Cara Top Up Saldo OVO di Indomaret dan Alfamart Termudah

Zaman sudah berkembang dengan pesat, terutama dari sisi teknologi. Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak perlu lagi repot menggunakan uang tunai, sudah ada yang namanya cashless. Maksudnya, membayar kebutuhan harian dengan menggunakan uang elektronik, tinggal tap dan semua tagihan / belanjaan bisa langsung dibayarkan.

Dengan kemudahan seperti tadi maka tidak heran jika saat ini banyak sekali perusahaan uang elektronik yang tersebar di Indonesia dengan fitur lengkap, keamanan terjamin, dan isi ulang saldo yang simple. Nah, salah satu dompet digital (uang elektronik) yang terpopuler di Indonesia adalah OVO. Cukup mudah menggunakannya, karena semuanya terintegrasi dalam satu aplikasi.

Lalu, untuk mengisi saldo OVO pun sangat simple karena tersedia dalam beberapa cara, salah satunya adalah Top Up saldo OVO di Indomaret dan Alfamart. Ingin tahu caranya? Berikut Angkasa sudah merangkumnya untukmu!

Jenis-Jenis Uang Elektronik

Sebelum membahas tentang cara Top Up saldo OVO di Indomaret dan Alfamart, mari ketahui dulu beberapa jenis uang elektronik. Inilah beberapa ragam uang elektronik:

  • E-Money dari Bank

Bank bukan hanya untuk menabung atau pembayaran kartu kredit. Bank juga memiliki sistem pembayaran dalam bentuk dompet digital / uang elektronik. Biasanya, Bank memberikan uang elektroniknya dalam bentuk kartu, tapi ada juga yang diterbitkan dalam bentuk aplikasi.

Menariknya, uang elektronik berbentuk kartu dari Bank bisa digunakan sebagai e-toll untuk membayar tol. Tidak hanya itu saja, ada juga uang elektronik yang khusus untuk membayar bahan bakar di pertamina.

Beberapa uang elektronik bentuk kartu yang terkenal dari Bank adalah, GazCard, E-Toll, BCA Flazz, BNI TapCash dan masih banyak lagi. Sedangkan salah satu uang elektronik berbasis aplikasi yang paling populer adalah BCA Sakuku.

  • Operator Seluler

Selain bank, operator seluler juga menerbitkan sistem uang elektronik. Tujuannya masih sama, untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi, baik itu soal belanja atau untuk bayar tagihan kebutuhan sehari-hari, misalnya bayar listrik dan PDAM.

Tercatat, ada tiga perusahaan seluler yang memiliki fitur uang elektronik, yakni Telkomsel, Indosat, dan XL. Ketiganya punya bentuk e-money berupa aplikasi dan biasanya sudah langsung terhubung dengan nomor penggunanya.

Khusus untuk Telkomsel, mereka pernah mengandalkan e-money dengan menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication). Tapi, NFC tidak bisa digunakan di semua HP makanya kini mereka beralih ke sistem e-wallet berbasis aplikasi yang dinamakan dengan LinkAja.

Sedangkan untuk Indosat bisa diakses dengan menekan *789# dan langsung akan terhubung ke Dompetku. Lalu, para pengguna XL bisa menikmati e-money dengan menekan 123120# yang langsung dihubungkan dengan XL Tunaiku. Semua e-money tadi bisa digunakan untuk membayar tagihan, belanja, hingga mengirim uang.

  • Uang Elektronik dari Pihak Lain

Nah, kalau jenis yang satu ini bukan e-money yang diterbitkan dari operator seluler atau pun bank, biasanya mereka punya sistem pembayaran independen tanpa melibatkan bank atau operator seluler. OVO termasuk ke dalam jenis uang elektronik ini karena OVO memang diterbitkan secara independen yang tujuan awalnya adalah untuk memudahkan pembayaran di Grab.

Namun seiring berkembangnya OVO, mereka juga merambah ke ranah lain dan fiturnya menjadi lebih lengkap. Bukan hanya untuk membayar transaksi di Grab, kini OVO juga sudah bisa untuk membayar tagihan, menarik uang tunai, hingga kehadiran sistem PayLater.

Cara Top Up Saldo OVO di Indomaret

Sudah tahu beberapa jenis dan ragam e-money (uang elektronik), kini saatnya masuk ke pembahasan utama tentang cara Top Up saldo OVO di Indomaret. Caranya sangat mudah, tidak perlu menyiapkan apa-apa kok, langsung ikuti tahap-tahapnya berikut ini:

  1. Datanglah ke Indomaret terdekat dari lokasimu saat ini.
  2. Kemudian, datangi kasirnya dan katakan jika kamu ingin mengisi saldo OVO.
  3. Lalu, pihak kasir akan menanyakan nomor HP dan jumlah saldo OVO yang ingin diisi. Jawablah dengan nomor yang sesuai dan jumlah saldo yang dibutuhkan.
  4. Langsung bayar ke pihak kasir sesuai dengan harga yang tertera.
  5. Terakhir, terimalah struk tanda pengisian saldo OVO dan jangan lupa untuk cek saldo OVO di aplikasinya.

Cara Top Up Saldo OVO di Alfamart

Tidak jauh berbeda dengan Indomaret, Alfamart juga menyediakan jasa pembelian saldo OVO. Untuk melakukannya juga sangat mudah dengan mengikuti langkah berikut ini:

  1. Kunjungi gerai Alfamart terdekat dari lokasimu saat ini.
  2. Datang langsung ke bagian kasir dan katakan ingin mengisi saldo OVO.
  3. Langsung sebutkan nominal saldo yang ingin diisi serta nomor HP yang akan diisi saldo OVO.
  4. Pihak Alfamart langsung memproses transaksi dan bayarkan pembelian saldo ke kasir.
  5. Terakhir, akan muncul notifikasi pembelian saldo OVO. Jangan lupa cek saldonya di aplikasi OVO.

Kelebihan Mengisi Saldo OVO di Indomaret dan Alfamart

Mengisi saldo bisa dilakukan di mini market, salah duanya adalah Indomaret dan Alfamart. Ada beberapa kelebihan saat mengisi saldo di Indomaret atau Alfamart. Pertama, bisa mengisi dengan mudah tanpa mengikuti langkah-langkah seperti yang ada di aplikasi. Jadi, sistem pengisian saldo OVO ini sangat memudahkan para pengguna baru OVO yang masih sangat awam soal sistem OVO.

Kedua, jika terjadi masalah pengisian saldo OVO maka bisa langsung komplain saat itu juga. Jangan lupa simpan struk pembelian saldo OVO. Tujuannya, jika ada masalah pada pengisian saldo OVO, kamu bisa untuk menindaklanjuti permasalahan saldo dengan menunjukkan bukti transaksi.

Ketiga, tidak ada biaya administrasi. Baik Indomaret dan Alfamart tidak memungut biaya transaksi pengisian saldo OVO. Jadi, kalau kamu mengisi saldo OVO sebesar 50 ribu rupiah maka bayar sesuai saldo yang akan kamu isi, yakni 50 ribu rupiah. Dengan begitu, mengisi saldo OVO di Indomaret dan Alfamart tergolong lebih hemat dan terjangkau.

Keempat, tidak perlu menyiapkan apapun selain biaya transaksi karena pihak Alfamart atau Indomaret hanya menanyakan soal nominal saldo dan nomor OVO yang ingin diisi oleh pelanggan. Cukup worth untuk beli saldo OVO di Indomaret dan Alfamart!

Kekurangan Mengisi Saldo OVO di Indomaret dan Alfamart

Meski punya banyak kelebihan, tidak bisa dipungkiri kalau mengisi saldo OVO di Indomaret dan Alfamart juga ada kekurangannya. Pertama, ada batas minimal isi saldo OVO, dan batas nominal minimalnya cukup besar, yakni 50 ribu rupiah. Jadi, kalau mau isi saldo hanya 10 ribuan lebih baik Top Up via ATM, e-banking, atau m-banking.

Kedua, tidak semua wilayah di Indonesia bisa menemukan Indomaret dan Alfamart dengan mudah. Jadi, cukup repot jika sedang berada di tempat yang jauh dari kota dan ingin mengisi saldo OVO via dua mini market ini. Pastikan daerah kamu mudah dijangkau oleh Indomaret dan Alfamart, ya.

Ketiga, kemungkinan harus mengantre untuk bisa mengisi saldo. Pasalnya, untuk mengisi saldo di dua mini market ini kamu harus langsung menuju kasir. Jika kasir sedang sepi maka bisa langsung transaksi. Namun, jika kasir sedang ramai maka harus mengantre terlebih dahulu dan ini cukup memakan waktu. Jadi, tidak cocok untuk kamu yang sedang terburu-buru.

Seperti itulah tahapan saat melakukan isi ulang saldo OVO via Indomaret dan Alfamart. Banyak keuntungan yang didapatkan, tapi pertimbangkan juga beberapa kekurangannya. Jadi, kamu lebih suka Top Up saldo OVO dimana?