough, atau monochrome.

Kesimpulan

WhatsApp bukan sekedar aplikasi yang bisa mengirim pesan teks saja. Lebih dari itu, WhatsApp punya berbagai macam fitur menarik di dalamnya, bisa melakukan panggilan telepon, panggilan telepon disertai dengan video, membuat status, hingga mengirim pesan broadcast.

Namun, dari semua fitur tersebut, ada fitur yang lebih menarik lagi dimana penggunanya bisa mengubah ukuran huruf WhatsApp, bisa menjadi lebih kecil atau pun menjadi lebih besar. Tidak hanya itu saja, bahkan WhatsApp juga bisa mengubah variasi tulisan WhatsApp, memiringkan, menebalkan, mencoret, monoscape, hingga menggabungkan semua variasi tersebut. Jadi, apakah kamu sudah pernah mencobanya?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.