Cermati, Inilah Perbedaan Block RX King Y1 dan Y4

Perbedaan Block RX King Y1 dan Y4 ini tidak terlalu mencolok, sehingga perlu kecermatan jika ingin mengetahuinya.

Cermati, Inilah Perbedaan Block RX King Y1 dan Y4Pexel

Sebagai penggemar motor tua pasti Anda mengira jika Block RX King Y1 dan Y4 tidak ada bedanya. Padahal kalau Anda ingin mengetahuinya, ada perbedaan Block RX king Y1 dan Y4 yang memang pada dasarnya tidak terlalu mencolok. Bahkan apabila Anda tidak cermat, dua jenis Block mesin ini tampak sama dan nyaris tanpa ada bedanya.

Namun dari segi perfoma, Block mesin Y1 jauh lebih unggul dari Block mesin Y4. Nah jika Anda ingin mengetahui apa saja sih perbedaannya, simak saja ulasan berikut ini. Siapa tahu, dengan begitu Anda bisa mengetahui perbedaannya secara detail.

Perbedaan Block RX King Y1 dan Y4 yang Belum Anda Ketahui

Perbedaan Block RX King Y1 dan Y4 sangatlah banyak. Salah satunya yakni tahun pembuatan. Block mesin Y1 dibuat pada tahun 1991, sedangkan untuk Y4 dibuat pada tahun yang lebih muda, sekitaran tahun 1994. Block RX King Y1 dan Y4 ini merupakan keluaran RX king Cobra.

Selain dari tahun pembuatan, berikut ini adalah lagi perbedaan di antara Block Y1 dan Y4. Mau tahu apa saja? Berikut ini perbedaan di antara keduanya:

1. Permukaan Mesinnya

Perbedaan Block RX king Y1 dan Y4 yang pertama adalah permukaan mesinnya. Permukaan di antara kedua Block ini berbeda andai Anda mau mengamati secara teliti. Permukaan mesin pada Y1 lebih cenderung halus dan tampak lebih mengkilap. Lalu untuk Y4, permukaan mesinnya memiliki tekstur yang lebih kasar, hal itu bisa Anda ketahui dari merabanya.

2. Kualitas Material Penyusunnya

Sedangkan perbedaan yang kedua ini menyangkut material penyusunnya. Selama ini, Anda pasti mengira bahwa material penyusunnya sama. Nyatanya, material penyusunnya pun juga berbeda. Material Block Y1 ini terbuat dari baja yang sangat berkualitas.

Baja yang berkualitas ini mempunyai fungsi istimewa, sehingga mesin tidak mudah panas dan akan menjadi lebih awet. Keunggulan yang satu ini hanya akan Anda temukan di seri Y1, dan tidak akan Anda temukan pada seri RX king lainnya.

Sedangkan material pada seri Y4 ini memiliki material yang kualitasnya tidak terlalu unggul. Sehingga jika ingin membandingkan, tentunya Y1 lebih berkualitas dari Y4.

3. Tulisan Timbul pada Mesinnya

Perbedaan Block RX king Y1 dan Y4 yang ketiga ini terletak pada tulisan timbul yang ada di tubuh mesinnya. Bagaimana sih cara melihat perbedaannya? Anda lihat saja tulisan timbul yang ada di bagian kiri bawah. Dari situ, nantinya Anda akan menemukan 4 macam tulisan yaitu Y1, Y2, Y3, dan Y4. Tulisan itu merupakan kode generasi mesin.

Dari tulisan timbul itu juga Anda bisa mengetahui apakah mesin itu asli atau palsu. Misalnya, ketika Anda hendak membeli Block mesin Y1, Anda lihat mesinnya, jika ada kode Y1 di bagian bawah kirinya, maka mesin berarti asli.

Demikian pula ketika Anda hendak membeli Y4. Carilah kode atau tulisan 29N di bagian kiri bawahnya. Jika ada, pasti mesin itu asli. Karena keaslian mesin ditandai dengan tulisan 29N. Jika mesin itu asli, maka tentunya kualitasnya tidak bisa diragukan lagi.

Namun apabila Anda menemukan tulisan 29N, tetapi tidak ada kode Y apa pun, jangan terburu-buru menganggap mesin tersebut palsu. Bisa saja Block mesin tersebut merupakan onderdil motor RX King yang dibuat pada tahun 1980 sampai 1982.

Perbedaan Block RX king Y1 dan Y4 bukan menjadi ajang perbandingan kualitas mesinnya. Keduanya itu hanya menandakan generasi mesin yang berbeda-beda. Jadi Anda seharusnya menjadikan perbedaan ini sebagai pengetahuan saja.

 

Cek dan Baca Artikel Lainnya di Google News 

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini