Curug Puncak Manik, Menikmati Eksotisme Dinding Batu Ciletuh

ANGKASA.CO.ID – Curug Puncak Manik, Menimati Eksotisme Dinding Batu Ciletuh Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat yang mempunyai banyak sekali destinasi wisata alam terutama air terjun yang penuh historis bersejarah dan juga dengan pemandangan alam yang luar biasa. Salah satu air terjun yang patut Anda kunjungi dikarenakan bisa memberikan eksotis keindahan sebuah air terjun yang terkenal dari dulu sampai sekarang dan pastinya dengan harga tiket murah meriah namun kalian pun bisa menikmati banyak Spot yaitu Curug Puncak manik yang lokasinya berada di area Ciletuh Sukabumi.

Curug Puncak manik adalah salah satu destinasi wisata yang lokasinya berada di area cibenda kecamatan ciemas yang memang mempunyai keunikan tersendiri dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh anda semua yang sedang bermain ke kota Sukabumi. Keindahan sebuah air terjun yang bisa dilihat oleh anda semua di lokasi tersebut, pastinya menjadi sebuah kenangan tersendiri di saat kalian berkunjung apalagi kalian bisa Menikmati eksotisme keindahan dinding batu Ciletuh yang bisa kalian lihat di lokasi ini dan pastinya tidak kalah dengan air terjun lain yang ada di Sukabumi.

Air terjun Puncak manik menjadi salah satu Curug yang memang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik yang berasal dari Sukabumi maupun luar kota Sukabumi dan menjadi salah satu air terjun terpopuler saat ini. Ketika kalian berkunjung ke daerah Ciletuh Geopark atau Geopark Ciletuh Sukabumi, maka kalian pun bisa mengunjungi lokasi ini dikarenakan masih satu daerah yaitu tepatnya berada di urutan teratas dari beberapa Curug di aliran sungai Ciletuh, sehingga ketika wisatawan berada di puncak mereka bisa menyaksikan beberapa curug yang ada ada di tempat tersebut sebut saja diantaranya Curug Tengah dan Curug Awang.

Ketinggian Curug manik hampir sama dengan Curug yang lain yang ada di area Ciletuh yaitu 100 m dan mempunyai debit air yang lumayan deras yang membentang bagaikan tirai dan selanjutnya yang paling unik di bawah air terjun utama, terdapat patahan air terjun kecil yang menjadikan lokasi ini sangat istimewa dan patut untuk kalian kunjungi.

Sejarah dan mitos Curug Puncak manik Sukabumi

Harus kalian ketahui apabila Curug ini sedikit berbeda dengan beberapa curug yang ada di Sukabumi dikarenakan terdapat dua mitos di antaranya adalah:

Sempat dikunjungi kentring manik

Banyak kepercayaan masyarakat setempat yaitu mitosnya zaman dahulu jika air terjun tersebut sempat dikunjungi oleh kentring manik yaitu istri Prabu Siliwangi dan selanjutnya air terjun Puncak manik sempat juga dipakai sebagai lokasi mandi oleh kentring manik sehingga dinamakan sebagai air terjun Puncak manik.

Lokasi menimbun harta karun

Selanjutnya mitos kedua yang populer di tengah masyarakat Sukabumi yaitu Air Terjun Curug Puncak manik dipercaya dahulunya menjadi area lokasi si untuk menimbun harta karun terutama di saat zaman kerajaan dan selanjutnya dinamakan Curug Puncak manik dikarenakan pada siang dan malam hari, di puncak air terjun tersebut sering terlihat cahaya yang berkilau seperti manik-manik sehingga banyak yang percaya jika di air terjun tersebut terdapat banyak timbunan harta karun.

Lokasi persembunyian babad Cirebon

Mitos ketiga yang tidak kalah menariknya yaitu dikatakan apabila Curug Puncak manik dahulunya adalah lokasi persembunyian para prajurit ketika terjadinya Babad Cirebon atau peran Cirebon dan banyak masyarakat yang percaya hal tersebut.

Spot wisata di Curug Puncak manik

Ketika kalian berkunjung ke lokasi ini maka ada beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk menikmati beberapa area di lokasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Berfoto selfie

Keindahan alam yang ada di daerah Curug Puncak manik memang menjadi hal yang sangat menarik sehingga tidak salah banyak foto yang diunggah oleh netizen di media sosial termasuk Instagram yang memperlihatkan keindahan lokasi wisata alam tersebut dan kalian pun bisa berfoto selfie ataupun mengambil video untuk YouTube di Curug Puncak manik.

Menikmati dinding batu

Tahukah kalian yang membuat Curug ini berbeda dengan Curug yang lain yaitu keindahan dinding batu yang sangat indah dan termasuk tertinggi di komplek Geopark Ciletuh menjadikan suasana sedikit berbeda ketika kalian berkunjung di lokasi ini di mana kalian bisa berfoto selfie ataupun sekedar melihat sebuah Curug yang mempunyai dinding batu yang sangat unik dan keren.

Berenang

Di lokasi ini bagi kalian yang ingin berenang maka diperbolehkan walaupun pastinya harus tetap menjaga diri sendiri dan menjaga lingkungan sekitar supaya ya tetap baik dan menjadi lokasi wisata yang recommended.

Lokasi dan alamat Curug Puncak manik

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke salah satu air terjun terbaik yang ada di Kota Sukabumi maka dibawah ini adalah lokasi Google Map dan alamat resmi nya.

Lokasi Google Maps Curug Puncak manik

Bagi kalian yang sudah terbiasa berkunjung ke tempat wisata dan menggunakan Google Map maka di bawah ini adalah PETA curug Puncak manik yang bisa menjadi referensi alur jalan yang akan kalian kunjungi.

Alamat Curug Puncak manik

Destinasi wisata ini berada ada di desa cibenda, kecamatan ciemas, kabupaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat dengan kode pos 43177 dan untuk informasi lebih lanjud bisa menghubungi melalui nomor telepon berikut ini: 081519143390

Harga tiket masuk Curug Puncak manik

Harga tiket masuk ke wisata ini terbilang sangat terjangkau di mana kalian hanya tinggal mengeluarkan uang untuk 1 orang yaitu Rp3.000.

Jam buka Curug Puncak manik

Untuk jam bukanya sendiri apabila kalian ingin berkunjung ke lokasi ini maka direkomendasikan pada pagi hari walaupun untuk bukanya yaitu selama 24 jam penuh dikarenakan di lokasi ini bisa menjadi area untuk kemah.

Fasilitas Curug Puncak manik

Ada beberapa fasilitas yang bisa memanjakan para pengunjung ketika berwisata ke lokasi ini diantaranya adalah:

  • Beberapa area Spot berfoto selfie
  • Penyewaan ban
  • Toilet
  • Mushola
  • Penginapan
  • Tempat makan
  • Tempat istirahat.

Foto curug Puncak manik

Dibawah ini adalah beberapa foto yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di Instagram supaya bisa menjadi gambaran saat kalian akan berwisata ke tempat tersebut.

Tips berkunjung ke Curug Puncak manik

Dikarenakan kalian harus melakukan tracking terlebih dahulu saat akan menuju ke area air terjun tersebut, maka alangkah baiknya untuk melihat beberapa tips berikut.

  1. Selalu memperhatikan kan setiap jalan yang akan kalian lalui supaya tidak terjatuh atau terpeleset
  2. Gunakanlah sepatu atau sandal gunung ketika kalian berwisata ke lokasi ini
  3. Bawalah peralatan mandi jika kalian ingin bermain air
  4. Bawalah pakaian salin Jika kalian ingin bermain di air sebagai baju ganti
  5. Membawa uang tunai dikarenakan jauh dari ATM
  6. Membawa makanan dan minuman ketika berkunjung ke lokasi ini
  7. Selalu menjaga kebersihan lokasi wisata seperti membuang sampah pada tempatnya dan dan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan di lokasi wisata.
  8. Bawalah peralatan kamera jika kalian ingin berfoto selfie ataupun membawa kamera DSLR untuk video Jika kalian ingin mengembalikan yang selanjutnya menjadi konten YouTube.

Itulah penjelasan kami tentang salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi yang penuh mitos dan misteri akan tetapi bisa dinikmati oleh anda terutama eksotisme dinding batu Ciletuh bernama Curug Puncak manik. Semoga artikel yang kami bahas pada hari ini, bisa menjadi referensi untuk kalian semua dan selamat berwisata.