Tutorial Download Net Framework 3.5

Net Framework 3.5 merupakan microsoft yang sering dibaca dengan Microsoft Dot Net Framework.  Aplikasi ini sebenarnya sudah terinstal pada PC dengan sistem Windows namun tak jarang belum terupdate. Pengguna yang memakai Windows 10 biasa menginstal aplikasi ini dengan download Net Framework 3.5 pada PC mereka.

Mengenal Net Framework 3.5

Net Framework merupakan software yang digunakan pada sistem OS Microsoft Windows. Bisa dibilang software ini berfungsi untuk memudahkan pengembangan dan eksekusi berbagai macam pemrograman dan kumpulan library. Hal ini dilakukan agar dapat bekerja sama dalam menjalankan aplikasi berbasis windows.

Jika aplikasi ini telah terinstal maka akan muncul notifikasi pembaruan software untuk versi lama ke versi terbaru. Ada beberapa manfaat dari Net Framework ini yang bisa kamu simak sebagai berikut :

  1. Beberapa aplikasi komersial perlu dukungan dari Net Framework agar bisa berfungsi dengan baik. Beberapa diantaranya seperti Microsoft Security Essentials, Streamload, PayPal hingga Intuit QuickBooks.
  2. Meningkatkan instalasi aplikasi sehingga bisa terpasang lebih cepat dan mudah
  3. Memudahkan dalam hal update misalnya saja dalam pembaharuan windows bisa dilakukan secara otomatis

Net Framework memiliki dua komponen yakni CLR dan Net Framework Class Library. CLR menyediakan penampilan dari application virtual machine sehingga programmer tidak perlu mengetahui kemampuan CPU dalam menjalankan program. CLR ini juga mampu menunjang keamanan hingga pengaturan memori. Sementara Net Framework Class Library mengcover area kriptografi hingga algoritma numerik.

Baca Juga: VPN SR Pro Apk Terbaru – Fitur dan Cara Unduh

Cara Download Net Framework 3.5

Cara download Net Framework 3.5 sebenarnya bisa dilakukan secara offline. Biarpun begitu sebaiknya pastikan dahulu apakah software ini telah terpasang pada PC kamu atau belum. Untuk memastikannya kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama-tama masuk ke control panel dengan menekan Win+R secara bersamaan atau ketik Ketiklah appwiz.cpl pada tampilan Run kemudian enter
  • Setelah muncul jendela control panel pilih program kemudian pilih turn windows features on or off
  • Pada jendela Windows Features, kamu akan menemukan kotak tanda checkbox dengan warna hitam pada tulisan .NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0). Bila berwarna hitam maka menandakan fitur .Net Framework sudah berhasil diaktifkan

Untuk dapat menginstal aplikasi ini kamu perlu mendapatkan file ISO-nya terlebih dahulu. ISO windows 10 bisa dalam bentuk flashdisk yang di bootable maupun DVD installer. Jika kamu tak memiliki file ISO yang dimaksud maka bisa menginstal dengan mengikuti langkah dibawah ini:

Baca Juga: Cara Unduh Aplikasi Streaming FUN LIVE 2.3.1 APK

  • Langkah pertama ialah masuk ke media installer windows 10. Bila kamu memiliki file ISO maka skip saja langkah pertama ini.
  • Pilih mount file ISO windows dengan klik kanan kemudian pilih mount.
  • Lokasi file mount biasanya berada di drive D namun kadang berada di drive yang lain. Biarpun begitu masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Lokasi untuk mengaktifkan Net Framework 3.5 biasanya berada di folder sources > sxs dengan nama microsoft-windows-netfx3-ondemand-package.
  • Jika langkah diatas sudah dilalui lanjutkan dengan membuka Command Prompt sebagai admin dengan cara klik kanan command prompt kemudian pilih run as administrator.
  • Copas perintah yang ada di bawah ini namun ganti huruf X dengan lokasi drivenya. Jika lokasinya berada di drive D maka huruf X diganti dengan huruf D kemudian enter. Tunggu sekitar 3 menit hingga progressnya mencapai 100 %.

Tutorial Download Net Framework 3.5

  • Selanjutnya akan muncul notifikasi dengan tulisan the operation completed successfully yang menandakan Net Framework 3.5 sudah diaktifkan atau terinstal.