Curug Cibeureum Cianjur

Curug Cibeureum Cianjur Untuk kalian semua yang suka sekali berwisata ke lokasi Air Terjun atau Curug dan kalian ingin berkunjung ke daerah Cianjur, maka salah satu curug terbaik yang bisa kalian nikmati untuk berwisata dengan keluarga tercinta dengan harga tiket terjangkau dan fasilitas lumayan mumpuni maka Curug Cibeureum bisa menjadi salah satu lokasi terbaik untuk kalian datangi dikarenakan akan memberikan sebuah keindahan alam ketika dikunjungi oleh anda semua selaku wisatawan baik dari luar Cianjur maupun dalam Cianjur.

Curug Cibeureum atau dalam bahasa Indonesia air terjun Cibeureum adalah salah satu destinasi wisata yang sangat keren dan patut untuk Anda kunjungi bersama keluarga tercinta yang letaknya berada di kaki gunung Gede Pangrango dan masih berada di daerah Taman Nasional Gede Pangrango dan air terjun ini menjadi salah satu Curug yang sangat terkenal dan populer terutama Bagi kalangan para pendaki Gunung Gede dan para pendaki gunung Pangrango cianjur.

Lokasi Curug Cibeureum yang berada di tengah jalur pendakian yang berada di ketinggian 1625 mdpl menjadikan Curug ini sangat terkenal dan menjadi wisata yang kerap dikunjungi terutama bagi mereka yang akan mendaki walaupun hanya mempunyai ketinggian 40 m, akan tetapi aliran air Curug Cibeureum mempunyai karakteristik yang sangat deras dan juga mempunyai Air Yang Jernih yang terus mengalir dan pastinya sangat menyegarkan sehingga dijamin kalian akan betah berlama-lama berwisata di lokasi tersebut.

Di tempat ini terdapat 2 air terjun yang tidak kalah menariknya dengan Curug Cibeureum diantaranya adalah Curug Ci dendeng dan Curug cikundul.

Sejarah Curug Cibeureum

Seperti dikutip dari laman Wikipedia apabila Curug ini disebut dengan Curug Cibeureum dikarenakan dahulu kala air yang dialirkan nya berwarna merah di mana arti dari Cibeureum yaitu Ci artinya air dan berem artinya merah di mana warna merah berasal dari dinding tebing Curug yang ditumbuhi lumut merah atau sebagainya Sphagnum gedeanum dan apabila terkena sinar matahari maka air akan terlihat berwarna merah dan Hal inilah Kenapa Curug ini disebut dengan Curug Cibeureum.

Selanjutnya di dalam beberapa apa keterangan lain apabila di area Curug Cibeureum diyakini adanya seorang Petapa Sakti mandraguna yang sedang melakukan ritual dikarenakan Betapa sangat lama dan juga terlalu tekun akhirnya Pertapa tersebut berubah menjadi batu dan konon batu besar yang ada di tengah air terjun Cibeureum ini merupakan perwujudan dari Pertapa Sakti mandraguna tersebut.

Harga tiket masuk Curug Cibeureum

Bagi kalian semua yang ingin berwisata ke lokasi ini dan belum mengetahui Berapa harga tiket masuk yang harus kalian bayarkan maka untuk lebih lengkapnya silakan melihat tabel berikut ini:

Harga tiket Curug Cibeureum
Hari Senin – Jumat Rp.17.000
Hari Sabtu – Minggu/libur nasional Rp.18.500

Jam buka Curug Cibeureum

Untuk mengurangi penyebaran virus Corona Curug Cibeureum yang ada di daerah Gunung Gede Pangrango untuk sementara ini ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari pihak pemilik wisata, akan tetapi sebelum terjadinya wabah virus Corona lokasi curug Cibeureum buka setiap hari mulai dari jam 07.00 WIB sampai jam 13.00 WIB.

Alamat dan lokasi Curug Cibeureum

Untuk kalian yang belum mengetahui terkait alamat lengkap dan juga lokasi Google Map Curug Cibeureum, maka bisa melihat penjelasan kami berikut ini.

Alamat Curug Cibeureum

Tempat wisata ini beralamatkan di desa Sindang Jaya, kecamatan Cipanas, kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat, dengan kode pos 43151

Lokasi Google Map Curug Cibeureum

Bagi kalian yang belum mengetahui Google Map resmi Curug Cibeureum makan silakan untuk melihat Google babnya berikut ini supaya kalian tidak kesasar ketika akan berkunjung ke tempat wisata terbaik yang ada di Cianjur tersebut.

Spot wisata di Curug Cibeureum

Ketika kalian berwisata ke lokasi ini maka ada beberapa spot wisata yang bisa kalian nikmati di antaranya adalah sebagai berikut:

Melakukan tracking

Selain kalian bisa Menikmati keindahan Curug Cibeureum ya memang sangat Asri dengan jalan yang menanjak dan mempunyai pohon yang lebat dan pastinya suara kicauan burung yang sangat indah, kalian pun bisa melakukan tracking ke beberapa tempat yang sudah disediakan saat kalian akan berkunjung ke Curug tersebut. Di mana kalian bisa menyusuri jalanan menanjak dan berbatu sekitar 3 meter dan Selama perjalanan sekitar 1 jam lebih para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan luar biasa alam sekitar dan hutan hujan tropis pegunungan yang super keren.

Ketika kalian berkunjung ke lokasi ini kalian bisa berjalan dan kemungkinan besar menemukan beberapa hewan liar seperti kera hitam sampai burung hutan sehingga hal ini akan menjadi sebuah Tantangan untuk anda semua.

Berfoto selfie di Telaga Biru

Setelah kalian berjalan kurang lebih 1 km dari pintu masuk menuju ke lokasi ini maka kalian bisa beristirahat lebih dahulu dikarenakan untuk jalurnya mulai mendatar dengan bonus pemandangan alam yang luar biasa dan disinilah kalian bisa menemui sebuah danau yang diberi nama Telaga Biru di mana pantulan cahaya membuat airnya nampak kebiruan dan kalian bisa bersua foto di lokasi tersebut dan juga beristirahat di saung yang sudah disediakan.

Berfoto di jembatan panjang Rawa Panyancangan

Kalian bisa berfoto selfie di salah satu jembatan panjang bernama Rawa Panyancangan dikarenakan lokasinya sangat instagramable sehingga bisa menjadi spot wisata ketika kalian berkunjung ke tempat ini.

Melewati pos jalur pendakian

Di sini pun kalian bisa melewati beberapa pos persimpangan jalur pendakian yang menuju ke puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango dan di pos tersebut nantinya Jalan mulai bercabang terpisah yaitu untuk menuju Curug Cibeureum maka wisatawan harus memilih jalur lurus dan sedikit menurun nantinya perjalanan kurang lebih 300 meter lagi dan mulai terdengar aliran air sungai dari air terjun Cibeureum.

Menikmati indahnya air terjun

Keindahan air terjun Cibeureum atau Curug Cibeureum memang tiada duanya sehingga kalian yang sudah capek berjalan dari pintu masuk sampai ke lokasisi akan merasa hilang semua kecapean dikarenakan keindahan Curug yang luar biasa di lokasi tersebut malahan kalian bisa melihat adanya 3 Curug di lokasi ini di antaranya Curug Cibeureum, curug Ci dendeng, dan Curug cikundul yang berada di area Sisi Barat dan ketiganya mempunyai aliran air yang jernih dan keren.

Berfoto selfie

Kalian pun bisa mengembalikan foto selfie di lokasi ini dikarenakan untuk sekarang terdapat beberapa Spot yang recommended untuk mengambil foto.

Bermain air

Saat kalian berada di Curug Cibeureum Jangan lupa untuk bermain air di mana kalian bisa mandi di bawah Curug, dikarenakan lokasinya sangat strategis dan aman untuk dijadikan area bermain. Namun bagi wisatawan yang tidak kuat dengan air dingin maka disarankan tidak mandi langsung disuruh dikarenakan Suhunya sangat dingin.

Kemah di Curug Cibeureum

Di lokasi ini pun disediakan tempat untuk berkemah terutama di pintu masuk menuju air terjun berada di paling ujung kawasan lokasi tersebut dekat dengan bumi perkemahan Taman Nasional Gede Pangrango dimana di lokasi ini kalian bisa bermalam dengan berkemah dikarenakan banyak wisatawan lain yang memanfaatkan waktu untuk berkemah dan beristirahat.

Fasilitas di Curug Cibeureum

Di bawah ini adalah beberapa fasilitas yang mungkin harus kalian ketahui ketika akan berkunjung ke lokasi tersebut diantaranya adalah:

  • Area loket masuk
  • Tempat beristirahat
  • Gazebo
  • Mushola
  • Tempat makan
  • Toilet
  • Ruang bilas dan ganti

Foto Curug Cibeureum

Untuk kalian semua yang belum mengetahui keindahan Curug Cibeureum dan beberapa foto, maka di bawah ini adalah beberapa foto yang berhasil kami rangkum di Instagram agar bisa menjadi referensi untuk anda semua ia akan berwisata ke lokasi tersebut.

Curug Cibeureum Cianjur - IG 6
Curug Cibeureum Cianjur – IG 6
Curug Cibeureum Cianjur - IG 3
Curug Cibeureum Cianjur – IG 3
Curug Cibeureum Cianjur - IG 4
Curug Cibeureum Cianjur – IG 4
Curug Cibeureum Cianjur - IG 7
Curug Cibeureum Cianjur – IG 7

Curug Cibeureum Cianjur - IG 1
Curug Cibeureum Cianjur – IG 1