10 Game Simulasi Terbaik di Android yang Menantang

Sebagai wadah game, PlayStore punya banyak pilihan game yang bisa dimainkan. Saking banyaknya, PlayStore membagi semua game tersebut ke dalam beberapa kategori, salah satunya adalah game simulasi. Nah, dalam kategori tersebut pemainnya diajak untuk berperan sebagai supir taxi, pilot, supir bus, dan masih banyak lagi.

Jadi, bisa dibilang kalau game simulasi ini lebih mengarah ke cerita yang realistis. Terdengar membosankan, tapi sebenarnya game simulasi ini sangat seru. Pasalnya, pemain akan selalu merasa penasaran dan terus menerus ingin mencapai goal tertentu.

Jika kamu tertarik dan ingin main game simulasi terbaik, berikut Angkasa punya beberapa rekomendasi gamenya untukmu. Simak baik-baik, ya.

1. Taxi Game

Taxi Game

Sesuai dengan namanya, Taxi Game memang mengajak pemain untuk menjadi seorang supir taxi. Tugasnya sudah jelas mengantar penumpang taxi untuk mencapai tujuannya. Namun semua itu tidak mudah karena banyak rintangan yang menghalangi, contohnya jalanan yang macet atau kendaraan lain yang ugal-ugalan.

Agar permainan lebih seru dan membuatmu betah, game ini juga memperbolehkan pemain untuk mengubah warna taxi sesuai dengan keinginan masing-masing. Bahkan, kamu juga boleh memilih jenis mobil taxi favoritmu. Kelebihan lainnya, environment yang disajikan cukup realistis. Untuk yang minat main game ini, bisa unduh gamenya di sini secara gratis dan bisa dimainkan secara offline.

2. Fallout Shelter

Fallout Shelter

Ingin menguji keterampilan dalam mengatur sebuah kelompok? Kalau begitu, cobalah game bernama Fallout Shelter ini. Dalam permainannya, kamu diajak untuk mendiami sebuah shelter di bawah tanah. Kamu tidak sendirian, ada penyintas lain yang juga ikut bertahan di dalam sana.

Tapi untuk bertahan hidup di bawah tanah tidaklah mudah. Pasalnya, pemain harus mengatur ketersedian makanan, minuman, listrik, dan kebutuhan primer lainnya untuk semua penghuni. Jika berhasil, kamu bisa menambahkan sarana lainnya, misalnya tempat berkomunikasi atau ruangan baru. Tertarik untuk main game ini?

3. Goat Simulator

Goat Simulator

Game simulasi yang satu ini memang sangat unik karena pemain akan mencoba menjadi seekor kambing. Tidak ada misi mengantarkan penumpang atau mengatur kebutuhan harian, Goat Simulator hanya meminta pemain untuk merusak apapun yang ditemui di setiap sudut kota.

Uniknya, hanya di game ini pemain bisa belajar bahasa kambing dan berkumpul dengan kambing-kambing lain di Goat Simulator. Cukup nyeleneh, tapi asyik dimainkan, terutama bagi kamu yang ingin main game dengan konsep yang beda dan unik.

4. Wild Panther Sim 3D

Wild Panther Sim 3D

Kalau sebelumnya kamu diajak menjadi kambing, sekarang ada game yang mau menjadikan pemainnya sebagai panther (harimau kumbang). Di awal permainan, kamu berperan sebagai panther jantan dan memiliki keluarga. Tugas pertama, pemain harus melindungi keluarganya.

Tidak mudah untuk melindungi keluarga panther karena kadang ada saja binatang buas lainnya yang ingin memangsa anak panther. Sebagai pemimpin panther, kamu harus selalu waspada. Tidak hanya itu saja, pemain juga wajib mencari bahan makanan untuk seluruh keluarga agar tidak mati kelaparan. Jika berhasil ada reward menarik yang bisa kamu dapatkan.

5. Coach Bus Simulator

Coach Bus Simulator

Jika menjadi supir taxi terlalu mudah, coba dulu game simulasi bus yang lebih menantang dari Coach Bus Simulator. Sesuai dengan namanya, game ini mengajak pemain untuk menjadi supir bus dengan berbagai rintangan. Tantangan paling mudah hanya mengantarkan penumpang dalam kota saja.

Tapi untuk tantangan tersulitnya, kamu harus menyetir bus antar kota. Jalanan menuju kota lain tidak mudah karena berliku dan kadang cuacanya cukup buruk. Agar permainan lebih seru, di sini juga ada sistem traffic light. Jadi pemain harus mengikuti aturan di jalan, ya!

6. The Sims™ Mobile

The Sims™ Mobile

Selain bisa dimainkan di PC, The Sims juga hadir untuk para pecinta game mobile. Sama seperti game di PC, The Sims™ Mobile juga meminta pemain untuk menentukan karakter yang diinginkan, bisa memilih jenis kelamin, rambut, warna kulit, pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Tugas di The Sims™ Mobile cukup simpel, kamu hanya perlu menjalani kehidupan sebagai karakter yang dibuat. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan, mulai dari bekerja, meningkatkan skill, hingga berpesta dengan para tetangga. Tapi, jangan lupa untuk makan, minum, tidur, dan ke toilet, ya.

7. SimCity BuildIt

SimCity BuildIt

Kalau The Sims kita harus bertanggung jawab untuk satu orang saja, tapi di SimCity BuildIt pemain akan berperan sebagai pemimpin kota. Ya, di sini pemain bertanggung jawab atas seluruh kota, baik dalam penentuan rules kota, hingga kesejahteraan warganya. Cukup sulit, ya?

Sebagai pemimpin kota, pemain juga dituntut untuk bisa menata kota dengan baik agar terhindar dari kemacetan dan warga merasa puas atas kinerjamu. Tapi kalau gagal melakukannya, maka kamu harus siap didemo oleh warga dan kemungkinan kotamu akan hancur!

8. Rebel Inc

Rebel Inc.

Game ini punya developer yang sama dengan game Plague Inc. Jadi, sudah bisa dipastikan kalau Rebel Inc adalah game yang sangat recommended! Dalam gamenya, pemain diminta untuk membawa perdamaian di beberapa wilayah yang diserang oleh rebellion (pemberontak). Untuk bisa mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah karena harus melawan para pemberontak yang sulit diatur.

Setelah berhasil menaklukan para pemberontak masih ada tugas lain yang harus dilakukan, yakni menyejahterakan wilayahnya. Untuk itu, diperlukan strategi yang sangat baik agar wilayah yang sudah dikuasai tidak ada pemberontak lainnya. Menantang, kan?

9. RFS – Real Flight Simulator

RFS - Real Flight Simulator

Bercita-cita ingin menerbangkan pesawat keliling dunia? Kalau begitu, kamu harus coba main game RFS – Real Flight Simulator. Sesuai dengan namanya, game ini mengklaim mampu menampilkan animasi yang realistis dan bisa membawa pemain untuk merasakan menjadi pilot sungguhan.

Tidak hanya itu saja, kontrol yang hadir di game RFS – Real Flight Simulator ini juga hampir mirip seperti kontrol yang ada di pesawat sungguhan. Menariknya, di sini juga tersedia berbagai macam pilihan pesawat. Bahkan, kamu juga bisa mendesain pesawat sesuai dengan kesukaanmu lho!

10. Motorsport Manager Mobile 3

Motorsport Manager Mobile 3

Meskipun ini adalah game berbayar, tapi kamu tidak akan kecewa untuk main Motorsport Manager Mobile 3. Dalam gamenya, pemain akan merasakan sensasi menjadi seorang manejer untuk para pembalap. Untuk bisa menyukseskan pembalapnya, kamu harus bisa menyusun strategi dengan baik.

Pertama, tentu kamu harus meng-hire seorang pembalap untuk bisa menang dalam pertandingan. Setelah itu, barulah menentukan mobil yang akan digunakan untuk balapan. Jika sudah, silakan langsung terjun ke dunia balapan.

Jangan anggap remeh setiap balapan yang ada di Motorsport Manager Mobile 3. Pasalnya, di sini punya jalur balapan yang cukup ekstrem dengan berbagai perubahan cuaca yang tak bisa diduga! Hati-hati, jangan sampai mencelakakan pembalapnya, ya.

Game simulasi bukan sebatas menyetir bus atau taxi saja. Masih ada banyak jenis game simulasi yang seru untuk mengisi waktu luang. Biasanya game simulasi menampilkan game yang lebih realistis dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Jadi, cocok untuk kamu yang suka main game simpel tapi tetap menantang.

Nah, dari sepuluh game yang sudah kami rekomendasikan sebelumnya, adakah game yang ingin kamu mainkan? Atau punya saran game simulasi yang lebih seru? Yuk, langsung bagikan di kolom komentar!