Curug Cigangsa Ujung Genteng Wisata Eksotis di Sukabumi

ANGKASA.CO.ID – Curug Cigangsa Ujung Genteng Wisata Eksotis di Sukabumi Apabila kalian ingin menikmati sebuah pemandangan alam yang luar biasa terutama air terjun, apakah salah satu air terjun yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi bersama keluarga tercinta terutama jika ingin menghabiskan waktu liburan di akhir tahun ataupun liburan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, maka salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal yang patut kalian kunjungi adalah Curug cigangsa Ujung Genteng.

Curug cigangsa Ujung Genteng merupakan salah satu area wisata air terjun yang mempunyai keindahan alam yang sangat eksotis dan pastinya menjadi wisata terbaik di Sukabumi yang patut kalian kunjungi malahan kalian pun bukan hanya bisa Menikmati keindahan air terjun, akan tetapi di lokasi ini para pengunjung bisa Menikmati keindahan pemandangan alam seperti pemandangan sawah yang sangat keren dan juga pepohonan Rindang dan pastinya udara segar.

Seperti kalian ketahui apabila curug cigangsa menjadi salah satu air terjun yang ada di Kabupaten Sukabumi yang memang sangat diidolakan bagi masyarakat setempat ataupun luar daerah Sukabumi dan sudah menjadi area wisata yang terkenal dari dahulu sampai sekarang. Selanjutnya Curug ini pun mempunyai nama lain yang biasa dikenal sebagai Curug Luhur yang mempunyai keindahan alam yang eksotis.

Sejarah Curug cigangsa Sukabumi

Berbicara tentang sejarah Curug cigangsa yang ada di ujung genteng Kabupaten Sukabumi, maka tidak lepas dengan beberapa mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar di mana Curug tersebut mempunyai 3 tingkatan dan diperkirakan terbentuk dikarenakan gempa yang sangat kuat yang mengakibatkan longsor dan selanjutnya Curug tersebut mempunyai debit air kecil dikarenakan tepat di bagian Hulu di Bandung untuk keperluan irigasi masyarakat sekitar.

Walaupun begitu, curug cigangsa Sukabumi mempunyai keunikan tersendiri yaitu dinding batu berwarna kehitaman yang menjadi landasan air mengalir dan selanjutnya di lokasi ini terdapat sebuah batu dan batu ini dipercaya oleh masyarakat sekitar adanya penunggu malahan disebut sebagai batu Masigit atau batu Masjid dikarenakan mempunyai bentuk yang mirip masjid.

Mitos beredar apabila Curug cigangsa diambil dari nama seorang Eyang bernama Eyang dansa dan selanjutnya pada masa penjajahan Belanda curug tersebut menjadi lokasi persembunyian para pejuang supaya bisa terhindar dari serangan musuh.

Spot wisata di Curug cigangsa

Terdapat beberapa spot wisata yang bisa kalian nikmati saat berkunjung ke lokasi curug yang mempunyai beberapa Um Pagan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Menikmati Curug yang unik

Ketika kalian berkunjung ke lokasi wisata ini maka kalian akan disuguhi dengan keindahan sebuah air terjun yang sangat keren dan selanjutnya pemandangan alam di sekitar air terjun yang memang menjadi daya pikat tersendiri terutama bagi kalian para wisatawan pecinta alam.

Berfoto selfie

Di lokasi ini pun terdapat beberapa Spot untuk berfoto selfie dan selanjutnya, kalian pun bisa mengabadikan momen saat berwisata ke tempat tersebut dengan mengambil background curug unik yang ada di Sukabumi ini.

Berenang

Bagi kalian yang ingin bermain air maka di lokasi ini pun kalian bisa melakukan hal tersebut walaupun pastinya Kalian harus tetap Waspada dan selanjutnya, banyak momen kebahagiaan ketika kalian berwisata ke tempat ini dan dijamin akan ketagihan.

Lokasi dan alamat curug cigangsa Ujung Genteng

Apabila kalian berencana berwisata ke lokasi ini maka alangkah baiknya untuk mengetahui Di manakah tempat wisata ini berada dan untuk penjelasannya adalah sebagai berikut.

Lokasi Google Map Curug cigangsa

Apabila kalian sudah terbiasa menggunakan Google Map untuk berkunjung ke sebuah tempat wisata terutama Curug cigangsa, maka alangkah baiknya untuk melihat Google Map berikut ini agar tidak tersesat.

Alamat Curug cigangsa

Air terjun tersebut beralamatkan di kelurahan pasiripis, kecamatan Surade kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat dengan kode pos 43179.

Harga tiket masuk Curug cigangsa Surade

Untuk harga tiket masuknya sendiri terbilang sangat murah dan terjangkau yaitu setiap orang hanya mengeluarkan uang sekitar Rp3.000 selanjutnya untuk harga harga parkir kendaraan roda dua yaitu Rp5.000 dan kendaraan roda empat rp12.000.

Jam buka curug cigangsa Ujung Genteng

Selanjutnya untuk jam operasional dari tempat wisata ini yaitu dipastikan buka selama 24 jam penuh dan alangkah baiknya kalian bertanya melalui nomor berikut ini: 0816-1140-300

Fasilitas Curug cigangsa

Di bawah ini adalah beberapa fasilitas yang bisa kalian dapatkan di saat berkunjung ke tempat wisata yang super keren ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Area parkir
  • Tempat makan
  • Toilet
  • Spot foto selfie
  • Tempat istirahat

Foto Curug cigangsa

Seperti dikutip dari berbagai sumber di Instagram, dibawah ini adalah beberapa foto penampakan sebuah keindahan air terjun yang ada ada di kecamatan Surade yang bisa kalian nikmati dan bisa menjadi gambaran saat akan berwisata ke tempat tersebut.

Tips berkunjung ke Curug cigangsa

Ada beberapa tips yang harus kalian perhatikan saat akan berwisata ke tempat ini diantaranya adalah:

  1. Bawalah uang tunai dikarenakan lokasi ATM yang akan sulit ditemukan
  2. Bawalah baju ganti apabila kalian ingin berenang atau bermain air
  3. Selalu membawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen saat kalian berada di lokasi tersebut
  4. Selalu menjaga kebersihan lingkungan
  5. Gunakanlah sepatu atau sandal gunung ketika akan berwisata ke tempat ini.
  6. Selalu hati-hati saat kalian berada di tempat wisata supaya tidak terjatuh atau terpeleset.

Itulah pembahasan kami tentang salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal dari dulu sampai sekarang bernama Curug cigangsa Ujung Genteng di mana air terjun ini menjadi salah satu air terjun unik yang patut kalian kunjungi.