Curug Sentral Kabandungan di Sukabumi Yang Memukau

ANGKASA.CO.ID – Curug Sentral Kabandungan di Sukabumi Yang Memukau Seperti diketahui, apabila Kota Sukabumi merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat yang mempunyai luas wilayah terkecil akan tetapi menyimpan banyak sekali harta karun yaitu destinasi wisata terutama wisata alam yang sangat eksotis termasuk salah satunya air terjun dan beberapa wisata sungai. Salah satu air terjun yang sangat terkenal di Sukabumi dan menjadi area wisata murah meriah dan banyak dikunjungi oleh keluarga yaitu curug Sentral kabandungan yang mempunyai pemandangan alam yang sangat indah dan memukau.

Curug Sentral kabandungan yang berada di Sukabumi adalah salah satu area wisata air terjun yang sudah lama terkenal terutama bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Sukabumi dan juga terkenal di luar daerah Sukabumi. Area wisata yang berada tidak jauh dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango tersebut mampu menghasilkan sebuah destinasi wisata yang super keren dan pastinya bagi para pengunjung yang pernah berwisata ke lokasi ini, mereka akan menyaksikan sebuah pemandangan alam dan air terjun yang memukau.

Kota Sukabumi memang menjadi salah satu kabupaten yang bukan hanya sangat terkenal dari destinasi wisata Air Terjun akan tetapi mereka pun mempunyai wisata kuliner yang tidak kalah dengan beberapa wilayah yang ada di Jawa Barat lainnya, 10 saja di Sukabumi terkenal dengan oleh-oleh bandros, sorabi, soto mie, roti Priangan tradisional, nasi uduk Ungu, dan pastinya salah satu kue yang digemari adalah bolu pisang.

Makanan lain yang terkenal dari daerah Sukabumi yaitu bubur ayam sukabumi dan kue mochi yang mempunyai rasa dan tekstur unik di daerah tersebut sehingga apabila kalian berwisata ke kota Sukabumi, maka belum pas untuk tidak mencicipi dan membawa oleh-oleh makanan diatas.

Curug Sentral Sukabumi

Mungkin diantara kalian belum mengetahui apabila air terjun ini mempunyai beberapa nama diantaranya adalah Curug Sentral Jayanegara, selanjutnya sering juga disebut sebagai Curug Cibeureum kabandungan dan air terjun ini adalah salah satu air terjun yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dikarenakan dijadikan sebagai pembangkit listrik Sentral dan selanjutnya lokasi curug Sentral Sukabumi dijadikan sebagai destinasi wisata alam dan sampai sekarang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar Sukabumi.

Lokasi curug Sentral Sukabumi terbilang sangat unik dikarenakan berada di kaki gunung Salak akan tetapi uniknya tidak termasuk di daerah kawasan tersebut dikarenakan sedikit lebih jauh dan selanjutnya untuk menuju rute tempat wisata ini maka kalian bisa menuju ke daerah kabandungan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Spot wisata di Curug Sentral kabandungan

Ketika para wisatawan berkunjung ke lokasi ini, maka ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan yang pastinya akan memberikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang belum pernah berada di lokasi ini dan kegiatan tersebut adalah sebagai berikut.

Berfoto selfie

Keindahan alam yang disajikan di area tempat wisata ini memang sangat unik sehingga beberapa Spot yang ada di tempat ini biasa dijadikan sebagai tempat berfoto selfie, malahan banyak diantara masyarakat yang menjadikan area wisata Curug Sentral Sukabumi menjadi tempat untuk foto prewedding.

Menikmati keindahan Curug Sentral kabandungan

Curug Sentral yang ada di Sukabumi ini adalah objek wisata yang memang sangat unik dikarenakan keindahannya bisa dinikmati secara langsung dan harus anda ketahui, apabila Curug Sentral mempunyai 7 buah jeruk di dalam satu aliran sungai di mana setiap juru mempunyai nama masing-masing diantaranya adalah Curug Sentral 1 curug Sentral 2, curug Sentral 3, sampai Curug Sentral 7.

Untuk masalah jarak memang ada yang berdekatan dan juga ada yang berjauhan sehingga hal ini memberikan kesan yang sangat unik bagi wisatawan ketika mereka berkunjung ke lokasi tersebut.

Bermain air

Disaat para wisatawan berada di lokasi ini maka kalian pun bisa melakukan kegiatan bermain air seperti berenang atau memanjakan diri di tepian bibir Curug walaupun pastinya Kalian harus tetap waspada dan berhati-hati dikarenakan untuk aliran air terbilang deras dan tidak direkomendasikan bermain di bawah Curug.

Apabila kalian ingin bermain air maka hanya direkomendasikan melakukannya di Central 2 dimana di lokasi ini kalian bisa berenang karena air terjunnya tidak terlalu deras dan juga di area tersebut terdapat kolam yang bisa dipakai untuk berenang.

Lokasi dan alamat curug Sentral kabandungan

Apabila kalian belum pernah berwisata ke lokasi ini, maka jika ingin berkunjung di bawah ini adalah alamat dari tempat wisata tersebut dan untuk alamatnya sendiri adalah sebagai berikut

Lokasi Google Map Curug Sentral kabandungan

Di bawah ini adalah peta Google Map tempat wisata tersebut, yang bisa menjadi referensi ketika kalian hanya terbiasa menggunakan peta Google Map di smartphone.

Alamat Curug Sentral kabandungan

Lokasi wisata Air Terjun ini berada di kampung Pondok Beureum kecamatan kabandungan kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat dengan kode pos 43368.

Fasilitas curug Sentral Sukabumi

Selanjutnya untuk fasilitas yang ada di tempat ini terbilang lumayan mumpuni diantaranya adalah:

  • Area parkir untuk kendaraan
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat salin baju
  • Penginapan
  • Tempat makan.

Harga tiket masuk curug Sentral kabandungan

Untuk harga tiket masuk ketika kalian akan berkunjung ke lokasi wisata ini sudah tercatat di plang yang disediakan oleh pihak penyelenggara di mana untuk harga tiket maksudnya adalah sebagai berikut:

  • Harga tiket masuk Rp Rp5.000
  • Harga tiket parkir untuk kendaraan roda dua rp2000
  • Harga tiket parkir untuk kendaraan roda empat Rp10.000
  • Lahan camping termasuk mendapatkan tenda Rp. 50.000
  • Booking prewedding Rp.150.000

Foto Curug Sentral kabandungan

Bagi kalian semua yang belum pernah melihat dan ingin berkunjung ke tempat tersebut maka alangkah baiknya untuk melihat beberapa foto penampakan area wisata ini yang kami ambil dari berbagai sumber di Instagram.

Itulah penjelasan kami tentang salah satu tempat wisata air terjun yang sangat eksotis dan akan membuat mata Terpukau bernama Curug Sentral kabandungan. Semoga artikel wisata yang kami bahas pada hari ini dapat menjadi referensi untuk kalian para pecinta wisata alam.