Berikut penyebab injektor tidak keluar bensin

Perlu Waspada, Inilah Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin

Kerusakan Motor disebabkan oleh banyak hal, salah satunya injektor tidak keluar bensin. Inilah beberapa penyebab injektor tidak keluar bensin.

Perlu Waspada, Inilah Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin

Banyak sekali penyebab injektor tidak keluar bensin yang kerap menjadi kendala pengendara motor. Mulai dari komponen injektornya hingga penggunaan bahan bakar yang mungkin tidak sesuai. Agar dapat terhindar dari hal itu, sebaiknya lakukanlah pemeriksaan secara menyeluruh. Hingga penyebab itu diketahui atau ditemukan.

Kerusakan yang tidak diketahui akan merembet sampai ke mesin. Apabila itu terjadi, maka bisa menyebabkan mesin motor mati total. Alangkah baiknya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, Anda perlu mencari tahu penyebab mengapa injektor tidak bisa keluar bensin.

Inilah Beberapa Penyebab Injektor Tidak Keluar Bensin

Memang pada dasarnya jika ingin mengetahui penyebab injektor tidak keluar bensin, Anda melakukan pengecekan secara menyeluruh. Hanya dengan cara itulah Anda bisa mengetahui apa saja penyebabnya. Namun tahu kah Anda, ada penyebab umum yang Anda bisa tahu tanpa mengeceknya terlebih. Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya

1. Kualitas Bahan Bakar yang Digunakan

Bahan bakar yang digunakan motor merupakan salah satu penyebab utama apabila terjadi hal demikian. Kualitas bahan bakar yang begitu rendah menimbulkan pengendapan dalam tangki. Sehingga endapan-endapan yang kian menumpuk tersebut akan menutupi saluran injektor hingga membuat aliran bensin mampet.

Hal-hal sepele yang jarang diperhatikan ini perlu dibuang-buang dalam mindset pemikiran Anda. Selain itu juga, jangan lupa perhatikan kebersihan tangki motor. Bisa saja, bukan hanya pengendapan saja, tetapi juga kotoran-kotoran yang menumpuk. 

Bagaimana jika endapan itu sudah ada atau bahkan sudah mengkerak di tangki? Bawa saja ke bengkel jika Anda tidak mengetahui cara menghilangkannya. Karena apa, takutnya endapan tersebut dapat menyumbat filter. Jika hal itu dibiarkan, lama kelamaan akan mengakibatkan pompa bahan bakar bisa jebol.

2. Selang Penghubung Bocor

Ada selang penghubung yang menghubungkan tangki dengan Injektor. Selang ini berfungsi sebagai sistem penyaluran bensin. Selang ini merupakan komponen penting antara tangki dan injektor. Jangan sampai selang ini bocor. Jika sudah bocor, maka menjadi salah satu penyebab injektor tidak keluar bensin.

Kebocoran selang mengakibatkan aliran bensin tidak sempurna, bahkan bisa saja hingga bensin tidak dapat keluar sama sekali karena selang penghubungnya bocor. Masalah itu pun sudah menginjak ke masalah serius. 

Untuk memastikan hal ini berarti Anda harus menelusuri salurannya dari ujung ke ujung. Caranya pun cukup mudah yakni dengan mendeteksi bagian mana saja yang menjadi tempat bensin menetes. 

3. Rusaknya Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump)

Penyebab injector tidak keluar bensin ketiga yakni rusaknya pompa bahan bakar. Pompa bahan bakar ini berfungsi untuk mengalirkan bensin dari tangki ke injector. Apabila pompa bahan bakar rusak, otomatis tekanan pompa akan menurun dan aliran bensin akan tersendat.

Mengenai pompa bahan bakar, ada beragam kerusakan yang biasa terjadi pada pompa bahan bakar. Kerusakan-kerusakan semacam itu dapat Anda ketahui melalui pengecekan secara detail. Namun, kerusakan yang paling sering terjadi terletak pada filter yang tersumbat.

4. Kerusakan pada Selenoid dan pada ECU

Sedangkan penyebab yang keempat ini berkaitan dengan Selenoid dan ECU. Selenoid merupakan komponen yang berfungsi mengatur terbuka dan tertutupnya saluran injeksi. Solenoid itu berbahan dari kawat dan dialiri listrik, bahkan dapat berubah menjadi medan mangnet.

Ketika selenoid terbuka maka bensin dapat mengalir dengan leluasa ke ruang bakar hingga mesin motor dapat dijalankan. Karena berbahan kawat, maka selenoid merupakan komponen yang sangat rawan. Jika selenoid rusak, maka medan magnet tidak akan berfungsi lagi dan katup injeksi gagal terbuka.

Sedangkan ECU merupakan otak dari segala system di injektor. ECU sendiri berfungsi mengatur perubahan dari selenoid menjadi magnet yang nantinya berfungsi untuk membuka atau menutup katup injeksi.

Dari ketiga penyebab injektor tidak bisa keluar bensin tersebut, Anda sudah dapat mengetahui sebagian penyebabnya. Sehingga Anda bisa mengantisipasi atau mempersiapkan dana untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang menyebabkan injektor tidak dapat mengeluarkan bensin. Atau malah, Anda bisa memperbaikinya sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini