Telegram Punya Aplikasi Web Alternatif yang Lebih Enak Dilihat

Telegram Punya Aplikasi Web Alternatif yang Lebih Enak Dilihat

Aplikasi Web Alternatif Telegram - WhatsApp memang begitu populer di kalangan masyarakat untuk urusan berkomunikasi secara online. Namun tahukah Anda bahwa kini ada salah satu aplikasi chatting yang sama populernya dengan WA dengan nama Telegram?

Sedikit informasi, Telegram sendiri adalah sebuah aplikasi untuk melakukan chatting atau pesan instan multiplatform. Tentu saja aplikasi ini gratis, bisa digunakan oleh siapa pun, baik pengguna Android, iOS, Windows Phone, dan Ubuntu Touch.

Selain perangkat ponsel, Telegram juga bisa dijalankan melalui sistem perangkat komputer seperti Windows, OS X, dan juga Linux. Selain tersedia untuk banyak platform, Telegram juga memiliki segudang fitur yang mumpuni untuk bertukar pesan.

Beberapa fitur tersebut yaitu mengirim foto, video, stiker, pesan suara, dan juga dokumen dalam berbagai format. Yang lebih serunya lagi adalah, Telegram juga menyediakan fitur dark mode untuk pengguna yang lebih menyukai nuansa gelap.

Meski punya fitur yang menarik, tapi sayangnya Telegram sendiri sempat mengalami pemblokiran di Indonesia lho. Hal ini berkaitan dengan adanya isu terorisme yang berkumpul dalam aplikasi Telegram. Tapi itu dulu, sekarang Telegram sudah aman karena sudah diawasi dan diamankan langsung oleh pihak Kemkominfo. 

Nah, kalau sekarang kamu sudah mulai tertarik dengan Telegram dan ingin coba mulai pakai Telegram, kami akan menjelaskannya secara menyeluruh di artikel ini. Untuk bisa menggunakan Telegram sendiri ada dua cara, lewat aplikasi di HP dan lewat website alternatif yang bisa dijalankan di PC. Keduanya sama-sama mudah digunakan, untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan Angkasa di bawah ini:

Aplikasi Telegram di Smartphone

Telegram Punya Aplikasi Web Alternatif Yang Lebih Enak Dilihat

Sekarang, kami mau menjelaskan dulu cara mendapatkan aplikasi Telegram di smartphone. Caranya sangat mudah karena kamu hanya perlu melakukan instalasi di HP saja. Untuk pengguna Android, bisa ikuti cara berikut ini:

  • Pertama, silakan buka HP dan langsung masuk ke aplikasi PlayStore.
  • Kemudian, cari aplikasi Telegram dan langsung klik install pada aplikasi Telegram.
  • Tunggulah beberapa saat sampai aplikasi selesai diunduh dengan sempurna.
  • Jika sudah terunduh, silakan buka aplikasi Telegram.
  • Untuk bisa menikmati segala fasilitas di Telegram, silakan daftarkan nomor ponsel terlebih dahulu.
  • Setelah terdaftar, silakan langsung berkirim pesan di Telegram. Mudah, kan?

Nah, saat sudah memiliki dan mendaftar di aplikasi Telegram maka akan muncul kontak-kontak di HP yang menggunakan Telegram. Namun, jika kamu ingin mencari teman baru di Telegram, bisa juga mencarinya lewat fitur People Nearby. 

Dalam fitur tersebut, Telegram akan mencari sesama pengguna Telegram dengan jarak yang paling dekat dengan kamu. Bahkan, fitur tersebut juga bisa mencari grup terbuka, yang artinya kamu bisa join grup tersebut dengan satu kali klik. Seru banget, kan?

Telegram via Aplikasi Web Alternatif

Jika sebelumnya Telegram hanya bisa digunakan lewat aplikasi di HP saja maka berbeda dengan yang satu ini. Sekarang, Telegram telah merilis sebuah aplikasi web alternatif dimana pengguna Telegram bisa mengaksesnya lewat website, yaitu Telegram WebK dan Telegram WebZ.

Tentu saja ini adalah kabar baik karena beberapa orang mungkin lebih nyaman untuk mengakses pesan melalui PC dengan layar yang lebih luas dibandingkan dengan HP. Jika kamu adalah tipe orang yang seperti itu makan Telegram via aplikasi web alternatif ini bisa menjadi pilihan yang cocok.

Selain lebih memudahkan, Telegram di aplikasi web alternatif ini juga tergolong memiliki fitur yang serupa dengan versi aplikasi HP. Bahkan, pihak telegram pun menjamin keamanan untuk versi web alternatif ini. Penasaran ingin coba Telegram di web? Yuk, simak pembahasan di bawah ini!

Telegram WebK

Telegram WebK

Mari kita mulai dengan Telegram WebK. Untuk bisa mengakses dan menggunakan versi WebK, kamu perlu mengunjungi situsnya terlebih dahulu. Caranya mudah, bisa ikuti beberapa langkah ini:

  • Pertama, buka browser dan masuk ke situs http://webk.telegram.org/, lebih mudahnya bisa klik link ini.
  • Kemudian, di WebK akan meminta kamu untuk scan QR Code dari aplikasi Telegram di HP. Untuk bisa memindainya silakan masuk ke Telegram > klik simbol garis tiga di pojok kiri atas > Settings > Devices > Klik QR Code.
  • Jika sudah, langsung klik tombol Scan QR Code di HP dan pindai QR code di WebK pakai HP.
  • Selesai, kini kamu sudah bisa menikmati segala fitur Telegram di WebK! Sangat mudah, kan?

Telegram WebZ

Telegram WebZ

Jika menurutmu cara login Telegram di WebK kurang cocok maka ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan Telegram WebZ. Tidak jauh berbeda dengan WebK, di WebZ hanya memiliki perbedaan saat login saja. Ingin tahu perbedaannya? Simak caranya di bawah ini:

  • Seperti sebelumnya, kamu bisa buka browser di PC atau laptop untuk masuk ke situs WebZ. Bisa klik di sini untuk mengunjungi situsnya.
  • Jika sudah masuk ke situs WebZ, sekarang saatnya untuk login dengan memasukan nomor HP yang terdaftar di Telegram. Pastikan bagian Country sudah benar dengan memilih negara "Indonesia", ya.
  • Setelah mengetikan nomor, langsung tekan tombol Next.
  • Kemudian Telegram di HP akan memberikan kode untuk login. Masukan kode tersebut di WebZ.
  • Selesai, secara otomatis kamu sudah bisa masuk ke dalam situs WebZ dan nikmati chatting-an menggunakan Telegram. Simpel, kan?

Ada dua alternatif website untuk mengakses Telegram lewat browser, yaitu WebK dan WebZ. Jika ditanya soal perbedaannya, menurut kami tidak ada bedanya. Hanya saja, pengalaman login Telegramnya yang berbeda.

Untuk WebK, mereka langsung menyodorkan login dengan pemindaian QR Code. Namun untuk WebZ, mereka langsung menawarkan login menggunakan kode khusus. Tapi ini juga bukan perbedaan, karena baik di WebK dan WebZ bisa melakukan login dengan QR Code atau pun kode khusus. Caranya, tinggal pilih saja cara login-nya yang ada di bagian bawah saat kamu baru masuk ke situsnya.

Nah, berbeda lagi jika ditanya soal perbedaan Telegram di aplikasi dengan Telegram versi browser, ini jelas berbeda. Karena dari tampilan antarmuka pun sudah berbeda. Bahkan, ada beberapa fitur yang tidak tersedia di Telegram versi web, salah satunya adalah fitur Call. 

Cukup wajar, mengingat kedua situs alternatif Telegram ini memang masih dengan status beta, yang artinya masih perlu dikembangkan. Jadi, jika nanti ada error atau bug, jangan heran, ya. Kalau kalian menemukan bug pada situs alternatif ini, bisa langsung laporkan ke pihak Telegram dengan klik Report Bug.

Nantinya, kamu akan diarahkan untuk mendeskripsikan bug yang ditemukan. Jika ternyata bug tersebut pernah dilaporkan dan sudah ada solusinya maka pihak situs alternatif Telegram akan memberikan tipsnya melalui link website. Cukup seru, ya? Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan Telegram lewat situs alternatif ini?

Atau ternyata kamu sudah pernah mencobanya dan menemukan hal menarik di dalamnya? Jika iya, bisa ceritakan pada kami dan pembaca lain di kolom komentar, ya. Selamat berkirim pesan!

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini