Curug Ciastana Kadupandak, Cianjur Selatan

Curug Ciastana Harus anda ketahui, apabila salah satu destinasi wisata yang sangat mengesankan dan berlokasi di Cianjur Selatan yaitu Curug Ciastana merupakan salah satu Curug terkenal yang selalu dikunjungi oleh wisatawan dikarenakan mempunyai keunikan tersendiri seperti salah satunya air terjun tersebut mempunyai 2 kolam yang sangat menakjubkan. Curug Ciastana, mempunyai bentuk bertingkat dan sedikit terlihat lebih lebar dimana untuk Tingkatan pertama mempunyai ketinggian 50 m dan untuk yang kedua lebih rendah akan tetapi kedua aliran ini membentuk sebuah danau kecil dan biasanya dijadikan tempat untuk berendam oleh para wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut.

Banyak orang yang bertanya kenapa disebut dengan Curug Ciastana dikarenakan tidak jauh dari lokasi wisata, terdapat sebuah pemakaman warga sehingga di dalam bahasa Sunda astana artinya makam sehingga hal tersebut lah yang menjadikan air terjun dengan air jernih dan suasana indah tersebut dinamakan sebagai Curug Ciastana dan menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat keren di Cianjur Selatan.

Lokasi wisata alam tersebut sangat menyajikan suasana alami ketika anda berkunjung ke lokasi ini, maka anda akan melihat sebuah air terjun yang mempunyai aliran air lebar dan apabila dilihat mirip sebuah tirai yang sangat unik dan juga indah. Di lokasi tersebut para pengunjung diperbolehkan untuk berendam di air yang bening dan juga masih segar dan selanjutnya mereka bisa menghabiskan waktu dengan meloncat dari bebatuan yang tidak terlalu tinggi dengan kolam air yang tidak begitu besar namun sangat menyenangkan.

Sejarah Curug Ciastana

Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet lokasi wisata ini dinamakan dengan nama curug ciastana dikarenakan tidak jauh dari lokasi tersebut terdapat pemakaman warga dan menjadi sebuah fenomena alam yang terbilang sangat unik di mana air terjun ini mempunyai ketinggian 50 m dan sampai sekarang jadi salah satu destinasi wisata bagi masyarakat yang ada di Cianjur dan luar daerah.

Alamat dan lokasi Curug Ciastana

Untuk kalian yang belum mengetahui Dimanakah Curug Ciastana berada ataupun ingin mengetahui Google Map resmi dari salah satu area wisata yang ada di Cianjur tersebut, maka silakan untuk membaca penjelasannya berikut ini.

Lokasi Curug Ciastana

Untuk lokasinya sendiri air terjun tersebut berada di Margasari, sinar Muda, bojongkasih, kadupandak, kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat dengan kode pos 43268.

Alamat Google Map Curug Ciastana

Supaya kalian yang ingin berkunjung dan wisata ke lokasi ini tidak tersesat, maka silakan untuk melihat alamat Google Map berikut ini dengan tujuan supaya bisa memberikan keleluasaan untuk kalian semua.

Rute menuju Curug Ciastana

Apabila anda semua ingin berkunjung ke lokasi wisata ini maka harus diketahui apabila sampai sekarang akses kendaraan yang bisa masuk hanyalah kendaraan roda dua saja dikarenakan lokasinya sangat terpencil dengan jalan sempit dan berbatu dan bagi kalian yang ingin berkunjung ke lokasi ini menggunakan motor maka harus tetap waspada dan berhati-hati terutama yang mengendarai motor matic.

Untuk rutenya sendiri, kalian bisa menuju Warungkondang Cibeber-campaka-sukanagara- pasir Nangka- sukasari- purut- sinar Muda dengan waktu Kurang lebih 3 jam dengan menggunakan motor dan selanjutnya untuk motor bisa di parkir di dekat Curug.

Apabila kalian menggunakan mobil maka biasanya kendaraan akan di parkir di Kampung Rawa jambu sebelum sinarmuda dan artinya dilanjutkan tracking jalan kaki sejauh 900 m atau dengan jarak kurang lebih 20 menit supaya bisa sampai ke lokasi Curug CiAstana.

Jam buka Curug CiAstana

Untuk jam bukannya sendiri, lokasi wisata ini dipastikan buka setiap hari Mulai jam 09.00 WIB sampai jam 16.00 WIB.

Tiket Masuk Curug Ciastana

Untuk harga tiket masuk ke area wisata ini maka dipastikan masih gratis namun biaya yang harus dikeluarkan yaitu hanya biaya parkir untuk kendaraan motor yaitu sekitar Rp2.000.

Fasilitas Curug Ciastana

Fasilitas yang ada di lokasi wisata yang ada di Cianjur ini untuk lokasi parkir terbilang masih sempit dan untuk fasilitas umum hanya beberapa yang ada.

Daya tarik di Curug Ciastana

Ada beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan di saat berkunjung ke tempat wisata ini diantaranya adalah sebagai berikut.

Air terjun yang indah

Para pengunjung bisa Menikmati keindahan air terjun yang ada di lokasi tersebut baik dengan melakukan foto selfie atau sekedar mandi dan harus kalian ketahui apabila air terjun ini mempunyai debit air yang besar dan juga lebar sehingga dentuman air terjun bisa dilihat dari bawah mirip dengan sebuah tirai yang menyelimuti tebing dan di bawah air terjun terdapat kubangan danau kecil yang sangat eksotis.

Di dalam danau kecil tersebut air mengalir menuju Letakkan bebatuan yang ada di bawah dengan adanya retakan tersebut aliran air bisa membuat air terjun seperti menjadi dua akan tetapi dengan ketinggian yang lebih pendek dan lebar seperti tidak dinding air terjun sehingga hal ini menjadi salah satu kelebihan tersendiri saat kalian berada di lokasi ini.

Bermain air

Di lokasi ini pun kalian bisa bermain air seperti berenang dan melakukan kegiatan lain yang pastinya sangat menyenangkan.

Berfoto selfie

Apabila kalian para pecinta foto selfie dan suka mengabadikan saat berkunjung ke beberapa lokasi wisata, maka di lokasi ini terdapat beberapa Spot yang dapat kalian coba dan kalian nikmati dan pastinya hasil jepretan bisa berkualitas bagus dan keren.

Menikmati Curug Tetangga

Lereng dinding daerah ini terbilang unik dikarenakan memanjang dari Barat ke Timur dengan jauh 4 km yang mempunyai ketinggian dinding mencapai 45 meter sehingga hal ini berakibat pada banyaknya air sungai yang jatuh dan menjadikannya fenomena terjadinya air terjun atau Curug.

Ada 8 Curug di dinding lereng daerah tersebut dan yang paling terkenal terdapat 3 Curup dan dekat dengan lokasi Curug CiAstana yang juga bisa kalian nikmati diantaranya adalah Curug cigaru, curug Cipeuteuy dan Curug citalahab dan semuanya adalah Curug Tetangga dari lokasi wisata yang kalian kunjungi.

Melakukan tracking

Kalian bisa melakukan tracking dengan lintas alam alami dan kalian pun bisa menguji Nyali dengan melakukan perjalanan di jalur trekking yang yang pastinya harus dilalui oleh para pengunjung supaya bisa menemukan air terjun yang super keren di Cianjur tersebut.

Tips berkunjung ke Curug Ciastana

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kalian coba saat berkunjung ke lokasi wisata tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Membawa sandal

Sangat direkomendasikan ketika kalian berkunjung ke lokasi wisata ini untuk menggunakan sandal gunung dan sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan sepatu sneaker atau sandal biasa dikarenakan lokasinya yang licin bisa berbahaya.

Membawa pakaian ganti

Bagi kalian yang ingin berenang di lokasi wisata ini maka dari rumah bawalah pakaian ganti supaya tidak kedinginan.

Jangan pergi sendirian

Apabila kalian ingin menyendiri ataupun refreshing kalau kasih wisata ini maka usahakan jangan sampai sendirian dan direkomendasikan bersama teman supaya menjaga keselamatan anda dan bisa menghindari beberapa kesulitan yang memang berbahaya ketika berkunjung ke wisata alam seperti Curug dan lainnya.

Membawa bekal makanan

Bawalah bekal makanan dari rumah beserta minuman dikarenakan di lokasi ini masih jarang yang jualan sehingga ketika kalian lapar bisa langsung makan dan ketika kalian harus bisa langsung minum.

Foto Curug Ciastana

Untuk referensi bagi kalian yang akan berwisata ke lokasi ini, maka di bawah ini adalah beberapa foto sebagai gambaran untuk kalian yang ingin berwisata ya kami ambil dari berbagai sumber di Instagram.

Curug Ciastana - IG 1
Curug Ciastana – IG 1
Curug Ciastana - IG 2
Curug Ciastana – IG 2
Curug Ciastana - IG 3
Curug Ciastana – IG 3
Curug Ciastana - IG 4
Curug Ciastana – IG 4
Curug Ciastana - IG 5
Curug Ciastana – IG 5
Curug Ciastana - IG 6
Curug Ciastana – IG 6