Kampung Ciptagelar Sukabumi Yang Tetap Menjaga Tradisi

ANGKASA.CO.ID РKampung Ciptagelar Sukabumi Yang Tetap Menjaga Tradisi Bagi kalian semua warga masyarakat yang ada di Jawa Barat pastinya ketika mendengar sebuah area wisata yang masih menjaga adat dan tradisi, maka pikiran anda akan tertuju dengan perkampungan suku Baduy baik baduy dalam maupun Baduy Luar. Namun tahukah kalian, apabila ada salah satu lokasi di Kabupaten Sukabumi yang ternyata masih menjaga tradisi leluhur dan adat istiadat leluhur baik dari keseharian, rumah, dan juga kebiasaan yang tetap dijaga dan dirawat sampai sekarang yaitu kampung adat ciptagelar.

Kampung ciptagelar Sukabumi adalah salah satu area wisata tradisional yang sampai sekarang ini menjadi area wisata setelah wisata Baduy yang ada di Banten yang memang masih terus menjaga tradisi tempo dulu dari leluhur mereka dan hal ini bisa kalian lihat melalui rumah yang ada ada di kampung adat ciptagelar yang dari dahulu sampai sekarang masih dijaga dan dalam kondisi yang sangat baik yaitu rumah panggung. Selanjutnya kampung tersebut menjadi kampung adat di daerah pedalaman Gunung Halimun dan Gunung Salak yang menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional gunung Halimun dan juga Gunung Salak.

Selanjutnya tempat wisata ini pun mempunyai nama yang sangat lengkap yaitu Kampung Gede Kasepuhan ciptagelar dan lokasinya sendiri dikelilingi oleh gunung yang lain sebut saja Gunung Srandil, gunung kendang, dan gunung karancang. Sehingga dipastikan apabila bagi kalian yang suka dengan wisata tradisional yang penuh historis selain pergi ke suku Baduy, kalian pun bisa berwisata ke tempat ini.

Sejarah Kampung ciptagelar Sukabumi

Seperti dikutip dari laman Wikipedia apabila kampung ciptagelar atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kampung Gede Kasepuhan ciptagelar adalah salah satu kampung adat yang berada di kampung Sukamulya desa Sirnaresmi, kecamatan Cisolok kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat yang masih mempertahankan adat istiadat leluhur seperti rumah yang masih tradisional sampai sekarang.

Di dalam sejarah tercatat apabila kampung adat ciptagelar pertama kali dibangun oleh pasukan kerajaan Sunda yang dipimpin oleh Prabu Siliwangi. Selanjutnya beberapa orang memisahkan diri dan menjadi tiga kelompok yang mengisi beberapa daerah akan tetapi saling berkaitan satu dengan yang lainnya dan salah satunya adalah Kampung Gede yang fungsinya dijadikan sebagai kesepuhan dan sampai sekarang menjadi kampung ciptagelar.

Ada beberapa bukti sejarah yang ada di lokasi tersebut dan merupakan peninggalan kuat Kerajaan Pajajaran dan berada di area Kampung Paguyangan salah satunya terdapat pohon Hanjuang atau pohon Pajajaran dan setelah itu terdapat situs yang dahulunya diyakini sebagai tempat pemujaan animisme dan dinamisme seperti situs megalitik, batu jolang, tugu Gede, batu kursi, sampai batu dakon.

Lanjutnya di daerah ini terdapat banyak kebudayaan yang masih terjaga dan tersimpan sampai sekarang dan tidak boleh diganggu gugat dan tidak terganggu unsur modernisasi sebagai penghargaan dan penghormatan kepada leluhur dimana kebudayaan tersebut yaitu daya Budi berupa Cipta Karsa dan rasa.

Bahasa kampung ciptagelar

Untuk bahasa yang digunakan oleh masyarakat kampung ciptagelar yang ada di Kabupaten Sukabumi yaitu menggunakan bahasa Sunda untuk kehidupan sehari-hari di mana bahasa tersebut menjadi bahasa leluhur bagi mereka untuk bercengkerama dengan orang lain.

Sistem agama

Selanjutnya untuk sistem religi di kampung ciptagelar bisa dipastikan beragama Islam akan tetapi masih menganut unsur animisme dan dinamisme yang masih kental sampai sekarang terutama hal ini bisa dilihat oleh para pengunjung ketika adanya upacara adat seperti masyarakat setempat masih mempercayai sifat yang magis tahayul dan lainnya.

Ritual di kampung ciptagelar

Ada beberapa ritual yang biasa dilakukan oleh masyarakat yang berada di ciptagelar Sukabumi diantaranya adalah:

  • Ritual Ngaseuk yaitu prosesi penanaman padi dan pada ritual tersebut masyarakat memohon keselamatan dan keamanan ketika menanam padi dan biasanya suka terdapat hiburan seperti wayang golek sampai pantun Buhun.
  • Ritual sapang jadian Pare yaitu sebuah ritual satu minggu setelah tumbuhnya penanaman padi maka masyarakat setempat akan memohon izin kepada sang ibu untuk ditanami padi dan juga meminta Restu leluhur dan sang pencipta supaya padi tumbuh dengan baik.
  • Ritual Salametan Pare nyiram, mapag pare beukah yaitu sebuah ritual untuk selamatan padi keluar bunga dan biasanya mereka memohon supaya padi tumbuh dengan baik dan terhindar dari hama.

Selain beberapa ritual di atas terdapat beberapa ritual lain yang biasa dilakukan oleh masyarakat yang ada di kampung ciptagelar diantaranya adalah:

  • Ritual samenan
  • Ritual mipit Pare
  • Ritual Nganyaran
  • Ritual ponggokan
  • Ritual seren taun
  • Ritual selamatan 14 bulan purnama
  • Ritual upacara Nyawen
  • Ritual selamat rasulan
  • Ritual selamatan beberes
  • Ritual sedekah Maulud dan rewah

Lokasi dan alamat kampung ciptagelar

Untuk anda semua yang belum mengetahui tentang lokasi Google Maaf kampung ciptagelar dan juga alamatnya nya, maka silakan untuk membaca penjelasannya berikut ini.

Lokasi Google Map kampung ciptagelar

Untuk kalian yang ingin berwisata ke lokasi tersebut dan tidak ingin tersesat dan sudah terbiasa menggunakan Google Map, maka silakan untuk melihat alamat Google Map berikut ini.

Alamat Kampung ciptagelar

Lokasi wisata yang masih menjaga tradisi tempo dulu dan berada di Kabupaten Sukabumi tersebut yaitu beralamatkan kan di kampung Sukamulya, desa sinar resmi, kecamatan Cisolok, kabupaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat, indonesia, kode pos 43366.

Harga tiket masuk kampung Adat ciptagelar Sukabumi

Bagi kalian yang ingin berwisata ke lokasi tersebut dan belum mengetahui Berapakah biaya atau tiket masuk ke lokasi ini maka sangatlah murah dan terjangkau yaitu kalian hanya tinggal membayar uang sekitar Rp5.000 untuk 1 orang.

Untuk harga tiket horizontal anda tinggal membayar biaya Rp20.000 untuk 1 orang dan untuk biaya vertikal anda hanya tinggal mengeluarkan uang Rp150.000 untuk 1 orang.

Jam buka kampung ciptagelar

Untuk jam operasional salah satu kampung adat yang masih Memegang teguh tradisi leluhur yang ada di Kabupaten Sukabumi ternyata buka selama 24 jam penuh dan untuk informasi lebih lanjut kalian bisa menghubungi melalui nomor berikut ini: 0813 1916 7450.

Spot wisata di kampung ciptagelar

Di bawah ini adalah beberapa kegiatan yang bisa kalian manfaatkan saat berwisata ke lokasi ini diantaranya adalah sebagai berikut.

Menikmati keindahan alam

Banyak potensi yang ada di tempat wisata tersebut yang bisa menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan baik yang berasal dari dalam negeri sampai luar negeri yaitu keindahan alam yang masih terjaga dengan rapi, pemandangan pedesaan yang masih menggunakan rumah tradisional dan juga masyarakat yang ramah kepada para wisatawan.

Berfoto selfie

Di lokasi Kampung Adat ciptagelar sudah tersedia spot wisata alam yang luar biasa dan juga perkampungan yang sangat keren yang masih mempertahankan tradisi tempo dulu dan hal ini bisa menjadi spot berfoto selfie untuk kalian sehingga jangan lupa untuk membawa kamera DSLR saat berkunjung ke tempat tersebut.

Melakukan kemah

Di lokasi tersebut para pengunjung pun yang suka melakukan camping maka bisa berkemah dan Menikmati keindahan malam hari di kampung adat ciptagelar Sukabumi yang tidak akan kalah dengan perkampungan suku Baduy yang ternyata masih ih tempo dulu.

Tips berkunjung di kampung ciptagelar

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan saat akan berwisata ke tempat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Apabila kalian ingin mengembalikan momen saat berada di lokasi ini maka bawalah kamera DSLR ataupun kamera smartphone terbaik milik kalian.
  2. Bawalah powerbank dikarenakan kalian akan sedikit kesulitan menemukan listrik di lokasi tersebut
  3. Bagi kalian yang ingin bermain air di sungai ataupun bermain di sawah maka jangan lupa untuk membawa baju salin
  4. Selalu menjaga kebersihan area wisata seperti tidak boleh membuang sampah sembarangan.
  5. Sangat dianjurkan kan untuk mengikuti peraturan adat yang ada di desa ciptagelar.
  6. Carilah pemandu yang sudah biasa memandu para wisatawan saat berkunjung di kampung ciptagelar supaya terhindar dari sesuatu hal yang tidak diharapkan.

Foto Kampung Ciptagelar Sukabumi

Di bawah ini adalah foto penampakan wisata Kampung Adat ciptagelar yang kami rangkum dari Instagram dengan tujuan supaya bisa memberikan gambaran untuk anda semua yang akan berwisata ke lokasi tersebut.

Itulah penjelasan kami tentang salah satu destinasi wisata yang masih tetap menjaga tradisi dari dulu sampai sekarang bernama Kampung ciptagelar Sukabumi yang tidak kalah dengan perkampungan suku Baduy yang ada di Banten. Semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk anda semua dan kami ucapkan selamat berwisata.