10 Pilihan Aplikasi Edit Tulisan Foto Terbaik untuk HP Android

Tidak hanya ganti filter atau mengatur saturasi warna, untuk bisa mendapatkan hasil foto yang keren dan estetik, kamu juga bisa menambahkan teks pada foto. Namun, kamu membutuhkan aplikasi khusus yang disebut dengan aplikasi edit tulisan foto.

Dalam aplikasi tersebut, pengguna bisa menuliskan kata-kata apapun tanpa batas. Bahkan, hampir semua aplikasi edit tulisan foto dilengkapi dengan fitur pengubah font yang lucu dan cantik. Tidak hanya itu saja, beberapa aplikasi bahkan menambahkan fitur yang lebih menarik. Penasaran dengan fitur dari aplikasi edit tulisan di foto? Berikut Angkasa akan mengulas 10 aplikasinya di sini, simak baik-baik, ya!

1. Phonto

Phonto

Ratusan ribu pengguna Android pernah mengunduh Phonto sebagai salah satu aplikasi untuk mengedit tulisan di foto. Banyak dari penggunanya merasa puas dengan aplikasi Phonto ini, terbukti dengan rating yang diperoleh cukup tinggi, yakni 4.6/5.0. Ada apa di dalamnya? Banyak banget!

Dalam aplikasinya, Phonto menawarkan lebih dari 200 bentuk tulisan (font) yang beragam. Bahkan, kamu bisa mengunduh dan memasang font lain selain yang ada di Phonto. Di sini juga memperbolehkan penggunanya untuk mengganti warna, ukuran, hingga memberikan efek bayangan pada tulisan di foto. Yang lebih menariknya lagi, Phonto juga punya fitur untuk mengatur jarak spasi huruf, mengganti latar, hingga blend mode. Lengkap banget, kan?

2. TextArt

TextArt

Ingin hasil foto yang lebih estetik dengan gaya art yang cantik? Coba edit fotonya di aplikasi TextArt ini! Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, di TextArt juga menawarkan berbagai macam jenis huruf yang bisa digunakan secara gratis. Tercatat, TextArt memiliki lebih dari 800 font yang beragam dengan sentuhan artistik.

Selain punya jenis huruf yang lebih variatif, TextArt juga memiliki fitur serta tools untuk mengedit foto lho. Fiturnya berupa mengganti filter, memberi stiker, hingga mengubah background foto. Kelebihan lainnya adalah TextArt juga memiliki banyak pilihan untuk background baik itu berupa tema cool, love, atau mau mengganti background-nya dengan foto. Seru, kan?

3. Font Rush

Font Rush

Berikutnya, ada aplikasi yang bernama Font Rush. Ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh developer Simply Entertaining dengan berbagai kelebihan yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Pertama, Font Rush menyediakan banyak pilihan font, ada sekitar 200 jenis font yang sangat kreatif.

Lalu, cara mengedit tulisannya juga sangat mudah dan hasilnya pun elegan, tidak terlalu berlebihan. Masih kurang puas mengeditnya? Tenang saja, Font Rush punya fitur membuat grafis untuk mempercantik fotonya. Setelah selesai, langsung upload ke sosial media dan tunjukkan karaya terbaikmu! Yuk, segera unduh aplikasinya di sini!

4. Texty

Texty

Tidak sulit menambahkan tulisan di foto, karena kamu bisa melakukannya dengan sekejap menggunakan aplikasi bernama Texty. Diklaim, aplikasi ini memiliki lebih dari 750 font yang bisa digunakan. Bahkan, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang lengkap, seperti multiple text, font size, opacity, color, position, rotation, bold, italic, centration, glow, flip, mirror, dan masih banyak lagi.

Jika terjadi kesalahan dalam menulis, kamu bisa langsung menghapusnya dengan Text Eraser Tool. Fitur tersebut bukan hanya menghapus tapi juga bisa untuk meng-undo/redo editan sebelumnya. Oh iya, di Texty juga ada template tulisan yang menarik untuk dicoba. Jadi, pengguna nggak perlu bingung lagi menentukan desain tulisan yang pas untuk di foto. Tertarik mencobanya?

5. Kafka

Kafka

Aplikasi ini mungkin tidak setenar aplikasi-aplikasi sebelumnya, tapi jangan meremehkan Kafka, ya. Pasalnya, di sini juga menyediakan berbagai fitur yang asyik untuk menunjang penyuntingan foto. Meski tidak memiliki banyak variasi font, tapi Kafka memiliki 50 tipe huruf yang premium. Nah, setiap tipe hurufnya sangat unik dengan tema yang menarik.

Selain pilihan font-nya yang cukup mumpuni, Kafka juga memberikan fitur untuk mengedit background. Serunya, kamu bisa mengubah background dengan gradient warna ala artworks yang keren. Bahkan, kamu juga bisa membuat background dengan efek blur atau tint. Mau coba?

6. Font Studio

Font Studio

Kalau kamu mencari aplikasi edit foto yang bagus dengan kapasitas yang tidak terlalu besar, mungkin aplikasi Font Studio bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Berdasarkan informasi dari PlayStore, Font Studio memiliki kapasitas sekitar 26MB yang mana kapasitas tersebut tidaklah terlalu besar untuk sebuah aplikasi.

Meski tergolong ringan, Font Studio tidak mengurangi fitur yang ada di dalamnya. Di aplikasi ini, pengguna bisa memakai sekitar 200 fonts secara gratis. Selain itu, tulisan yang diedit bisa diberi stiker-stiker lucu. Bahkan, Font Studio juga menyediakan fitur shape untuk membuat bentuk kotak, bulat, segitiga, dan bentuk lainnya sebagai ornamen tambahan.

7. Geulgram

Geulgram

Aplikasi edit foto yang menarik lainnya adalah Geulgram. Aplikasi ini cukup tenar dan tercatat sudah diunduh oleh ratusan ribu pengguna PlayStore. Saking terkenalnya, Geulgram bisa mendapatkan rating 4.6 di Google PlayStore lho! Apa yang membuat Geulgram disukai banyak orang?

Sekarang, banyak yang lebih menyukai hasil foto yang estetik dan cantik, itulah yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi Geulgram. Aplikasi ini membebaskan penggunanya untuk memadukan foto, tulisan, dan filter. Bahkan, Geulgram juga memberikan high quality terhadap hasil foto yang diedit oleh pengguna. Kelebihan lain yang ada di aplikasi Geulgram adalah tidak ada watermark yang akan mengganggu penampilan fotomu!

8. Caption It

Caption It

Mau bikin caption yang estetik untuk diunggah ke sosial media? Jangan bingung karena aplikasi Caption It akan membantu untuk membuat caption (tulisan) semenarik mungkin. Bagaimana caranya? Mudah, kamu hanya perlu masukan teks yang mau diletakkan di foto, kemudian pilihlah font yang sesuai dengan tema fotomu.

Lalu, jangan lupa untuk mengganti warna, tata letak, dan ubah teksnya sesuai kebutuhan. Mudah kan? Meski terlihat sangat mudah, ada satu kekurangan dari aplikasi Caption It, yaitu kehadiran ads atau iklan saat sedang mengedit. Jika merasa terganggu dengan iklan, silakan ubah aplikasinya menjadi Caption It versi Pro.

9. Text Over Photo

Text Over Photo

Untuk menambahkan teks ke foto itu sangat mudah, salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi Text Over Photo. Tidak kalah bagus dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya karena Text Over Photo juga menawarkan berbagai macam jenis tulisan yang bisa digunakan secara gratis. Di sini juga bisa mengganti warna teksnya sesuai dengan selera atau kebutuhan masing-masing.

Jangan lupa untuk meng-adjust editannya, bisa mengubah tata letaknya hingga menambahkan shade agar hasilnya lebih menarik. Oh iya, di sini juga menyediakan berbagai macam pilihan. Ada satu kelebihan lagi di aplikasi ini, yaitu menyediakan berbagai macam template collage yang unik!

10. PicsArt

PicsArt

Last but not least, sebenarnya ini bukan aplikasi khusus untuk mengedit tulisan di foto. Tapi, PicsArt sendiri adalah aplikasi edit foto yang sangat popular. Nah, salah satu fitur yang ada di PicsArt ini adalah mengedit tulisan, bahkan fiturnya ini juga menyediakan berbagai tools pendukung untuk menampilkan tulisan yang lebih menarik.

Sama seperti aplikasi lainnya, di PicsArt juga membolehkan para penggunanya untuk menggonta-ganti warna teks, tata letak teks, ukuran teks, hingga memutar teksnya. Tapi sayangnya, saat menjalankan PicsArt, pengguna akan menemukan beberapa iklan. Jika hal itu mengganggu, bisa berlangganan PicsArt versi berbayar.

Itulah tadi 10 rekomendasi aplikasi edit foto yang bagus. Semua aplikasi di atas bisa diakses gratis tanpa perlu membayar apapun hanya saja beberapa aplikasi akan menampilkan iklan saat sedang mengedit. Nah, kalau kamu punya aplikais favorit lainnya, beri tahu kami dan pembaca lainnya di kolom komentar, ya!