Jangan Salah! Kemasan Menarik Memikat Banyak Konsumen

Jangan Salah! Kemasan Menarik Memikat Banyak Konsumen. Tujuan utama untuk pemberian sebuah kemasan pada sebuah produk yaitu untuk melindungi dan juga mencegah kerusakan terhadap semua hal yang biasa dijual oleh industri.

Selain itu, sebuah wadah juga bisa menjadi sebuah sarana informasi dan juga marketing yang baik. Membuat sebuah desain wadah yang kreatif sehingga akan lebih menarik dan juga mudah diingat oleh para konsumen.

Di bawah ini merupakan arti dari sebuah kemasan menurut beberapa para ahli :

Kotler dan Amstrong (2012)

Menurut pendapat Kotler dan juga Amstrong, kemasan itu merupakan suatu kegiatan aktivitas yang akan selalu melibatkan berbagai desain dan produk. Jadi sebuah kemasan ini bisa berfungsi supaya produk yang ada di dalamnya bisa terlindungi.

Titik Wijayanti (2012)

Menurut pendapat Titik Wijayanti, pengertian kemasan merupakan upaya yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan. Hal ini dilakukan untuk memberikan berbagai informasi pada setiap konsumennya tentang berbagai produk yang ada di dalamnya tersebut.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka kemasan merupakan bungkus pelindung pada suatu barang atau produk yang akan dihasilkan dari sebuah kegiatan mengemas

Menurut Simamora maka ada 2 fungsi bungkus pelindung yang telah diberikan pada suatu produk, yaitu

  1. Fungsi Protektif Kemasan

Fungsi protektif ini artinya bahwa kemasan itu berfungsi sebagai sebuah pelindung ataupun keamanan produk. Pelindung dari berbagai hal yang bisa merusak produk, seperti halnya iklim, proses distribusi, dan lain sebagainya. Sebuah kemasan yang akan melindungi produk. Mencegah berbagai kerusakan dan juga risiko cacat yang bisa sangat merugikan para pembeli ataupun juga penjual.

  1. Fungsi Promosional Kemasan

Seperti yang telah disebutkan di atas, maka kemasan juga bisa berfungsi sebagai sebuah media promosi ataupun pemasaran. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat sebuah kemasan yang sangat menarik. Baik itu dari sisi sebuah desain, warna, ukuran, dan lain sebagainya.

Manfaat Kemasan dan Tujuannya

  • Physical Production yaitu pembuatan kemasan yang bertujuan untuk bisa melindungi produk atau barang. Melindungi dari suhu, getaran dan guncangan.
  • Barrier Protection yaitu pemasangan kemasan pada sebuah produk atau barang bertujuan untuk bisa melindunginya dari hambatan, oksigen uap air, debu dan yang lainnya.
  • Containment or Agglomeration yaitu pengemasan suatu barang yang bertujuan untuk berbagai pengelompokkan. Sehingga semua proses penanganan dan juga transportasi menjadi lebih sangat efisien.

Tips Membuat Sebuah Kemasan yang Menarik

  1. Membuat Desain Sebuah Kemasan yang Sangat Unik

Salah satu point yang sangat penting dalam hal membentuk sebuah kemasan yaitu dengan mendesainnya secara sangat unik, inovatif dan juga berbeda dari berbagai produk lainnya. Kemasan yang sangat unik dan efektif untuk menarik minat dan juga membuat penasaran.

  1. Desain Kemasan yang Sesuai Target Market

Sesuai pengertian kemasan tersebut maka desain kemasan yang digunakan itu hendaknya bisa disesuaikan dengan target pasar. Misalnya jika target pasar Anda itu merupakan anak-anak untuk usia 5-12 tahunan maka buatlah sebuah desain kemasan untuk anak. Begitu juga jika memang targetnya itu orang dewasa maka untuk desain juga harus bisa menyesuaikan.

  1. Membuat Kemasan dengan Berbagai Ukuran

Jika berbagai produk yang akan Anda jual tersebut merupakan sebuah produk baru, maka usahakan untuk bisa membuat sebuah kemasan dengan berbagai bentuk dan  macam ukuran. Seperti halnya small, medium dan juga large. Masyarakat itu cenderung akan selalu memilih sebuah kemasan yang paling kecil untuk sebuah produk yang baru akan dirilis.

Inilah seputar pengertian kemasan dan berbagai tips untuk membuat kemasan yang menarik. Perlu Anda ingat bahwa sebuah kemasan itu merupakan sebuah identitas perusahaan. Sehingga jika ada sebuah pembaruan kemasan maka Anda tidak terlalu jauh berbeda dengan bentuk desain yang sebelumnya.