5 Tips Mencegah Polusi di Dalam Ruangan

ANGKASA.CO.ID – 5 Tips Mencegah Polusi di Dalam RuanganĀ Harus kalian ketahui apabila kualitas udara yang bisa tercemar bukan hanya di luar ruangan saja, akan tetapi pencemaran udara bisa terjadi di dalam ruangan termasuk di dalam rumah anda dan oleh karena itu ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya bisa mencegah polusi di dalam ruangan dengan melakukan beberapa langkah yang akan kami bahas melalui artikel kali ini, dengan tujuan supaya ruangan yang ada di dalam rumah bisa mempunyai kualitas bagus dan terhindar dari polusi udara yang pastinya bisa menyebabkan beberapa penyakit dan gangguan kesehatan.

Seperti dikutip dari laman boldsky sedikitnya ada 5 tips mencegah polusi di dalam ruangan rumah yang bisa dilakukan oleh siapapun dikarenakan tidak bisa dipungkiri apabila pencemaran udara bukan hanya terjadi di luar rumah, akan tetapi pencemaran udara tersebut bisa terjadi di dalam ruangan setiap rumah sehingga ketika Anda membiarkan hal tersebut, maka pencemaran dapat mengganggu kesehatan dan jika terus dibiarkan, malah bisa menimbulkan banyak penyakit yang disebabkan bakteri yang terbawa di udara salah satunya adalah penyakit flu sampai demam.

Walaupun dari kebanyakan orang mempunyai pemikiran apabila di dalam ruangan lebih sehat dibandingkan luar ruangan, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar dikarenakan pencemaran udara bisa terjadi dimanapun dan di lokasi mana pun sehingga untuk ancaman polusi udara tersebut haruslah diperhatikan oleh yang punya rumah termasuk anda semua dan apabila ingin supaya kualitas udara di dalam ruangan lebih baik dan bebas dari polusi udara, maka alangkah baiknya untuk mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

5 Tips Mencegah Polusi di Dalam Ruangan

Tidak bisa dipungkiri apabila di dalam ruangan memang menjadi salah satu lokasi yang sangat aman dari polusi udara, akan tetapi hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar dikarenakan udara yang masuk ke dalam ruangan akan membawa polusi udara dari luar ke dalam rumah terutama bagi mereka yang jarang sekali merawat dan melakukan bersih-bersih ruangan, sehingga hal ini malah menimbulkan polusi udara yang tidak baik.

Biasanya untuk polusi udara terbanyak di dalam ruangan yaitu asap rokok, zat pembersih rumah yang memang dapat memicu reaksi alergi, sampai diakibatkan penyaring udara di dalam rumah yang tidak dibersihkan, atau ruangan rumah yang sedikit ventilasi.

Lalu apa saja yang bisa kalian lakukan supaya mencegah polusi udara di dalam ruangan rumah, maka silakan untuk mengikuti langkahnya berikut ini.

Tidak boleh merokok di ruangan

Salah satu cara yang sangat direkomendasikan untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan rumah tetap baik yaitu di usahakan untuk tidak merokok di ruangan rumah dan apabila memang ingin merokok, maka diusahakan untuk merokok di tempat khusus atau Anda bisa membuka ventilasi rumah agar Asap Rokok dapat keluar ruangan sehingga tidak menjadi penyebab ruangan terpapar polusi.

Di dalam sebuah penelitian Maternal and Child Health Journal, apabila kebanyakan anak yang menderita asma dan tinggal bersama orang tua perokok maka Mereka cenderung termasuk kategori Perokok pasif, sehingga hal ini mengakibatkan kebanyakan dari anak tersebut dilaporkan mengalami gejala asma selama kurang lebih 2 minggu maka untuk menjaga kualitas udara supaya bersih di dalam ruangan, sangat direkomendasikan untuk tidak merokok didalam rumah dikarenakan hal ini akan mempengaruhi kondisi ruangan rumah.

Memakai pendingin ruangan

Penggunaan AC yang baik dan benar untuk ruangan rumah memang bisa mengakibatkan hal yang baik untuk mencegah naiknya kadar polusi udara di dalam rumah sehingga sangat direkomendasikan untuk penggunaan AC bisa dilakukan namun anda dapat sesekali menutup ventilasi ruangan ketika menggunakan AC supaya bisa mengurangi tingkat kontaminasi dari udara luar.

Dibawah ini ada beberapa manfaat dalam penggunaan AC supaya bisa meningkatkan kualitas udara di dalam rumah sehingga tidak bisa menjadi penyebab pencemaran udara di dalam rumah diantaranya adalah sebagai berikut.

  • AC bisa menjaga tingkat kelembaban di dalam ruangan
  • AC bisa membersihkan udara dengan mengurangi polutan dan alergen
  • AC bisa mempertahankan suhu di dalam ruangan.

Akan tetapi harus kalian ingat untuk mendapatkan ruangan yang bersih bebas polusi dengan menggunakan AC, maka sangat direkomendasikan untuk rutin membersihkan pendingin ruangan tersebut minimal tiga sampai enam bulan sekali dan ketika AC di dalam ruangan mempunyai kondisi yang bersih dan terawat maka akan menjadi solusi untuk mengurangi polusi udara di dalam ruangan dan sebaliknya, apabila aset tidak dirawat malah akan menimbulkan gejala yang tidak baik untuk kesehatan seperti asma dan alergi.

Mengurangi pemakaian pewangi ruangan

Bagi kalian semua yang suka menggunakan pewangi ruangan maka sebetulnya diperbolehkan dan tidak menjadi masalah, akan tetapi apabila sering menggunakan pewangi ruangan ternyata hal ini malah bisa mau perburuk kualitas udara yang ada di dalam rumah dan oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk mengurangi penggunaan pewangi ruangan, supaya kualitas udara di dalam rumah dapat terjaga dengan baik.

  • Meletakkan tanaman penyerap polusi udara
  • Ada beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk menyerap polusi udara di dalam rumah yang bisa kalian simpan di dalam rumah diantaranya adalah:
  • Tanaman lili Paris, tanaman suJi, dan tanaman krisan. Ketiga tanaman tersebut bisa menyerap kimia berbahaya ya dan bisa mencegah polusi udara di dalam ruangan sehingga kualitas udara dapat terjaga dengan baik.

Mengontrol alergen

Selain Anda bisa meletakkan beberapa jenis tanaman hias di dalam ruangan untuk menetralisir polusi udara andapun harus bisa mengontrol alergen di dalam ruangan, di mana alergen adalah senyawa asing yang bisa menimbulkan reaksi alergi di saat ada pada tubuh manusia dan senyawa tersebut bisa tersebar di udara dan menempel di sejumlah perabotan rumah dan juga lantai rumah.

Alergen sendiri bisa berasal dari hewan peliharaan, karpet, matras, kursi, sampai selimut dan untuk mengontrol alergen maka anda bisa melakukan tips berikut ini.

  • Mengurangi penggunaan karpet
  • Tidak menggunakan gorden yang tebal dikarenakan akan sulit untuk dicuci sehingga Debu akan cepat nempel
    Melapisi Kasur Bantal sampai guling dengan sprei anti allergen
  • Membersihkan debu dengan menggunakan penyedot debu dan atau membersihkan rumah setiap hari
  • Menjaga tingkat kelembaban ruangan terutama di area dapur supaya bisa tetap stabil salah satunya adalah dengan memberikan ventilasi di area dapur supaya udara bisa masuk leluasa.