Peluang Bisnis Noken Papua, Menjanjikan dan Diakui UNESCO

Peluang bisnis noken Papua begitu menjanjikan. Produk yang sudah diakui UNESCO ini berpotensi dapat mengembangkan ekonomi di wilayah Papua.

Salah satu alasan mengapa potensinya sangat besar adalah karena produknya diakui sebagai hasil karya warisan budaya oleh UNESCO. Sudah pasti, produk ini unik dan tidak ada tandingannya.

Terlebih, peminatnya sangat banyak. Khususnya para wisatawan yang datang ke wilayah Indonesia Timur.

Apabila Anda mau mencoba bisnis ini, kami akan memberikan beberapa ulasan tentang analisa bisnisnya. Selamat menyimak sampai selesai.

Peluang bisnis noken Papua dan potensi perkembangannya

Noken merupakan salah satu produk tas rajut asli Papua yang cara pembuatannya sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Produk ini ramah lingkungan karena pembuatannya memakai bahan alami berupa kulit kayu.

Peluang bisnis noken Papua dan potensi perkembangannya

Sumber foto: pinterest.co.uk

Selain unik, Anda pun akan mendapatkan produk yang kuat karena bahannya sangat berkualitas. Di Papua, noken biasanya dipakai untuk menaruh barang-barang agar dapat dibawa dengan ringkas.

Yang menarik, sejak beberapa tahun terakhir, noken sudah disahkan sebagai warisan budaya sehingga diharapkan dapat menjadi potensi ekonomi kreatif di seluruh wilayah Papua, termasuk Papua Barat.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadikan bisnis ini sangat prospek:

  1. Persaingannya masih sangat minim karena produknya unik dan bersifat asli dari satu daerah.
  2. Pangsa pasarnya luas, baik dari dalam maupun luar negeri. Khususnya para wisatawan yang senang dengan kerajinan dan hal-hal kreatif.
  3. Modal yang dikeluarkan sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan budget.
  4. Pilihan bisnisnya beragam, Anda dapat menjadi salah satu pengrajin atau pebisnis yang menjualkan produk dari para pengrajinnya.
  5. Pemasarannya mudah, baik secara offline maupun online.
  6. Dapat dikombinasikan dengan penjualan produk lainnya. Misalnya, jualan oleh-oleh khas daerah. Bahkan, Anda pun dapat menjual produk semacam ini dengan membuka usaha jasa penitipan anak.
  7. Potensi perkembangan usaha dalam bentuk produk, misalnya dengan membuat kaos noken atau produk-produk lain.
  8. Harga produknya beragam, dari murah sampai mahal. Penjualannya mungkin bisa menghasilkan profit margin yang tinggi.
  9. Dapat dijalankan sebagai usaha rumahan yang tidak membutuhkan biaya sewa tempat.
  10. Produknya sudah diakui UNESCO sehingga lebih mudah menyentuh pasar luar negeri.

Selain hal-hal di atas, tentu masih banyak hal lain yang menjadikan potensi usaha ini menjanjikan. Anda akan segera tahu begitu mencobanya.

Risiko dan kendala usaha noken Papua

Yang namanya bisnis, mau besar atau kecil pasti ada kendala dan risikonya. Selain untuk menambah pengalaman dan ilmu, kendala dan tantangan ini juga akan membuat mental Anda makin terlatih.

Khusus untuk peluang bisnis noken Papua, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda waspadai:

  1. Yang mengenal produk ini dengan sangat baik adalah masyarakat Papua dan beberapa wisatawan. Artinya, pasarnya bisa dibilang khusus untuk orang-orang yang suka hal-hal kreatif.
  2. Pemasaran yang kurang akan membuat bisnisnya hancur sebab Anda perlu mengenalkan dulu produknya ke masyarakat luas.
  3. Risiko produk ditiru oleh pemalsu dan dijual dengan harga murah.
  4. Anda harus bersaing dengan produk tiruan yang harganya jauh dari harga normal.
  5. Persaingan harga antara pengrajin dan pebisnis lainnya.

Selain kendala di atas, masih mungkin ada tantangan lain selama Anda menjalankan usahanya.

Yang terpenting, Anda harus selalu siap dengan segala kondisi dan pantang menyerah dengan setiap tantangan yang datang. Terus belajar supaya dapat menemukan solusi dari setiap masalah yang ada.

Strategi dan cara menjalankan bisnis noken papua

Sebagaimana dijelaskan di atas, untuk menjalankan usaha ini, ada dua pilihan yang dapat Anda ambil.

Strategi dan cara menjalankan bisnis noken papua

Sumber foto: etsystatic.com

Pertama, jika Anda dapat membuatnya, silakan jadi pengrajin sekaligus penjual secara langsung. Kedua, apabila Anda tidak dapat membuatnya sendiri, silakan kulakan ke pengrajin dan jual produknya secara online atau offline.

Apa pun pilihan yang Anda ambil, berikut ini adalah beberapa cara supaya bisnis ini dapat berjalan dengan sukses:

Siapkan modal

Untuk memulai bisnis ini, Anda butuh modal. Baik tenaga maupun materi. Silakan siapkan modalnya sesuai dengan perhitungan anggaran yang Anda miliki, kemudian gunakan dananya secara optimal untuk mengembangkan usaha.

Tentukan harga produk

Bila produk sudah Anda kantongi, maka tentukan harganya dengan cermat. Apabila Anda membuatnya sendiri, maka perhitungan harganya bisa didasarkan pada ongkos produksi dan ongkos jasa pembuatan.

Tarif ini mungkin akan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan orang yang kulakan noken jadi ke pengrajin.

Sebab kalau ambil dari pengrajin, Anda perlu menambahkan persentase profit agar dapat menghasilkan uang dari jualan.

Anda dapat mencari tahu harga umum produknya. Untuk yang berukuran kecil, ada yang menjual di angka Rp 25.000,- sampai Rp 50.000,-. Tapi di online, harga noken di angka ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semuanya tergantung model, bahan, ongkos produksi, dan serumit apa pembuatannya.

Lakukan pemasaran secara gencar

Tidak semua orang tahu apa itu noken. Ada yang pernah melihat, tapi mungkin tidak tahu bahwa sebutannya noken. Bahkan mungkin, ada yang belum tahu keistimewaan produk ini.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan pemasaran dengan sangat gencar. Misalnya dengan sering bercerita di sosial media mengenai kelebihan tas ini, memasarkan secara offline ke tetangga atau komunitas di daerah Anda, dan memasarkannya secara online lewat marketplace.

Anda juga dapat bergabung ke komunitas pencinta produk kreatif atau membuka toko khusus untuk oleh-oleh dengan menggabungkannya dengan produk khas daerah lainnya.

Telaten dan pantang menyerah

Apa pun usaha yang Anda jalankan, lakukanlah dengan sungguh-sungguh, sabar, dan telaten. Jangan mudah menyerah karena tidak ada hasil yang mengkhianati usahanya.

Analisa bisnis noken papua, modal, pendapatan, dan BEP-nya

Analisa bisnis noken papua, modal, pendapatan, dan BEP-nya

Sumber foto: unesco.org

Agar lebih jelas mengenai kebutuhan untuk membuka bisnis ini, berikut ini kami sajikan analisa perhitungan modal, pendapatan, hingga BEP-nya:

Modal usaha tas rajut noken Papua dan biaya lainnya

Bagi pengrajin, yang paling dibutuhkan untuk membuat noken adalah alat pemintalnya. Meski produknya dapat dibuat langsung menggunakan tangan, tapi dengan pemintal pasti produknya akan lebih cepat jadi.

Namun, pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai modal yang dibutuhkan buat penjualannya langsung (berdagang). Berikut ini beberapa komponen biayanya:

  1. Uang untuk kulakan barang dianggarkan Rp 5.000.000,-.
  2. Biaya promosi dianggarkan Rp 1.000.000,-.
  3. Sewa tempat untuk lapak jualan Rp 2.500.000,-.
  4. Biaya lain-lain Rp 500.000,-.

Artinya, dengan uang Rp 9.000.000,-, Anda dapat mulai menjalankan bisnis noken Papua ini.

Pendapatan

Selanjutnya, apabila dimisalkan dengan uang Rp 5.000.000,- Anda dapat memperoleh 50 noken dengan harga masing-masing Rp 100.000,-. Kemudian Anda menetapkan harga jual dari Rp 200.000,- sampai Rp 300.000,- untuk masing-masing produknya, maka berikut ini pendapatan yang akan diperoleh:

50 x Rp 200.000,- sampai Rp 300.000,- = Rp 10.000.000,- sampai Rp 15.000.000,-.

Keuntungan jualan tas rajut noken papua dan BEP-nya

Dengan perhitungan di atas, maka modal awal akan langsung kembali dan Anda pun dapat memperoleh laba sebanyak Rp 1.000.000,- sampai Rp 6.000.000,-.

Demikian analisa peluang bisnis noken papua yang dapat kami sampaikan. Perhitungan di atas dapat berubah tergantung kondisi lapangan.