10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik di Android

Zaman semakin canggih, mau apapun bisa dilakukan dengan mudah lewat teknologi yang semakin berkembang pesat. Salah satu hal positif dari perkembangan teknologi adalah kemudahan dalam belajar, khususnya belajar Bahasa Inggris.

Mungkin dulu beberapa orang harus mengunjungi tempat kursus tertentu jika ingin belajar Bahasa Inggris. Namun sekarang, semua orang sudah bisa belajar Bahasa Inggris dengan mudah lewat satu genggaman tangan saja, yaitu smartphone. Bagaimana caranya?

Mudah, kamu bisa mengandalkan beberapa aplikasi khusus belajar Bahasa Inggris. Pembelajarannya pun beragam, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing. Nah, bagi yang berminat untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris di HP Android, simak dulu artikel dari Angkasa ini, ya.

1. Busuu

Busuu

Sebenarnya ini adalah aplikasi untuk belajar Bahasa Perancis. Tapi di dalam Busuu ada fitur untuk mempelajari Bahasa lain selain Perancis, salah satunya adalah Bahasa Inggris. Untuk mempelajari Bahasa Inggris, Busuu menyediakan fasilitas yang mumpuni.

Beberapa fasilitas tersebut bisa meningkatkan kemampuan dalam mengolah kata Bahasa Inggris, menghafal kata Bahasa Inggris, dan yang paling penting adalah mempelajari tatanan Bahasa Inggris (grammar). Jika mengalami kesulitan dalam mempelajari materinya, pengguna bisa menyewa pengajar native speaker.

Kalau merasa kurang cocok untuk belajar sendirian, boleh juga ikuti komunitas yang sama-sama sedang belajar Bahasa Inggris. Dengan begitu, belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak menegangkan.

2. Rosetta Stone

Rosetta Stone

Belajar Bahasa Inggris yang mudah dipahami bisa dilakukan melalui aplikasi Rosetta Stone. Ini merupakan salah satu aplikasi terbaik pilihan editor PlayStore karena fasilitas pembelajarannya yang baik. Di sini, pengguna bisa mempelajari grammar dengan mudah dan akan diajarkan cara pengucapan Bahasa Inggris yang benar.

Tidak harus online karena Rosetta Stone juga menyediakan fitur untuk belajar secara offline (tidak membutuhkan koneksi internet). Untuk menikmati fitur tersebut, kamu harus mengunduh beberapa materi yang mau dipelajari. Oh iya, selain Bahasa Inggris, Rosetta Stone juga menyediakan fitur untuk belajar Bahasa dari negara lain lho!

3. Learn Languages with Memrise

Learn Languages with Memrise

Selanjutnya, ada aplikasi bernama Learn Languages with Memrise, boleh disingkat Memrise. Sama seperti aplikasi belajar Bahasa Inggris lainnya, di Memrise juga mengajak pengguna untuk belajar dengan konsep yang fun dan mudah dimengerti. Di sini, kamu akan diberi video, game, dan beberapa kuis untuk mengasah skill Bahasa Inggris.

Selain itu, Memrise juga akan mengoreksi penggunaan grammar jika ada kesalahan. Tidak sampai di situ saja, pengguna juga akan belajar cara pengucapan kata Bahasa Inggris yang benar. Yang paling penting, aplikasi ini juga bisa dioperasikan secara offline dengan mengunduh panduan pembelajaran yang tersedia di Memrise.

4. Duolingo

Duolingo

Ini adalah salah satu aplikasi belajar Bahasa Inggris yang cukup populer. Adalah Duolingo, sebuah aplikasi yang asyik untuk belajar Bahasa Inggris dengan menghadirkan beberapa level. Untuk yang benar-benar masih awam dengan Bahasa Inggris, tidak perlu khawatir karena Duolingo siap memberi materi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Di level pertama, pengguna akan diminta untuk mengenal beberapa kosakata yang simpel. Lalu, pengguna akan diminta untuk menghafal beberapa kata tersebut. Setelah itu, ada ujian khusus untuk level 1. Jika berhasil melewati tahap ujian, barulah kamu bisa beranjak ke level 2. Di level 2 ini barulah kamu dikenali dengan grammar standar, begitu pun seterusnya sampai level terakhir.

Jika sudah expert, boleh langsung lompat ke level yang lebih tinggi. Biasanya di level tersebut lebih fokus untuk listening, grammar, dan beberapa materi yang lebih sulit. Mau coba aplikasinya? Unduh di sini, gratis!

5. Drops: Learn English

Drops

Hanya 5 menit untuk belajar Bahasa Inggris setiap hari, begitulah konsep yang ditawarkan oleh aplikasi Drops: Learn English. Jadi, pengguna hanya diberi waktu 5 menit untuk mempelajari Bahasa Inggris secara efektif dan efisien. Pasalnya, selama 5 menit itu, pengguna diajak bermain tapi menggunakan Bahasa Inggris.

Permainannya sangat simpel dan menyenangkan, kamu hanya perlu menyusun huruf, hingga menebak objek menggunakan Bahasa Inggris. Tapi di sini tidak menyediakan pembelajaran untuk grammar karena Drops: Learn English lebih fokus pada vocabulary saja. Cocok untuk pemula!

6. HelloTalk

HelloTalk

Untuk yang ingin fokus belajar speaking Bahasa Inggris, bisa coba aplikasi HelloTalk. Ini merupakan aplikasi gratis yang membantu kamu untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris lebih baik. Tidak hanya untuk bicara Bahasa Inggris, di HelloTalk juga membimbing penggunanya untuk menerapkan grammar yang tepat dalam conversation.

Agar belajar semakin efektif dan efisien, HelloTalk juga menyediakan beberapa native speaker yang bisa diajak untuk sharing. Konsepnya simpel, nantinya kamu akan sharing percakapan Bahasa Inggris melalui voice note. Kalian bisa bertukar voice note, dan native speaker akan memberikan feedback untuk setiap grammar dan speaking mu.

7. Cake

Cake

Bukan kue, ya. Nama aplikasinya memang Cake dan ini adalah aplikasi khusus untuk belajar Bahasa Inggris. Untuk pembelajarannya, Cake mengandalkan berbagai macam video menarik agar pengguna bisa lebih memahami Bahasa Inggris dengan mudah.

Video pembelajaran Bahasa Inggris ini bermacam-macam, yang pasti kamu akan mempelajari dasar-dasar Bahasa Inggris, seperti grammar, vocabulary, hingga speaking. Nah, untuk bagian speaking, kamu bisa manfaatkan fitur simulasi berbicara dengan native. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui cara mengucapkan kata Bahasa Inggris yang benar.

8. Cambly

Cambly

Kalau kamu lebih nyaman ada seorang pengajar atau tutor untuk membimbing belajar Bahasa Inggris, bisa coba aplikasi Cambly. Di aplikasi ini, kamu bisa melakukan pembelajaran melalui video call. Tutornya membantu kamu dalam mengasah kemampuan berbahasa Inggris dengan cara memperhatikan pronunciation dan grammar.

Selain belajar menggunakan Bahasa Inggris untuk aktivitas harian, pengguna juga bisa meminta atau bertanya seputar TOEFL, TESOL TEFL, TOEIC, dan IELTS. Tidak perlu khawatir soal jam belajar karena hanya di Cambly tutornya siap melayani para pengguna selama 24/7.

9. Belajar Bahasa Inggris + Suara

Belajar Bahasa Inggris + Suara

Delapan aplikasi sebelumnya lebih condong belajar Bahasa Inggris untuk orang dewasa, tapi bagaimana dengan aplikasi belajar Bahasa Inggris untuk anak? Ada kok, namanya adalah Belajar Bahasa Inggris + Suara. Karena ini aplikasi belajar untuk anak, maka aplikasinya dilengkapi dengan animasi kartun yang lebih menarik untuk anak.

Di sini tidak ada pembahasan grammar, TOEFL, IELTS, atau pembelajaran berat lainnya karena Belajar Bahasa Inggris + Suara lebih fokus untuk mengenalkan nama-nama benda dalam Bahasa Inggris. Konsep mengenalkan Bahasa Inggrisnya sangat simpel karena penuh warna-warni yang menarik perhatian anak.

10. Belajar Bahasa Inggris Offline Cepat

Belajar Bahasa Inggris Offline Cepat

Last but not least, kali ini kami mau merekomendasikan aplikasi belajar Bahasa Inggris yang bisa diakses secara offline, namanya Belajar Bahasa Inggris Offline Cepat. Di sini tidak ada pembelajaran dalam bentuk suara, jadi semuanya berbentuk seperti buku saja.

Meski begitu, semua materi yang ada di Belajar Bahasa Inggris Offline Cepat sangat lengkap dengan menjelaskan semua tenses. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga dilengkapi dengan Bahasa Inggris simpel yang biasa digunakan sehari-hari serta mempelajari tatanan Bahasa yang baik dan benar.

Sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk belajar. Bahkan untuk saat ini belajar pun menjadi lebih mudah dengan kehadiran aplikasi-aplikasi gratis. Sekarang, tinggal tentukan saja aplikasi yang cocok untuk kebutuhan dan keinginanmu. Tapi kalau punya rekomendasi aplikasi bagus lainnya, beri tahu kami dan pembaca lain lewat kolom komentar, ya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.