10 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terpopuler di Android

Dunia fotografi kini semakin luas, tanpa kamera profesional pun semua orang bisa mengambil foto dengan bagus dan estetik. Tapi, tentu saja kualitas dan resolusi gambar yang dihasilkan dari kamera HP dan kamera profesional akan berbeda. Meski begitu, peminat fotografi di kamera HP makin banyak karena tergolong simpel dan lebih terjangkau.

Namun, untuk bisa menghasilkan foto yang cantik dan keren, beberapa orang mengandalkan aplikasi edit foto. Dengan begitu, hasil foto dari kamera HP tampak lebih menarik dipandang. Jika kamu salah satu yang ingin menghasilkan foto kamera HP yang estetik, cobalah untuk mengedit fotonya terlebih dahulu dengan 10 aplikasi terbaik rekomendasi dari Angkasa ini, ya!

1. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah Adobe Lightroom. Ini adalah aplikasi edit foto yang cukup lengkap karena di dalamnya punya banyak tools untuk membuat foto terlihat semakin menarik dan cantik. Di sini, penggunanya bisa mengubah warna, cahaya, efek, hingga filter. Yang menariknya, kamu juga bisa membuat preset sendiri sesuai dengan selera.

Kelebihan lainnya adalah, Adobe Lightroom bisa membaca gambar dengan format RAW. Tentu ini sangat membantu ketika kamu ingin mengedit foto dari kamera, bukan kamera HP saja. Serunya lagi, pengguna juga bisa mengatur setiap hasil editan foto ke dalam folder tertentu. Dengan begitu, semua hasil fotonya bisa terorganisir secara teratur.

2. Snapseed

Snapseed

Tidak kalah bagusnya dengan aplikasi dari Adobe, kini ada aplikasi bernama Snapseed yang dibuat dan dikembangkan oleh Google. Tercatat, Snapseed punya sekitar 29 tools yang bisa bebas digunakan secara gratis. Tools tersebut di antaranya adalah filter, brush, HDR, crop, rotate, white balance, selective, healing, hingga lens blur.

Oh iya, di sini juga ada fitur yang namanya Glamour Glow. Fitur tersebut cocok digunakan untuk foto dengan konsep fashion karena bisa menghasilkan warna foto yang glowing cemerlang. Tidak hanya itu saja, Snapseed juga bisa membaca foto dengan format RAW dan JPG. Cukup lengkap, kan? Yuk, coba edit foto terbaikmu di sini!

3. Photo Editor Pro – Inshot

Photo Editor Pro

Kalau mau edit foto di HP Android yang gampang, coba pakai aplikasi Photo Editor Pro dari Inshot ini. Pasalnya, di sini antarmukanya lebih bersahabat untuk orang awam yang baru mulai belajar edit foto. Meski begitu, Photo Editor Pro juga punya segudang fitur yang tidak kalah menariknya dibandingkan dengan dua aplikasi di atas lho.

Tercatat, Photo Editor Pro memiliki ratusan filter cantik yang cocok untuk berbagai jenis foto. Lalu, di sini juga terdapat layout collage yang menarik, ada sekitar 100 layout yang bisa digunakan secara gratis. Oh iya, di sini juga ada lebih dari 100 efek foto untuk membuat hasil foto lebih estetik, mau efek sparkling, art, old, overlay, semuanya ada di sini!

4. PicsArt

PicsArt

Sebagai salah satu aplikasi terbaik pilihan editor PlayStore, tentu saja PicsArt wajib masuk ke dalam daftar aplikasi edit foto terbaik Android. Ada beberapa alasan kenapa aplikasi ini disebut yang terbaik. Pertama, PicsArt punya banyak tools asyik untuk menghasilkan foto menjadi lebih cantik. Kedua, antarmuka yang bersahabat bisa digunakan oleh siapa pun, termasuk orang awam.

Berbicara soal tools, di sini ada sejumlah efek foto menarik yang dibagi menjadi beberapa jenis, ada efek foto khusus untuk selfie, foto portrait, hingga Doodle Art. Lalu, di sini juga membebaskan penggunanya untuk menggambar di foto yang mau kamu edit. Seru banget, kan?

5. DripArt Photo Editor

DripArt Photo Editor

Mau punya foto dengan sense art yang kuat? Caranya gampang, silakan coba aplikasi DripArt Photo Editor. Sesuai dengan namanya, di aplikasi ini mengajak penggunanya untuk mengedit foto sekreatif mungkin dengan sentuhan art yang unik. Tidak perlu repot menggambar art-nya, karena DripArt Photo Editor sudah menyediakan banyak efek art di dalam aplikasi ini.

Nah, tugas kamu hanya gunakan efek-efek yang ada dan padupadankan dengan foto yang mau edit. Selain menawarkan efek yang unik, di sini juga punya fitur menarik dimana kamu bisa mengubah background foto dengan neon spiral. Tidak hanya itu saja, ada berbagai macam stiker lucu untuk menambah ornamen di foto kamu. Asyik, ya?

6. LightX Photo Editor & Photo Effects

LightX Photo Editor & Photo Effects

LightX Photo Editor & Photo Effects menjadi salah satu aplikasi edit foto terbaik pilihan kami. Dalam aplikasinya, LightX Photo Editor & Photo Effects menawarkan tools yang bernama lasso. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa memotong foto secara mudah dan instan.

Selain untuk memotong foto, lasso juga bisa digunakan untuk memilih area tertentu pada foto untuk diedit dengan warna atau tingkat kecahayaan tertentu.

Jadi, dengan adanya lasso bisa mempermudah penggunanya dalam mengedit foto baik itu untuk memotong gambar atau pun memilih area foto. Fitur menarik lainnya adalah mengubah warna rambut dan model rambut dengan mudah, hanya klik dan semuanya bisa berubah tanpa ribet!

7. VIMAGE

VIMAGE

Selanjutnya, ada aplikasi bernama VIMAGE. Di aplikasi ini menonjolkan sisi edit foto dengan sentuhan sinematografi sehingga hasil edit fotonya terlihat lebih estetik ala film. Untuk menunjang hasil yang maksimal, VIMAGE juga menawarkan sejumlah fitur serta tools yang seru untuk dicoba.

Pertama, di VIMAGE ada berbagai macam efek foto estetik ala film. Kedua, kamu bisa menggonta-ganti filter foto secara gratis. Dan yang paling menarik, kamu bisa mengubah format foto menjadi GIF sehingga ada animasi bergerak di dalam foto yang kamu edit. Hasilnya? Tentu saja sangat menarik untuk diposting ke sosmed.

8. VSCO

VSCO

Mau punya hasil foto ala selebgram yang kece dan estetik? Kalau begitu, silakan coba aplikasi VSCO ini, ya. Di sini ada banyak efek dan filter menarik ala selebgram. Kamu bisa menemukan warna-warna pastel yang kalem, hingga warna vintage yang klasik. Selain itu, di sini juga punya banyak pilihan preset yang membuat hasil foto lebih ciamik.

Namun sayangnya, untuk bisa menikmati ratusan preset di VSCO, kamu harus terdaftar sebagai member VSCO. Cara daftarnya gampang, hanya perlu memasukkan identitas diri dan bayar tagihannya perbulan lewat kartu kredit. Oh iya, selain untuk edit foto, VSCO juga bisa diandalkan untuk membuat video dari kumpulan foto lho!

9. Polarr

Polarr

Sama seperti aplikasi lainnya, Polarr juga menawarkan berbagai macam fitur asyik untuk mengedit foto agar hasilnya lebih maksimal. Tercatat, di Polarr ada sekitar 120 preset yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Tidak hanya preset, ada juga tools yang membantu untuk memudahkan pengguna dalam melakukan penyuntingan foto.

Beberapa tools yang bisa digunakan antara lain adalah selective objects, selective masks, overlays, retouch, dan global adjustments. Oh iya, aplikasi ini juga tergolong cukup ringan dimana hanya memakan 59MB di dalam memori HP kamu. Tertarik coba?

10. Prisma Photo Editor

Prisma Photo Editor

Satu lagi aplikasi keren untuk edit foto instan dengan hasil memuaskan, namanya adalah Prisma Photo Editor. Aplikasi yang sudah diunduh oleh ratusan ribu pengguna Android ini punya banyak keunikan, salah satunya ada di bagian art style. Aplikasinya mengklaim bahwa pengguna bisa menemukan sekitar 300 art style untuk editan foto unik ala pelukis ternama.

Selain itu, di sini juga menyediakan berbagai macam filter yang bisa disesuaikan dengan konsep fotonya. Bahkan, filternya ini akan selalu diperbaharui setiap hari lho. Jadi, kamu bisa gonta-ganti filter unik setiap harinya. Menarik, ya?

Menghasilkan foto yang estetik memang tidak mudah, selain dibutuhkan momen yang pas untuk menjepret foto, kita juga harus punya keterampilan dalam mengedit foto agar lebih menarik. Nah, dengan sepuluh aplikasi di atas, sekarang kamu bisa mendapatkan foto keren yang enak dipandang. Jadi, kamu mau coba aplikasi yang mana?