20 Ide Bisnis Mahasiswa Modal Kecil Untung Menjanjikan

Kehidupan mahasiswa selain berkuliah identik dengan organisasi. Tapi, tidak sedikit juga yang mulai berpikir untuk hidup mandiri. Ada banyak mahasiswa yang mulai menyiapkan kehidupan setelah lulus, mulai dari bekerja sampai berbisnis kecil-kecilan.

Jika kamu salah satunya dan bingung kira-kira bisnis apa yang akan kamu tekuni untuk menghasilkan uang, kali ini Angkasa akan berbagi 20 ide bisnis mahasiswa. Ide-ide ini dipilih karena bisa dijalankan dengan modal kecil dan juga untungnya menjanjikan. Apa saja diantaranya? Yuk, cek pembahasannya berikut ini!

1. Ide Bisnis Mahasiswa Modal Kecil: Menjual Pulsa Elektrik dan Paket Kuota

ide usaha mahasiswa

Jualan pulsa elektrik dan paket kuota? Yang satu ini peluangnya lumayan, lho. Kamu tidak harus memiliki modal besar untuk mulai menjual pulsa elektrik. Bahkan bermodalkan saldo ATM saja, kamu sudah bisa mulai menjual pulsa. Selain melalui ATM, kamu juga bisa memulai menjual pulsa dengan menjadi agen isi pulsa.

Selain modal kecil, peluang untungnya juga besar. Untuk mendapat untung yang lebih besar, harganya jangan terlalu mahal agar modal cepat berputar. Selain itu, pastikan pembelimu tidak membeli pulsa dengan cara berhutang. Dari kumpulan untung yang sedikit-sedikit namun berputar cepat, semakin besar pula keuntungan yang akan kamu hasilkan.

2. Ide Bisnis Mahasiswa Modal Minim: Menjual Makanan

ide bisnis mahasiswa

Dari makanan ringan seperti snack kiloan, kue-kue basah, sampai ke paket makan siang yang bisa kamu jual untuk teman-teman kuliahmu maupun paket makanan kekinian, menjual makanan punya banyak peluang. Ide bisnis yang satu ini juga tergolong beragam. Kamu bisa memilih makanan yang cukup murah sampai ke makanan yang agak mahal.

Untuk snack kiloan, kamu bisa membeli snack kiloan di pasar, membeli timbangan dan bungkus plastik atau bungkus kertas, kemudian snacknya ditimbang, dibagi-bagi, dan dijual lagi. Kamu bisa menjual snack-snack ini ke teman-temanmu untuk cemilan teman mengerjakan tugas.

Kalau ada dapur, kamu bisa menjual nasi kotak paket makan siang lengkap dengan lauk dan sayurnya. Nasi begini biasanya cukup ampuh dijual saat makan siang. Atau kalau mau lebih kreatif lagi, kamu bisa menjual salad buah, cheese cake, atau salad sayur sehat ala-ala makanan selebgram. Dengan kemasan menarik dan menggunakan media sosial untuk promosi, usahamu akan cepat untung meskipun modal awalnya terbilang kecil.

3. Ide Bisnis Mahasiswa Modal Kecil Untung Lumayan: Jasa Event Organizer

ide bisnis mahasiswa

Ide bisnis mahasiswa yang satu ini bisa dibilang hanya bermodalkan tenaga, loh. Lho, kok bisa? Event organizer biasanya sudah dimodali klien dalam pelaksanaan kegiatan. Skill atau keterampilanlah yang paling berperan di sini. Kalau kamu sudah terbiasa berorganisasi, event organizer cukup gampang, kok.

Event organizer adalah orang atau sekelompok orang yang mengatur jalannya event atau kegiatan agar lancar dan bebas hambatan. Misal, Perusahaan X ingin mengadakan pelatihan. Nah, Perusahaan X bekerja sama dengan Event Organizer “Andalan”. EO Andalan ini nantinya akan mencarikan serta mengurus tempat menginap peserta pelatihan, transportasi, makan, hingga keperluan logistik lainnya.

Dalam mengurus semua itu, event organizer wajib memiliki skill penjadwalan, mampu membawakan acara (jika diperlukan), memiliki koneksi dengan jasa katering, hotel atau villa, koneksi dengan jasa transportasi dan lainnya. Mahasiswa yang terbiasa berorganisasi cukup pandai mengenai hal ini.

4. Ide Bisnis Mahasiswa Minim Modal, Jasa Les Privat

ide bisnis mahasiswa

Yang satu ini bisa dibilang hampir sama seperti event organizer. Kamu bisa berpartisipasi di lembaga les atau membuka jasa les privat sendiri. Variasi mata pelajaran yang kamu pilih pun beragam, mulai dari mata pelajaran sekolah sampai pelajaran di luar sekolah seperti privat biola, piano, vokal, memasak, dan lain-lain.

Jika kamu masih kurang percaya diri dengan kemampuanmu, sebelum memulai bisnis ini kamu bisa mengikuti pelajaran-pelajaran gratis yang terdapat di youtube. Karena dalam mengajar kita perlu memahami secara mendalam dan menyeluruh, saat mulai mengajar pun tetap jangan lupa untuk selalu belajar. Perhatikan kalimat-kalimat yang disampaikan pada video yang kamu pelajari dan simak tips trik agar anak-anak cepat memahami penjelasanmu.

5. Jasa Perbaikan Barang Elektronik

Tidak semua orang punya bakat memperbaiki barang elektronik. Jika kamu salah satunya, berarti kamu cukup beruntung. Membuka jasa perbaikan barang elektronik ini bisa dimulai dengan modal minim berbekal alat-alat dasar seperti seperangkat kunci dan obeng serta alat-alat khusus lainnya.

Barang elektronik yang bisa kamu perbaiki bermacam-macam. Barang-barang tersebut meliputi barang elektronik rumah tangga seperti TV, AC, bahkan kulkas, sampai ke perbaikan gadget seperti ponsel, tablet, dan laptop. Selain menyediakan jasa sendiri, kamu juga bisa ikut bekerja di konter ponsel atau di tempat perbaikan barang elektronik di kota tempatmu tinggal.

6. Ide Bisnis Mahasiswa Kekinian dan Untung Lumayan: Bisnis Fashion

Berbicara tentang bisnis pakaian atau fashion tidak ada habisnya. Ada banyak jenis bisnis fashion yang bisa kamu geluti, mulai dari bisnis thrifting (jual beli pakaian bekas impor), distro, kerudung, jam tangan, jaket, dan lain-lain. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal minim sebagai reseller atau kalau kamu memang bisa membuat brand-mu sendiri.

Jika kamu belum punya modal untuk membangun tokomu sendiri, kamu bisa menjualnya via instagram atau marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Persyaratan untuk mempunyai toko online sendiri gampang, kok. Untuk awal, kamu bisa menjadi reseller.

Untuk menjadi reseller, kita harus memperhatikan sejak awal beberapa hal penting seperti kualitas baju serta modelnya. Tujuan pertama pasti profit, bukan? Nah, pilihlah supplier pakaian yang tepat, dimana baju-bajunya memang banyak yang suka serta kualitasnya cukup bagus. Selain itu, jagalah hubungan baik dengan supplier dan pelangganmu.

7. Menjual Skincare

ide bisnis mahasiswa

Menjual skincare ataupun alat-alat kosmetik terdengar menggiurkan. Skincare bagi banyak perempuan merupakan salah satu kebutuhan sekunder yang mendekati kebutuhan primer. Tidak jarang perempuan bekerja agar bisa membeli barang-barang yang ia senangi, salah satunya skincare ini.

Untuk memulai bisnis ini, mulailah dengan mendata skincare mana yang laku di pasaran. Kemudian, daftar nama-nama skincare-nya sesuai dengan budget atau modalmu. Jangan lupa untuk memeriksa bahan-bahan skincare dan kosmetik yang akan kamu jual. Pastikan kamu menjual skincare dan kosmetik yang memang aman.

Promosikan jualanmu via media sosial. Kamu juga bisa mengutip review dari website review kosmetik seperti femaledaily review dan akun instagram official dari akun skincare resmi untuk meyakinkan konsumenmu.

8. Menjadi Penulis Lepas

ide bisnis mahasiswa

Sepertinya ini adalah salah satu pekerjaan yang paling cocok dengan mahasiswa. Sifatnya yang bebas membuatmu bisa tetap menyelesaikan tugas-tugas kuliah dan mengisi waktu senggang dengan menulis artikel. Kamu juga bisa bebas memilih topik, sesuai dengan topik yang memang kamu pahami dan kamu sukai.

Sebelum memulai menulis, ada beberapa skill yang harus kamu kuasai. Setidaknya, kamu harus tahu cara menulis, tata bahasa dasar, ejaan yang baik dan benar, serta mampu melakukan riset sebelum menulis. Kamu bisa memuat skill menulis ini di laman profil linked in dan situs freelancer untuk mendapatkan klien.

9. Bekerja sebagai Data Entry

ide bisnis mahasiswa

Senang mengetik? Hobi mengorganisir data? Mungkin data entry bisa jadi pilihan usahamu. Kamu bisa memulainya dengan membuat profil di situs freelance. Pekerjaan data entry ini bisa berupa ketikan, proses menginput data ke website tertentu, dan mentranskrip rekaman suara atau wawancara.

Salah satu kelebihan usaha ini adalah kamu bisa memilih jam kerjamu sendiri dan dibayar per project yang kamu selesaikan. Beberapa skill yang harus kamu miliki antara lain mampu menggunakan komputer serta software terkini, mampu berkomunikasi, dan mampu mengetik dengan cepat dan cermat.

10. Membuka Jasa Pengetikan

ide bisnis mahasiswa

Jasa pengetikan mirip-mirip dengan data entry. Tapi berbeda dengan data entry yang biasanya memasukkan data ke dalam sistem, jasa pengetikan adalah jasa bantuan untuk mereka yang ingin hasil ketikan cepat. Selain digunakan untuk mengetik skripsi atau tugas anak sekolah, jasa pengetikan juga berguna untuk penerbitan dan periklanan.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah minimalisir kesalahan pengetikan. Namanya jasa pengetikan, pastinya klienmu akan meminta hasil yang tidak hanya cepat, tapi juga akurat. Memiliki kemampuan mengetik yang cepat juga menambah nilai jual keterampilanmu. Jadi pastikan kemampuan mengetikmu cepat dan tepat.

11. Menyediakan Jasa Fotografi dan Videografi

ide bisnis mahasiswa

Hobi foto dan video? Bisa mengedit hasilnya? Ada kamera menganggur? Usaha yang satu ini cocok buat kamu. Jika kamu belum bisa mengedit hasilnya pun, kamu bisa mengajak temanmu yang punya kemampuan mengedit untuk mengedit hasil foto dan video.

Jasa yang satu ini bisa dipakai untuk acara pernikahan, event kantoran, konser, sunatan, foto produk, dan lainnya. Kamu bisa memulainya dengan mengumpulkan hasil fotografimu, memotret di acara tertentu, dan memuat hasilnya sebagai portofolio di website atau di laman akun instagrammu.

Selalu belajar dan tingkatkan keterampilan fotografi dan videografimu agar pelanggan juga semakin banyak. Kedepannya, usaha ini bisa kamu lanjutkan setelah lulus kuliah. Kamu juga bisa mengepost hasil karyamu di youtube atau website pribadimu.

12. Memulai Profesi sebagai Desainer Lepas

ide bisnis mahasiswa

Usaha yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki jiwa kreatif dan bakat desain. Pertama-tama, pelajari beberapa software desain dasar seperti Adobe Illustrator atau Corel Draw. Selalu upgrade skill desainmu dengan menonton teknik menggambar atau mendesain di youtube, terbuka pada hal-hal baru, dan sering melihat hasil desain yang bagus.

Kumpulkan hasil desainmu dan pajang portofoliomu ini di website pribadi. Kamu juga bisa menyatukan di pdf dan pajang hasilnya di laman profil freelancer. Orang-orang yang ingin desain baju atau poster misalnya, akan tertarik untuk menyewa jasamu jika hasil desainmu sesuai dengan selera mereka. Selain mendesain poster, baju, atau mug, kamu juga bisa mendesain pola hijab, mendesain konten untuk instagram, dan lainnya.

13. Ide Bisnis Mahasiswa Murah, Menjadi Pemandu Wisata

ide bisnis mahasiswa

Apakah kamu tinggal atau kuliah di daerah wisata seperti Jogja atau Bali? Jika iya, kamu bisa menjajal usaha ini di sela-sela waktu luang dan saat akhir pekan. Sebelum memulai, pastikan kamu menguasai bahasa asing (minimal Bahasa Inggris) dan memahami sejarah serta informasi terkait destinasi wisata yang akan kamu jelaskan.

Menambah pengetahuan tentang informasi lain juga menjadi nilai tambah. Kuasai juga bahasa lokal agar memudahkan kamu berkomunikasi dengan penduduk lokal. Kuasai info terkait makanan lokal, penginapan, dan alat transportasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan turis jika mereka ingin mencicipi makanan lokal atau mencari tempat menginap.

14. Menyediakan Jasa MUA

Profesi MUA termasuk salah satu profesi yang sangat menjanjikan. Jasa MUA dibutuhkan oleh banyak perempuan pada acara-acara penting seperti pernikahan, wisuda, pre-wedding, photoshoot, karnaval budaya, lomba, dan event formal lainnya.

Profesi ini akan lebih mudah jika kamu memang punya hobi make up. Kenapa? Karena biasanya kalau punya hobi ini, belajar make up terasa lebih menyenangkan dan juga kamu akan dengan senang hati melengkapi alat-alat make up-mu. Cobalah memulainya dengan menjadi MUA untuk orang-orang terdekatmu. Hasil make up-nya pamerkan di akun media sosialmu sebagai promosi.

Tambah juga ilmu dan skill-mu di bidang ini dengan sering menonton tutorial teknik make up. Sisihkan sebagian keuntungan untuk melengkapi alat-alat make up-mu. Jangan lupa pelajari beragam style make up seperti make up sederhana dan make up yang sedang tren. Lakukan beragam eksperimen ke diri sendiri dan jangan malu memamerkan hasilnya di media sosial.

15. Ide Bisnis Mahasiswa yang Unik: Menjadi Influencer

ide bisnis mahasiswa

Zaman sekarang, profesi-profesi yang sebelumnya tidak terpikirkan terus bermunculan. Tidak jarang anak-anak zaman sekarang pun cita-citanya beragam, sebut saja gamer profesional, youtuber, dan lainnya. Influencer adalah salah satunya. Influencer ini bisa berupa selebgram atau youtuber.

Sebetulnya, untuk menjadi seorang influencer, kamu tidak harus sangat cantik atau sangat tampan. Yang penting kamu tampil menarik dan atraktif dengan pakaian bersih, belajar cara menata feed instagram yang menarik, serta memahami pakaian apa saja yang cocok dan warnanya sesuai dengan warna kulitmu. Sisanya adalah kuasai pengetahuan yang akan kamu fokuskan saat menjadi influencer.

Kamu bisa memulai tutorial tentang hal-hal yang memang kamu senangi. Misalnya, kamu senang memasak, kamu bisa berbagi foto masakanmu dan resepnya. Atau kamu bisa membuat video cara memasaknya dan membagikannya di laman youtube. Ada banyak sekali peluang karena banyak bidang yang tersedia. Ada bidang game untuk kamu yang senang bermain game, fashion, masakan, make up, sampai ke kesehatan dan juga komedi.

Ubah akun personalmu menjadi akun bisnis, post pada jam-jam tertentu (cek jam orang-orang rutin membuka media sosial), dan sertakan bio singkat yang mudah diingat serta kontak yang bisa dihubungi.

16. Menjadi Web Designer

ide bisnis mahasiswa

Profesi yang ini tergolong ke dalam profesi yang susah-susah gampang. Kenapa? Karena ada dua hal yang harus kamu kuasai, yaitu skill programming dan juga skill desain. Hanya orang-orang yang memang menyenangi pekerjaan coding sekaligus desainlah yang akan mengambil peluang profesi ini.

Pekerjaan yang sulit berarti persaingan juga sedikit, jadi bersyukurlah kamu yang punya kemampuan mendesain web. Karena tingkat pekerjaan yang lumayan sulit, tidak heran fee mendesain sebuah website juga lumayan, lho! Pekerjaan ini cocok sekali buat kamu yang memang kuliah di bidang Teknik Informatika dan sejenisnya, meski tidak menutup kemungkinan orang dengan hobi mendesain web mengambil jurusan lain.

Selalu tingkatkan kemampuanmu dengan melihat beragam tutorial terkait web design di youtube maupun di artikel-artikel teknologi. Jangan lupa kumpulkan hasil pekerjaanmu, dokumentasikan, dan jadikan portofoliomu. Calon klienmu akan tertarik jika memang hasil pekerjaanmu bagus.

17. Ide Bisnis Mahasiswa: Menjadi Penerjemah Lepas

Punya skill bahasa yang baik? Bisa memakai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan baik dan benar? Paham penggunaan tata bahasa dan ejaan? Kalau jawabanmu “iya” untuk ketiga pertanyaan di atas, maka pekerjaan yang satu ini cocok buatmu.

Peluang penerjemah cukup besar, lho! Bidangnya juga beragam. Dari penerjemahan formal seperti hasil penelitian, buku, sampai ke penerjemahan novel dan film. Kamu juga bisa melanjutkan profesi ini setelah lulus kuliah dan mengambil sertifikasi penerjemahan setelah lulus. Untuk memulai profesi ini, kamu bisa mulai dari menerjemahkan abstrak skripsi orang terdekatmu dan menerjemahkan lepas via situs freelance.

18. Menyediakan Jasa Shoe Cleaning 

ide bisnis mahasiswa

Shoe cleaning merupakan salah satu bisnis baru yang jarang orang ketahui. Seperti jasa laundry pakaian, jasa shoe cleaning adalah jasa laundry sepatu. Tidak seperti laundry pakaian yang modalnya lumayan, usaha cuci sepatu modalnya minim dan untungnya cukup besar.

Tapi perlu kamu perhatikan, karena sepatu-sepatu yang akan kamu bersihkan bukanlah sepatu murah, kamu harus hati-hati dalam merawatnya. Ada baiknya kamu mempelajari cara merawat sepatu dan mengikuti kursus shoe cleaning. Perhatikan juga alat, bahan, dan mesin yang akan kamu perlukan.

19. Jual Beli Buku Bekas

jual beli buku bekas

Usaha satu ini bisa dimulai dengan modal ratusan ribu dan sebuah akun instagram, lho! Beberapa orang tertarik mencari buku-buku bekas dengan tema dan judul tertentu, seperti buku sejarah atau bahkan komik. Kamu bisa memulainya dengan mencari-cari buku bekas langsung dari sumbernya, dibeli, dan dijual kembali.

Akan lebih baik lagi jika kamu punya koneksi dengan komunitas-komunitas penggemar buku tertentu. Biasanya penggemar buku mencari buku-buku tertentu dan karena buku baru sudah habis, mereka mencari versi bekasnya. Selain itu, nilai tambah lain dari usaha ini adalah kamu bisa membaca buku yang akan kamu jual.

20. Blogging, Usaha Minim Modal dan Bisa Untung Banyak

ide bisnis mahasiswa

Punya hobi menulis? Profesi satu ini bisa kamu jajal, dengan menulis beragam tema yang kamu suka di blog pribadimu. Untuk domain, kamu bisa mulai dari domain gratisan dulu. Isilah blog pribadimu dengan informasi-informasi bermanfaat terkait tema yang memang kamu kuasai. Pelajari juga tips trik SEO. Jika kontenmu mulai banyak dan peminat blogmu juga banyak, kamu bisa mengajukan AdSense.

Penghasilan blogger biasanya datang dari AdSense dan dari review produk atau tempat permintaan klien. Fokus saja pada kualitas websitemu, dijamin visitor webmu pelan-pelan naik dan begitu juga dengan penghasilanmu.

Itu dia 20 ide bisnis mahasiswa yang bisa kamu mulai dari sekarang. Tidak apa jika dalam memulai masih kaku misalnya, namanya juga belajar. Yakinlah suatu saat nanti hasilnya akan bagus. Ingat bahwa saat memulai usaha sambil kuliah, proses usaha ini juga merupakan proses belajar.