Mengenal 12 Macam Jenis Beasiswa Yang Jarang Diketahui

ANGKASA.CO.ID – Mengenal 12 Macam Jenis Beasiswa Yang Jarang Diketahui Tahukah Anda apabila di Indonesia sendiri terdapat sebanyak 12 jenis beasiswa yang ternyata jarang diketahui oleh anda semua. Beasiswa merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa melanjutkan pendidikan seseorang yang memang tidak mampu ataupun mempunyai keahlian dan kepintaran dalam bidang sekolah supaya bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih ringan atau sampai bebas biaya sepeserpun.

Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet, ada 12 macam jenis beasiswa yang jarang diketahui oleh orang banyak dimana beasiswa tersebut ditawarkan dari berbagai sumber selanjutnya untuk masalah informasi penting terkait beasiswa yang harus anda ketahui tidak hanya melalui masalah nominal dikarenakan banyak informasi yang sangat penting dan harus diketahui seperti kriteria, lokasi, masa, dan persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut dan pastinya anda pun harus lebih mengetahui tentang Ketentuan Bagaimana cara mendaftarkan diri untuk program beasiswa.

Jenis Beasiswa

Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet, di bawah ini adalah beberapa jenis beasiswa yang harus anda ketahui supaya lebih memahami terkait beasiswa itu sendiri.

Beasiswa berdasarkan cakupan

Untuk beasiswa yang berdasarkan cakupan terdapat dua macam beasiswa diantaranya adalah sebagai berikut:

Beasiswa penuh

Bukan hanya bisa menutupi biaya pendidikan beasiswa penuh juga menyediakan pendanaan untuk seluruh kebutuhan pendukung lain yang nantinya dipakai oleh si penerima beasiswa ketika mereka melakukan studi seperti diantaranya biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi, akomodasi, sampai beberapa sarana dan prasarana pendukung untuk kegiatan belajar mengajar.

Beasiswa parsial

Selanjutnya beasiswa kedua yang termasuk dalam beasiswa yang di dasarkan cakupan yaitu beasiswa parsial dimana beasiswa ini menanggung sebagian dari total biaya yang harus dikeluarkan oleh si penerima beasiswa ketika mereka melanjutkan masa studi dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Biasanya pemberi beasiswa disebut dengan istilah sponsor dan mereka yang akan menutupi biaya studi prioritas yang tidak akan ditanggung oleh si penerima beasiswa dan untuk umumnya, beasiswa parsial diberikan oleh sponsor dalam bentuk biaya kuliah ataupun akomodasi dengan bentuk short course.

Beasiswa berdasarkan pendonor

Untuk beasiswa yang didasarkan pada kategori pendonor terdapat 5 macam diantaranya adalah sebagai berikut:

Beasiswa pemerintah

Pemerintah memang sampai sekarang ini selalu memberikan beasiswa kepada siapapun yang mempunyai hak untuk menerima beasiswa itu sendiri malahan di awal tahun 2020 pemberian beasiswa sudah akan mulai dicanangkan kembali. Berbagai departemen dan lembaga pemerintahan sekarang ini sudah menyediakan beasiswa yang tidak hanya dapat diikuti oleh karyawan departemen yang ada di departemen tersebut melainkan bisa diikuti oleh siapapun. Selanjutnya untuk pemerintah yang populer mengeluarkan beasiswa di antaranya adalah beasiswa Departemen Keuangan, beasiswa Bappenas, sampai beasiswa LIPI.

Beasiswa swasta

Selanjutnya pihak swasta memang kerap memberikan beasiswa kepada siapapun yang berhak mendapatkan beasiswa di mana beasiswa tersebut disediakan oleh institusi perusahaan besar atau korporat dan kebanyakan mayoritas beasiswa ditawarkan yaitu dalam sebuah program corporate social responsibility dari perusahaan tersebut. Biasanya beasiswa yang diberikan oleh swasta hanya bertujuan untuk jenis bidang studi yang ada kaitannya dalam industri perusahaan itu sendiri.

Beasiswa internasional

Selanjutnya beasiswa yang termasuk kategori pendonor yaitu beasiswa internasional dan biasanya beasiswa ini adalah bentuk kerjasama secara eksklusif antar negara seperti Indonesia dan Singapura ataupun lainnya dan untuk mendapatkan beasiswa internasional ini biasanya didapatkan oleh orang tertentu.

Beasiswa organisasi dan yayasan

Selanjutnya organisasi komunitas ataupun Yayasan kerap memberikan beasiswa kepada anak didik seperti salah satu contoh yaitu beasiswa Yayasan orbit Hasri Ainun Habibie di mana Yayasan mereka mempunyai komitmen untuk memfasilitasi anak Indonesia yang mempunyai prestasi akan tetapi terkendala biaya agar bisa sekolah setinggi-tingginya.

Beasiswa perguruan tinggi

Bagi beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia Terkadang mereka akan memberikan kepada anak SMA yang ingin kuliah namun tersandung biaya akan tetapi mereka mempunyai skill maka biasanya ada beberapa tempat kuliah yang memberikan beasiswa untuk kuliah di tempat mereka.

Beasiswa berdasarkan bentuk pembiayaan

Selanjutnya beasiswa yang didasarkan dalam bentuk pembiayaan terdapat 5 macam diantaranya adalah sebagai berikut:

Beasiswa penghargaan

Beasiswa pertama yaitu beasiswa penghargaan dimana beasiswa ini biasanya diberikan kepada anak yang berprestasi dengan indikator mempunyai prestasi kumulatif atau rata-rata akademik yang bagus ketika mereka berada di sekolah.

Beasiswa bantuan

Biasanya beasiswa ini diberikan kepada pelajar atau mahasiswa yang tidak mampu dalam hal finansial akan tetapi mereka mempunyai prestasi akademik yang sangat bagus sehingga mereka pun bisa mendapatkan beasiswa bantuan tersebut.

Beasiswa penelitian

Selanjutnya beasiswa yang bisa didapatkan oleh seorang siswa untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi adalah beasiswa penelitian dan biasanya berasal dari universitas, perusahaan, atau lembaga pemerintah yang mempunyai proyek dalam sebuah penelitian dan mereka membutuhkan tenaga akademis yang pintar.

Beasiswa non akademik

Di zaman sekarang ini sudah banyak lembaga dan perguruan tinggi yang memberikan beasiswa non akademik Di mana biasanya beasiswa ini akan memberikan gratis kepada siswanya untuk kuliah di sebuah universitas dalam bidang olahraga dan sebagainya supaya mereka bisa mengharumkan nama universitas mereka.

Beasiswa ikatan dinas

Selanjutnya beasiswa terakhir yaitu beasiswa ikatan dinas dan untuk beasiswa ini terdapat syarat bagi si penerima Yang pastinya mengikat diri mereka untuk si sponsor. Apabila anda menyetujui beasiswa ikatan dinas maka biasanya, anda diwajibkan bekerja di instansi atau perusahaan sponsor dalam waktu yang sudah ditentukan dimana beasiswa ini bisa berdampak positif dikarenakan kalian bisa mendapatkan apa yang dicita-citakan dan bisa langsung kerja ketika selesai kuliah.