15 Peluang Usaha Cocok Sekitar Kampus yang Menguntungkan

Ada banyak peluang usaha cocok sekitar kampus yang bisa Anda coba. Mayoritas laris sehingga bikin cepat kaya.

Anda dapat menjalankan bisnis yang berhubungan dengan makanan, jasa, hingga hal-hal yang berhubungan dengan akademik.

Pada kesempatan ini, kami akan membuat daftar usahanya. Jadi, selamat menyimak.

Jualan makanan yang laku di kampus

Salah satu bisnis yang paling banyak peminatnya di kampus adalah makanan. Hal ini wajar mengingat para mahasiswa umumnya adalah pendatang yang jauh dari orang tua. Mereka tidak memasak sendiri sehingga membutuhkan makanan untuk makan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa pilihan menu yang dapat Anda jual:

1. Menu masakan rumahan

Masakan rumahan merupakan menu yang paling banyak dicari oleh mahasiswa. Selain mengenyangkan, menu ini juga dinilai cocok dengan lidah para mahasiswa karena rasanya yang seperti masakan ibu di rumah.

Jualan makanan yang laku di kampus - menu masakan rumahan

Sumber foto: Freepik.com

Silakan sesuaikan menunya dengan jam buka warung Anda. Kalau buka pagi, maka menunya boleh pecel, nasi rames, atau yang lainnya.

Jelang siang, menu bakso dan mi ayam biasanya menjadi pilihan para mahasiswa. Selanjutnya, lalapan dengan aneka sambal hingga nasi goreng sangat cocok disajikan sebagai menu makan malam.

Silakan pilih salah satu menu yang Anda kuasai kemudian juallah di sekitar kampus.

2. Warung kopi atau tempat nongkrong

Selain menu makanan utama, mahasiswa biasanya juga butuh tempat untuk nongkrong. Sekedar untuk berkumpul atau berdiskusi mengenai tugas mereka.

Untuk itu, akan sangat menguntungkan bila Anda dapat membuat warung kopi atau warung dengan konsep tongkrongan. Selain kopi, sediakan juga menu seperti roti bakar, nasi kucing, atau semacamnya.

3. Camilan atau jajanan

Selesai belajar atau saat pulang kampus, para mahasiswa kadang merasa lapar. Tak heran bila banyak yang mencari menu pengganjal perut seperti cilok, pempek, frozen food, hingga gorengan.

Yang perlu Anda perhatikan dalam membuka usaha dekat kampus adalah harga makanannya. Kalau bisa, tetapkan harga yang murah atau kompetitif.

Peluang usaha di lingkungan kampus – jualan jasa

Selain makanan, berikut ini adalah beberapa pilihan peluang usaha cocok sekitar kampus yang dapat Anda coba:

4. Bikin rumah kos

Salah satu usaha yang paling moncer di sekitar kampus adalah kos. Hal ini karena setiap pendatang pasti butuh tempat tinggal sementara selama menempuh pendidikan.

Anda dapat membuat kos-kosan yang dekat sekali dengan kampus atau agak jauh. Tarifnya memang berbeda. Tapi yang jelas keduanya bisa sama-sama menguntungkan asalkan Anda tahu cara mengelolanya dengan baik.

Agar laris, Anda perlu membuat kos tersebut nyaman, fasilitasnya lengkap, dan aman buat seluruh penghuninya. Jangan lupa sediakan lahan parkir yang luas bila mayoritas penghuninya menggunakan kendaraan.

5. Jasa fotokopi dan penjilidan

Fotokopi dan penjilidan juga menjadi salah satu bisnis jasa yang sangat cocok dijalankan dekat kampus. Meskipun persaingannya cukup ketat, toh usaha ini tetap akan laku.

Peluang usaha di lingkungan kampus – jualan jasa - fotokopi

Sumber foto: Freepik.com

Hal ini karena setiap mahasiswa pasti butuh fotokopi. Misalnya saat tahun ajaran baru, mereka butuh memfotokopi beberapa part dari buku ajar. Selain itu, saat sedang musimnya tugas atau makalah, mereka pun butuh memfotokopi materi yang akan dipresentasikan.

Tidak berhenti di situ, saat tugas akhir, mereka juga butuh menjilid skripsi atau tugas akhirnya.

Itulah mengapa bisnis ini sangat laris di sekitar kampus dan berpotensi untuk laku setiap hari.

6. Warnet dan percetakan (print)

Meski sudah banyak kos yang menyediakan fasilitas Wifi sehingga anak kampus dapat berselancar menggunakan perangkat mereka di kos, tapi faktanya warnet tetap menjadi pilihan sebagian mahasiswa.

Khususnya buat mereka yang tidak punya koneksi Wifi di kosnya atau memang lebih nyaman berselancar lewat warnet.

Terlebih lagi, jika Anda mau menyediakan jasa print atau cetak file, maka potensi untuk mendapatkan pelanggan akan terbuka lebih lebar.

Hal ini karena kebanyakan mahasiswa mengunduh jurnal untuk dicetak kemudian dipakai untuk belajar. Selain itu, mereka kadang juga butuh print makalah saat ada tugas.

7. Laundry

Usaha cocok sekitar kampus berikutnya adalah jasa laundry. Tidak semua anak kampus yang datang ke kota pendidikan sudah mandiri. Kadang di antara mereka ada yang tidak terbiasa mencuci sehingga membutuhkan jasa laundry.

Terlebih untuk kota pendidikan yang memang sering hujan seperti Bandung, Malang, dan Bogor. Di kota seperti ini, sering kali cucian yang masih di jemuran harus basah lagi karena pemiliknya masih berada di kampus. Itulah mengapa jasa laundry sangat laris saat musim hujan.

Salah satu kunci keberhasilan bisnis ini adalah harga kiloannya. Karena pangsa pasarnya mahasiswa, sebaiknya jangan patok harga terlalu tinggi.

8. Jasa pembuatan tugas akhir

Anda punya hobi menulis atau punya IQ yang lebih. Manfaatkan dengan membantu teman membuat tugas akhir. Siapa tahu, Anda akan memperoleh banyak klien dengan memberikan konsultasi bertarif.

9. Jasa pengolahan data

Selain pembuatan tugas akhir secara menyeluruh, coba buka jasa khusus untuk mengolah data. Sebagian besar mahasiswa bidang sosial merasa kesulitan menyelesaikan pengolahan data yang erat kaitannya dengan ilmu statistika.

Untuk itu, silakan buka bisnis ini jika punya skill yang andal di bidang tersebut. Upah jasanya mahal dan persaingannya tidak terlalu ketat.

Peluang usaha cocok sekitar kampus – jualan barang

Selain makanan dan jasa, berikut ini adalah beberapa barang yang cepat laku di dekat kampus:

10. Alat tulis kantor

Peralatan tulis menulis merupakan kebutuhan dasar bagi setiap pendidik maupun muridnya. Tak terkecuali mahasiswa. Jadi, jangan ragu untuk membuka toko khusus alat tulis dan lengkapi produknya.

11. Pakaian

Pakaian menjadi item fashion yang penting buat anak kampus. Selain butuh baju untuk sehari-hari, mereka juga butuh pakaian untuk ngampus dan hangout.

Peluang usaha cocok sekitar kampus – jualan barang - pakaian

Sumber foto: Freepik.com

Perlu diingat bahwa Anda sebaiknya menjual pakaian yang harganya miring dan dapat dijangkau oleh kantong mahasiswa.

12. Sepatu dan sandal

Selain pakaian, sepatu dan sandal juga menjadi kebutuhan dasar. Kebutuhannya memang tidak selaris pakaian tapi tetap potensial.

13. Jilbab

Kini, sebagian besar mahasiswi memakai jilbab ke kampus. Selain karena hal tersebut merupakan kewajiban wanita muslimah, hijab juga menjadi item fashion yang tidak pernah ditinggal.

Anda dapat menjual berbagai model hijab terkini dengan harga yang miring dan kualitas yang menyesuaikan. Pastikan lokasinya dekat dengan kampus dan mudah diakses.

14. Pulsa

Pulsa dan kuota internet menjadi kebutuhan yang mendasar untuk berkomunikasi, baik dengan teman maupun dengan keluarga di rumah. Silakan buka toko pulsa dan kuota internet di sekitar kampus. Anda bisa mengombinasikan bisnisnya dengan depo air minum isi ulang agar omsetnya lebih besar.

15. Jual laptop dan jasa servisnya

Salah satu perangkat yang pasti dibutuhkan oleh mahasiswa adalah laptop. Item ini penting untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. Maka dari itu, cobalah buka toko laptop beserta aksesorinya.

Agar lebih laris, sediakan juga jasa untuk servis laptop. Dengan begitu, para pelanggan akan semakin mengenal Anda sebagai tempat jualan laptop yang lengkap.

Masih banyak peluang usaha cocok sekitar kampus yang dapat Anda kembangkan. Yang terpenting, temukan lokasi yang strategis agar usaha Anda mudah diakses dan diingat orang.