Wisata Curug Dadali Kadupandak Cianjur Yang Eksotis

Wisata Curug Dadali Kadupandak Cianjur Yang Eksotis Salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Cianjur yang sampai sekarang ini menjadi salah satu curug yang sangat unik dan dijaga kelestariannya, malahan menjadi salah satu tempat wisata yang sangat recommended bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Cianjur di mana tempat wisata bernama Air Terjun Dadali Cianjur atau nama panjangnya curug Dadali Kadupandak Cianjur. Salah satu destinasi wisata alam yang sangat eksotis ini, dari dahulu sampai sekarang tetap diidolakan karena mempunyai pemandangan alam yang sangat luar biasa dengan air terjun yang sangat unik bagaikan surgawi yang ada di dunia dan juga terdapat beberapa Spot berfoto selfie di lokasi tersebut.

Curug Dadali Kadupandak Cianjur merupakan salah satu curug yang ada di Cianjur yang sampai sekarang ini menjadi salah satu destinasi wisata alam utama yang akan memberikan sebuah keindahan alam luar biasa yang hanya bisa anda temukan di lokasi ini, malahan Ketika anda akan berkunjung ke tempat wisata tersebut, maka anda akan terlebih dahulu berjalan mengarungi daerah ini dan ketika datang di lokasi wisata kalian pun akan melihat sekitar lokasi air terjun yang mempunyai banyak bebatuan besar yang sudah berlumut dan mempunyai rumput yang sangat indah dan pastinya menjadi salah satu tempat wisata yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

Selanjutnya Curug dadali Kadupandak berlokasi di daerah Cianjur Selatan yang mempunyai keunikan luar biasa malahan banyak yang mengatakan, apabila tempat wisata ini sangat mirip dengan Niagara yang ada di daerah Amerika Utara sehingga tidak salah jika banyak netizen yang mengunggah keindahan Curug tersebut di media sosial terutama Instagram.

Sejarah curug Dadali Cianjur

Apabila berbicara tentang sejarah keberadaan air terjun dadali yang ada di Cianjur ini, memang sangat minim informasi si dikarenakan lokasi untuk menuju ke tempat ini sampai sekarang terbilang masih terpencil akan tetapi ketika para pengunjung berada di lokasi ini perjalanan melelahkan akan tergantikan dengan pemandangan alam yang sangat sempurna.

Selanjutnya untuk aliran Curug Dadali diketahui bersumber dari sungai cibala ya itu salah satu sungai dari sungai cibuni yang bermuara di laut selatan dan selanjutnya untuk sungai cibuni diketahui mempunyai debit air yang sangat besar dan juga stabil walaupun memasuki musim kemarau sehingga Hal inilah yang menjadikan Curug Dadali menjadi salah satu air terjun permanen yang tidak pernah kekurangan air walaupun di musim kemarau yang panjang.

Air terjun Dadali Cianjur tipe blok waterfall

Apabila melihat lokasi dari Curug dadali Cianjur ini ternyata termasuk dalam klasifikasi tipe blok waterfall dikarenakan aliran sungai sibala yang cukup lebar dan mempunyai lebar dinding dari air terjun ini mencapai 50 meter dan mempunyai ketinggian sekitar 20 meter.

Curug Dadali tidak cocok untuk berenang

Dikarenakan air terjun ini ini mempunyai lokasi yang sempit, maka untuk berenang sangat tidak direkomendasikan akan tetapi lokasi ini sangat direkomendasikan menjadi surganya para pecinta fotografi terutama bagi kalian yang eksis di Instagram dikarenakan terdapat banyak sekali Spot yang bisa diabadikan untuk berfoto ataupun video.

Lokasi dan alamat curug Dadali

Untuk lokasinya sendiri, air terjun dadali Cianjur berada di Kampung Legok saat, desa Margaasih, kecamatan Kadupandak, kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat.

Jarak Curug Dadali ke kota Cianjur

Berbicara tentang jarak yang dimiliki oleh Curug Dadali jika dari arah pusat kota Cianjur yaitu kurang lebih mempunyai jarak 74 km yang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor mulai dari perjalanan dengan waktu sekitar 2 jam sampai 3 jam.

Peta Google Map Curug Dadali

Apabila anda ingin berwisata ke lokasi salah satu Curug terkenal di Cianjur Selatan ini dan tidak ingin tersesat, maka silakan untuk melihat Google Map berikut ini supaya bisa sampai ke lokasi tujuan.

Rute menuju Curug Dadali Cianjur

Yang paling mudah bagi kalian yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, yaitu menuju Terminal Sukanagara- kebun dan selanjutnya area pabrik teh kebun Pasir Nangka, situ ciasmay, kantor desa Sukasari, jalan pasirlayung. Apabila sudah dari sini anda tinggal menitipkan kendaraan di bengkel atau membawa motor sampai ke rumah terakhir melalui jalan tanah.

Selanjutnya untuk menuju rute ke area Curug Dadali Cianjur yaitu dapat ditempuh dengan mengendarai sepeda motor dan harus kalian ketahui akses menuju lokasi ini sedikit lebih sulit sehingga tidak salah masih sepi pengunjung dan apabila kalian sudah sampai di area parkir maka kalian tinggal melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki supaya bisa menuju ke lokasi Air Terjun tersebut.

Fasilitas Curug Dadali

Untuk yang bertanya terkait fasilitas yang ada di lokasi air terjun yang ini, sampai sekarang masih minim fasilitas sehingga sangat direkomendasikan untuk membawa bekal baju salin, membawa makanan dan minuman, membawa handuk, sampai peralatan mandi apabila kalian ingin mandi di lokasi tersebut.

Harga tiket masuk curug Dadali Kadupandak

Untuk harga tiket seperti dikutip dari berbagai sumber di internet, sampai bulan Juli 2020 harga tiket masih gratis dan bebas untuk siapapun yang akan berkunjung ke tempat wisata yang ada di kecamatan Kadupandak tersebut.

Spot wisata di Curug Dadali

Setelah kalian berada di lokasi ini, maka kalian bisa menikmati beberapa spot wisata baik untuk menikmati air jernih dari air terjun tersebut ataupun sekedar berfoto selfie di beberapa tempat ya memang sangat instagramable.

Air Terjun Block

Tidak bisa dipungkiri apabila Curug Dadali Kadupandak yang ada di Cianjur Selatan tersebut mempunyai pesona yang bisa dinikmati oleh para pengunjung dikarenakan Curug ini mempunyai ketinggian 20 m dengan debit air yang deras dan membentang di area dinding dengan luas 50 meter sehingga bentangan tersebut mirip tirai dan Hal inilah yang menjadikan air terjun ini termasuk air terjun blok waterfall.

Di lokasi ini kalian bisa menikmati keindahan sebuah air terjun blok waterfall yang mirip di Amerika.

Lokasi berfoto selfie

Di area curug yang ada di Cianjur ini, ternyata ada beberapa Spot yang bisa dijadikan sebagai background berfoto selfie diantaranya adalah keindahan curugnya sendiri, background dengan pemandangan batu yang sudah berlumut dan juga sudah ada tanaman yang sangat indah, menikmati dari atas untuk mengabadikan curug Dadali yang mirip burung dan sangat eksotis yang pastinya akan membuat Anda ketagihan untuk kembali berwisata ke lokasi ini.

Menikmati air yang dingin

Kesejukan dan air yang dingin yang dihasilkan oleh Curug Dadali Cianjur bisa kalian nikmati bersama keluarga tercinta dan pastinya, lelah kalian berkunjung ke lokasi ini akan terbayarkan karena tempat wisata ini menjadi salah satu lokasi wisata alam terbaik yang ada di daerah Cianjur.

Tips berkunjung ke Curug Dadali Cianjur

Ada beberapa tips yang harus kalian ketahui ketika akan berkunjung ke lokasi wisata Curug Dadali Cianjur diantaranya adalah sebagai berikut:

Mempersiapkan fisik

Ketika kalian sudah sepakat bersama keluarga ingin berkunjung ke lokasi ini, maka persiapkanlah fisik terlebih dahulu dikarenakan kalian akan melakukan tracking menuju tempat wisata ini yang mempunyai jarak lumayan jauh sehingga dengan mempersiapkan fisik, hal yang tidak akan kecapean.

Memakai sepatu bot

Gunakanlah sepatu bot ketika akan berkunjung ke lokasi curug Dadali supaya kaki aman dan jangan lupa menggunakan baju panjang maupun jaket agar bisa terhindar dari tumbuhan liar berduri yang ternyata masih ada di lokasi wisata ini.

Selalu waspada jika membawa anak

Dikarenakan lokasinya masih alami maka apabila kalian membawa anak, selalu memperhatikan mereka terutama ketika mereka bermain air.

Membawa bekal

Jangan lupa dari rumah ketika akan berkunjung ke lokasi ini untuk membawa bekal makanan dan juga baju ganti karena fasilitas masih kurang mumpuni.

Lokasi wisata dekat Curug dadali Cianjur

Selanjutnya di lokasi ini, ternyata ada beberapa tempat wisata lain yang mungkin bisa kalian kunjungi saat berada di kota Cianjur diantaranya adalah:

  • Curug citambur yang lokasinya berada di Desa Karang Jaya kecamatan pagelaran
  • Sungai cikundul yang mempunyai ciri khas arus air yang deras dan biasa dijadikan sebagai Wahana arum jeram sampai sekarang.

Foto terbaru curug Dadali Cianjur

Seperti dikutip dari berbagai sumber di Instagram, di bawah ini adalah beberapa foto keindahan Curug Dadali Cianjur yang bisa menjadi referensi visual untuk anda yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.

Kesimpulan Curug Dadali Cianjur

Apabila anda melihat dari awal sampai akhir, maka salah satu tempat wisata yang ada di Cianjur Selatan ini bisa menjadi aset untuk pemerintah Kabupaten setempat supaya lokasi wisata ini selalu diperhatikan dikarenakan sangat recommended menjadi destinasi wisata terutama bagi mereka yang suka dengan wisata alam yang masih alami dan juga Asri.