11 Fitur WhatsApp yang Mungkin Belum Kamu Tahu

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di dunia termasuk Indonesia. Dengan WhatsApp kita dapat berbagi pesan dengan lebih mudah, ditambah aplikasi ini termasuk ringan untuk smartphone.

Namun, tahukah Anda kalau ada beberapa fitur yang jarang digunakan kebanyakan pengguna WhatsApp? Untuk itu artikel ini akan membahas 11 fitur WhatsApp yang mungkin belum Anda tahu.

1. Bold, Italic dan Strikethrough pada Teks Chat

Kita dapat merubah tampilan pesan chat dengan tulisan tebal (bold), tulisan miring (italic) dan strikethrough (garis). Untuk menggunakan fitur tersebut, kita cukup menambahkan simbol spesial di kata yang diinginkan.

Bold, Italic dan Strikethrough pada Teks Chat

Simbol yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • Bold : *isi pesan*
  • Italic : _isi pesan_
  • Strikethrough : ~isi pesan~

2. Pesan Bintang / Favorit

Ini adalah fitur untuk memberi tanda pada pesan yang kita anggap akan kita perlu untuk dibaca, misal alamat rumah, pesan penting, nomor handphone, foto, video atau mungkin link website penting. Caranya dengan klik pesan yang dituju lalu tahan sampai keluar menu di atas. Pilih yang bergambar bintang, setelah itu maka pesan akan menjadi pesan bintang (starred message).

Pesan Bintang atau Favorit

Pesan yang telah diberi bintang akan dapat dengan mudah ditemukan dengan cara masuk ke halaman depan WhatsApp lalu klik Menu (simbol titik tiga) > Starred message. Maka semua pesan yang sudah pernah ditandai akan muncul. Ini akan membantu kita menemukan kembali pesan penting di chat.

3. Menemukan Orang yang Paling Sering di-Chat

Penasaran dengan siapa kita paling banyak chat-nya dengan kita? Kalau penasaran, kita bisa dengan mudah mengetahuinya melalui Menu (simbok titik tiga) > Settings > Chats > Chat history > Email Chat.

Menemukan Orang yang Paling Sering di-Chat

Maka dapat dilihat pada Frequently Chat, itu adalah orang-orang yang sering berkomunikasi dengan kita di WhatsApp.

4. Detail Pesan

Penasaran dengan chat yang kita kirim itu terkirim dan dibaca jam berapa? Tenang, kita bisa mengeceknya dengan melihat detail pesan yang kita kirim di WhatsApp. Di situ akan terlihat detail waktu kapan pesan terkirim dan kapan pesan dibaca oleh lawan chat kita.

Detail Pesan

Caranya dengan tekan pesan yang dimaksud lalu tahan sampai keluar menu di atas. Kemudian pilih icon “I” atau info. Maka kita akan dapat melihat detail pesan.

5. Mute a Conversation / Membisukan Percakapan

Pusing banyak notifikasi yang masuk terus menerus? Biasanya ini terjadi pada chat di group WhatsApp, di mana ada banyak orang yang chatting di sana. Terlebih lagi kalau kita bergabung dengan banyak group tentu ini bisa mengganggu ketenangan kita.

Mungkin keluar dari group adalah solusinya, namun tentu kita merasa tidak enak hati apabila keluar dari group karena banyak kenalan. Jadi, solusi terbaik untuk masalah ini adalah men-silent-kan group tersebut. Jadi, kita tidak akan menerima notifikasi apabila ada chat group masuk, namun kita tetap ada di dalam group dan bisa membaca chat kok, hanya notifikasinya saja yang dihilangkan agar tidak mengganggu.

Mute a Conversation

Caranya (berlaku juga untuk chat pribadi) :

  • Masuk ke profil kontak atau profil group di WhatsApp yang dimaksud
  • Aktifkan menu Mute
  • Pilih waktu Mute : 8 Hours1 Week, atau 1 Year
  • Hilangkan centang pada pilihan Show notifications
  • Klik OK

6. Menyembunyikan status Last Seen

Fungsi ini adalah untuk menyembunyikan status online kita dan status kapan kita terakhir online. Caranya adalah dengan masuk Settings > Account Privacy > Last Seen. Kita dapat memilih untuk siapa saja status last seen di sembunyikan. Apabila untuk semua contact maka pilih Everyone.

7. Mematikan fitur read receipts

Kalau fungsi ini agar orang lain tidak mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Namun, efeknya kita juga tidak bisa tahu apakah pesan kita sudah dibaca orang lain atau belum. Jadi, kita dan orang lain sama-sama tidak mendapatkan read receipts. Untuk mematikan fitur ini dengan masuk Settings > Account > Privacy dan hilangkan centang pada Read Receipts.

Mematikan fitur read receipts

8. Mematikan Auto Download Foto dan Video

Di WhatsApp apabila ada foto atau video maka otomatis file tersebut akan terdownload dan ter-save di smartphone kita. Tentu lama-lama ini akan menghabiskan kuota kita, apalagi kalau di chat group, jelas bakal banyak yang share foto maupun video.

Untuk mengatasinya kita bisa mengatur agar WhatsApp tidak mendownloadnya secara otomatis. Caranya dengan masuk Settings > Data usage > Media auto-download

Mematikan Auto Download Foto dan Video

Ada tiga keadaan yang bisa dipilih : when using mobile datawhen connected on Wi-Fi, dan When roaming. Kalau ingin menghemat kuota cukup setting yang when using mobile data saja. Lalu hilangkan semua centang pada media (photos, audio, videos, dan documents)

9. Login WhatsApp di Komputer / Notebook

Kita bisa login WhatsApp di komputer apabila kita terlalu sibuk untuk memegang smartphone. Sehingga kita bisa chatting di notebook / PC. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke https://web.whatsapp.com/ di browser notebook / PC
  • Maka akan muncul QR code (barcode) pada halaman web
  • Pada WhatsApp di smartphone, masuk menu lalu pilih WhatsApp Web
  • Klik tanda + (plus) di pojok kanan atas
  • Lalu setelah itu scan QR code (barcode) yang ada di browser notebook / PC
  • Otomatis kita akan login ke akun WhatsApp di notebook

Login WhatsApp di Komputer atau Notebook

10. Merubah Notifikasi

Selama ini notifikasi pesan yang masuk di Whatsapp akan terdengar sama. Kita bisa merubah notifikasi pesan masuk pada kontak tertentu untuk membedakannya. Caranya cukup mudah dengan masuk View Contact > Custom Notifications.

Merubah Notifikasi

Baca juga : OG Whatsapp Apk [OG WA] Versi Terbaru 2021

11. Menyimpan Percakapan

Ada percakapan yang kita angap penting dan perlu di back-up? Maka kita bisa melakukannya dengan menyimpan percakapan tersebut sebagai email, sehingga percakapan dapat tersimpan dengan baik.

Untuk melakukannya dengan cara masuk ke percakapan yang dimaksud lalu masuk Menu (simbol titik tiga) > More Email Chat.

Menyimpan Percakapan

Maka akan muncul dua pilihan : Without Media (hanya teks saja) dan Attach Media (semua media foto, video ikut tersimpan).

Selesai sudah pembahasan tentang 11 Fitur WhatsApp yang Mungkin Belum Kamu Tahu. Semoga kesebelas fitur di atas dapat membantu memaksimalkan penggunaan Aplikasi Whatsapp dalam keseharian Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.