Cara Masuk Recovery Mode Asus Zenfone 5 [100{d1b9aa6f6d8f800a0d49c3fefd648c3ac8a9b6cf158260426eff8252afbe2c9f} Work]

Cara Masuk Recovery Mode Asus Zenfone 5 [100{d1b9aa6f6d8f800a0d49c3fefd648c3ac8a9b6cf158260426eff8252afbe2c9f} Work]

Bagi para pengguna ponsel pintar dari brand Asus, mengetahui cara masuk recovery mode Asus Zenfone 5 merupakan langkah yang sangat penting untuk mengatasi sejumlah permasalahan yang dihadapi pada ponsel pintar tersebut. Sebab terkadang ponsel membutuhkan mode recovery untuk bisa mengatasi permasalahan yang dimilikinya.

Zenfone 5 sendiri merupakan salah satu ponsel flagship besutan dari Asus yang mulai diluncurkan pada tahun 2018. Seri Asus Zenfone 5 ini sendiri sebenarnya terdiri dari beberapa seri berbeda dengan seri Zenfone 5Z sebagai varian versi tertingginya, kemudian adalah Asus Zenfone 5 sebagai versi kelas menengah dan Zenfone 5Q sebagai versi lite yang lebih ekonomis.

Cara Masuk Recovery Mode Asus Zenfone 5

Sudah menjadi hal yang cukup lumrah apabila ponsel pintar akan mengalami penurunan performa seiring dengan berjalannya waktu. Dan biasanya untuk mengatasi permasalahan penurunan performa tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan fitur mode recovery bawaan dari masing-masing brand.

Bagi Anda para pengguna ponsel besutan Asus, berikut adalah beberapa cara masuk recovery mode Asus Zenfone 5 dengan mudah yang perlu Anda ketahui.

1. Cara Masuk Recovery Mode Asus Zenfone 5 Menggunakan Kombinasi Tombol

Recovery Mode

Sebenarnya ada beberapa cara berbeda yang bisa digunakan untuk masuk ke mode recovery Asus Zenfone, salah satunya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol yang ada pada ponsel pintar tersebut.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa digunakan untuk masuk ke mode recovery Asus Zenfone 5 menggunakan fitur kombinasi tombol pada ponsel.

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan terlebih dahulu mematikan ponsel Asus Zenfone 5 yang Anda miliki.
  • Setelah ponsel berada dalam keadaan mati atau non-aktif, maka  yang selanjutnya adalah silakan Anda bisa tekan kombinasi tombol power + volume bawah secara bersamaan hingga terjadi getaran pada ponsel tersebut.
  • Apabila logo Asus sudah muncul di layar ponsel Anda maka silahkan lepaskan tombol Power tersebut. Namun untuk tombol volume bawah tetap ditekan sehingga yang dilepas hanya tombol power ponsel saja.
  • Apabila logo Asus pada ponsel yang Anda miliki sudah mulai menghilang, silakan Anda bisa mulai melepaskan tombol volume bawah yang Anda tekan sebelumnya.
  • Jika Anda melakukan beberapa langkah di atas dengan benar maka Anda akan masuk ke dalam Recovery Mode Asus Zenfone 5 yang Anda miliki.

Ketika Anda sudah berada di dalam Recovery Mode Asus Zenfone 5 maka untuk pengaturan navigasi atas dan bawah Anda bisa menggunakan tombol volume. Kemudian tombol power bisa digunakan sebagai tombol konfirmasi OK pada ponsel Anda.

2. Menggunakan Fitur ADB

Fitur ADB

Apabila Anda sudah mencoba berkali-kali menggunakan fitur kombinasi tombol namun tetap tidak bisa masuk ke dalam mode Recovery Asus Zenfone 5 maka Anda bisa mencoba menggunakan cara berikutnya yakni melalui ADB dan dengan menggunakan bantuan dari perangkat komputer atau laptop dan juga kabel USB untuk ponsel tersebut.

Selain menggunakan perangkat komputer, hal lain yang perlu dipersiapkan adalah dengan menginstal ADB di laptop atau komputer yang akan digunakan untuk masuk ke mode Recovery Asus dan juga mengaktifkan USB Debugging pada Zenfone 5 milik Anda.

Jika semua tahapan tersebut sudah berhasil Anda lakukan maka berikut ini adalah beberapa cara masuk recovery mode Asus Zenfone 5 melalui fitur ADB yang perlu Anda ketahui.

  • Langkah pertama adalah dengan menghubungkan ponsel Zenfone 5 Anda ke perangkat laptop atau komputer dengan menggunakan bantuan kabel USB yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Jika sudah, silakan Anda bisa membuka fitur CMD (Command Prompt) pada komputer Anda. Untuk melakukannya silahkan tekan tombol Windows + R secara bersamaan kemudian ketikkan perintah CMD lalu tekan Enter.
  • Apabila jendela menu CMD sudah terbuka, silakan Anda bisa tekan perintah adb devices kemudian silakan tekan Enter.
  • Jika muncul jendela konfirmasi berupa Allow USB Debugging, silakan tekan OK.
  • Manakala ponsel Asus Zenfone yang Anda miliki tersebut sudah benar-benar terhubung maka akan muncul kombinasi angka yang berbeda pada layar perangkat komputer Anda.
  • Kemudian silakan Anda bisa mengetikkan perintah adb recovery dan tekan Enter
  • Selanjutnya, secara otomatis ponsel Asus Zenfone 5 tersebut akan melakukan restart dan masuk ke Recovery Mode.
  • Setelah ponsel tersebut berada di Recovery Mode, Anda bisa melakukan berbagai hal yang dibutuhkan untuk melakukan servis atau perbaikan pada ponsel tersebut.

Demikianlah beberapa cara masuk recovery mode Asus Zenfone 5 dengan mudah yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan beberapa langkah mudah yang telah disampaikan tersebut, Anda bisa masuk ke Recovery Mode ponsel Zenfone 5 Anda untuk melakukan perbaikan dan servis. Namun sebaiknya Anda tetap berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ANGKASA.CO.ID bermanfaat dan selamat mencoba.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini