Jangan Sampai Tertipu, Inilah Cara Membedakan Sepatu Nike Asli dan KW

Berbicara tentang sepatu olahraga, Nike merupakan salah satu merk sepatu olahraga yang paling populer sedunia. Selain terkenal karena mengandalkan teknologi terkini, desain Nike yang futuristik dan stylish juga membuat Nike  menjadi pilihan sepatu olahraga nomor satu bagi para atlet, selebritis, maupun untuk mereka yang bergelut di bidang fashion.

Memiliki sepasang sepatu Nike tentunya juga menjadi prestise tersendiri. Sayangnya, kepopuleran Nike sebagai sepatu berkualitas seringkali disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab, misalnya saja dengan menjual sepatu Nike palsu. Sepatu-sepatu KW ini pun kadang dibuat semirip mungkin dengan aslinya, membuat konsumen sulit untuk membedakan mana sepatu Nike original dan mana sepatu Nike yang palsu.

Nah, kali ini Angkasa akan mengupas tuntas sepuluh cara membedakan sepatu Nike asli dan sepatu Nike palsu. Tentunya Anda tidak ingin uang Anda melayang hanya karena salah beli sepatu, bukan? Simak baik-baik caranya dan ikuti langkah-langkah berikut ini agar terhindar dari salah beli.

1. Cek Reputasi Website/Toko Online Ketika Membeli Nike secara Online

cek toko online saat membeli Nike
Cek kembali reputasi toko online sebelum membeli sepatu Nike.

Membeli item fashion apapun secara online, termasuk salah satunya sepatu, memang rentan mengalami penipuan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli Nike secara online, sebaiknya cek dulu reputasi website atau toko online tempat Anda akan membeli Nike.

Untuk menghindari pembelian Nike palsu ketika membeli dari website, cek review dan rating website. Review dan rating website yang jelek merupakan tanda yang jelas bahwa website tersebut tidak menjual barang yang asli, dan sebaiknya Anda tidak membeli Nike dari website tersebut. Namun, beberapa situs mungkin saja diatur agar hanya menampilkan review pembeli yang bagus-bagus. Sebaiknya Anda juga mengecek review dari blog pembeli atau review dari vlogger yang senang membeli produk Nike.

Jika Anda berniat untuk membeli Nike dari toko online tertentu di salah satu ecommerce (shopee, tokopedia, lazada, blibli dan sejenisnya), langkah yang diperlukan masih sama: cek reputasi toko online dan jangan hanya tergiur dengan harganya yang lebih murah. Cek berapa banyak bintang yang diberikan oleh para pembeli dan cek foto-foto dari review. Jangan lupa pastikan ada jaminan uang kembali atau garansi dari pihak toko online maupun situsnya.

Jika Anda berpikir mengecek toko online atau situs fashion cukup merepotkan, Anda bisa langsung membeli sepatu incaran Anda melalui website resmi Nike di situs resmi Nike Indonesia, atau Anda bisa membeli sepatu original Nike di situs-situs fashion terpercaya seperti Zalora, Planet Sports Asia,  atau dari official store Nike yang tersedia di Blibli.

2. Bandingkan Harga Nike yang Akan Anda Beli dengan Harga Nike dari Toko-toko Lain

bandingkan harga dengan harga di situs resmi nike
Bandingkan harga dengan harga di situs resmi Nike.

Jika harga sepasang sepatu Nike yang akan Anda beli dari toko tersebut setengah harga lebih murah dari harga normal, bisa dipastikan sepatu tersebut palsu. Bisa saja Anda membeli sepatu Nike original dengan harga murah jika sedang ada cuci gudang dan toko tersebut merupakan toko resmi yang ditunjuk oleh Nike.

Salah satu cara membandingkan harga adalah dengan mengecek harga sepatu yang Anda inginkan melalui website Nike dan juga situs-situs toko fashion online yang sudah bekerjasama dengan Nike seperti Zalora ataupun Blibli. Untuk di e-commerce seperti Shopee, lebih baik membeli di toko official-nya Nike (carinya di tab Shopee Mall, bukan Shopee biasa). Dengan begitu, Anda akan mendapatkan barang yang autentik.

3. Mengerti Istilah Pedagang Saat Menjual Sepatu

pahami istilah yang digunakan pedagang.
Pahami istilah-istilah yang digunakan pedagang saat menjual sepatu.

Istilah-istilah yang digunakan para pedagang, baik di pasar maupun di toko online, harus dipahami dengan benar agar tidak salah membeli. Secara garis besar, sepatu olahraga hanya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ORIGINAL (resmi diproduksi oleh pabrik yang ditunjuk brand dengan memenuhi standar kualitas tertentu) dan REPLIKA (diproduksi secara ilegal dengan bahan dan kualitas berbeda dari original).

Nah, sepatu replika inilah yang kemudian dijuluki dengan istilah-istilah lain seperti “KW”, “Kualitas Premium”, “KW Super”, “Replika Original”, “Grade Ori”,”Standard Original”,”Import Standard Authentic“, dan semacamnya. Jadi ketika benar-benar ingin membeli sepatu di toko tertentu dan kemudian toko tersebut menggunakan istilah “Kualitas Premium” misalnya, kita wajib berhati-hati. Lebih baik membeli di toko yang memang terpercaya atau memperhatikan ciri-ciri lainnya yang bisa kita bedakan secara kasat mata.

4. Perhatikan Pengemasan dan Pelabelan Sepatu Nike yang Ingin Anda Beli

cek sepatu Nike secara menyeluruh
Perhatikan pelabelan dan pengemasan sepatu Nike dengan seksama.

Nike original dikemas dengan menggunakan kardus sepatu yang sesuai dengan model sepatunya. Kardus sepatunya sendiri memuat beberapa informasi penting seperti SKU atau nomor serial produk, ukuran, model sepatu, dan barcode. Berbeda dengan yang ori, Nike KW biasanya dikemas langsung dibungkus plastik, atau tidak ada kemasan sama sekali.

Beberapa Nike KW bisa saja menggunakan kardus sepatu yang tampak sama seperti aslinya. Selain memperhatikan informasi yang terdapat pada kardus, cek juga apakah pengeleman kardus rapi atau terkesan terburu-buru dan berantakan. Selain itu, pada kardus yang asli terdapat stiker importer dan cara perawatan serta cap lulus quality control.

Selain mengecek keberadaan kardus dan informasi sepatu yang ada pada kardus sepatu, cek juga kecocokan SKU yang ada pada kardus dengan SKU yang terdapat pada lidah sepatu. SKU merupakan singkatan dari Stock Keeping Unit, dan nomor-nomor unik pada kardus haruslah sesuai dengan nomor unik yang ada pada lidah sepatu.

Cek juga tahun pembuatan pada lidah sepatu. Sesuaikan tahun pembuatan dengan tahun rilis model. Sepatu palsu kadang menuliskan tahun pembuatan yang tidak sesuai dengan tahun rilis model sepatu.

5. Cobalah Sepatunya

cobalah sepatunya sebelum membeli.
Cobalah sepatu Nike yang akan Anda beli.

Tips yang satu ini harus Anda lakukan jika Anda berada di toko. Pasanglah sepatu yang akan Anda beli. Sepatu yang original nyaman dipakai dan pas di kaki sesuai dengan ukuran, tidak kaku, dan terasa ringan. Sepatu Nike tiruan terasa kaku dan berat karena bahan yang digunakan untuk membuat sepatu Nike tiruan tidak sebagus bahan-bahan untuk membuat Nike asli.

Selain itu, dari sepatu Nike palsu tercium aroma lem dan agak keras seperti plastik. Sepatu tiruan ini juga memiliki bagian atas yang kaku dan tidak nyaman, berbeda dengan sepatu original yang terasa lembut namun tetap kuat. Dengan jaminan teknologi terbaru, sepatu yang original tentunya mengedepankan kenyamanan, tidak hanya modelnya saja.

Semua perbedaan di atas bisa Anda temukan dengan mencoba sepatunya dan memercayakan kenyamanan Anda sebagai faktor utama.

6. Perhatikan Detail Sepatu Nike yang Akan Anda Beli: Logo, Jahitan, dan Insole Sepatu

perhatikan detail sepatu Nike
Perhatikan secara detail sepatu Nike yang Anda beli, baik itu insole, jahitan, maupun detail desainnya.

Detail-detail sepatu merupakan hal yang harus Anda perhatikan saat membedakan apakah sepatu Nike yang akan Anda beli merupakan sepatu tiruan atau asli. Salah satunya adalah dengan melihat logonya, baik logo model maupun logo Nike-nya sendiri. Contoh logo model adalah logo Air Jordan maupun tulisan penanda model seperti pada model Nike Fear of God.

Insole sepatu Nike pun perlu Anda perhatikan. Sepatu Nike original terbuat dari karet dan dilapisi dengan kain yang sangat halus pada bagian atasnya. Insole sepatu Nike original bisa kita lepas dan kita bersihkan. Biasanya, juga ditemukan stiker Nike pada insole sebelah kiri.

Nah, itu dia cara membedakan sepatu Nike asli dan palsu atau KW, dimulai dari memilih toko online (jika kita ingin membeli secara online), memahami istilah yang digunakan penjual, sampai memperhatikan sepatunya secara fisik (box, jahitan, sol, hingga logo). Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada cara lain yang Anda tahu, silakan tambahkan di kolom komentar.