Cara Menghapus Akun Google di Android Dengan Mudah

Cara Menghapus Akun Google di Android – Di era yang serba digital sekarang ini, gmail merupakan salah satu akun yang wajib dimiliki oleh semua orang terutama pengguna smartphone. Akun google bukan hanya berfungsi untuk melakukan aktivitas kirim pesan saja, akan tetapi Akun google juga memiliki banyak fungsi lainnya salah satunya yaitu pada saat melakukan registrasi suatu akun seperti akun google play store, app store, facebook, dan lainnya.

Terlepas dari itu memang tidak sedikit pengguna android yang ingin menghaapus Akun google di perangkat samartphone android-nya dengan alasan tertentu. Lantas bagaimana cara menghapus akun google atau gmail di perangkat android? Nah bagi kamu yang lagi cari tutorial cara menghapus akun google di android tapi tidak tahu langkah-langkahnya. Kamu berada di laman yang tepat karena di artikel ini kami akan bagikan tutorial cara menghapus akun google di android. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Akun Google ?

Sebelum kami membahas lebih jauh mengenai cara menghapus akun google di android. Kami akan jelaskan terlebih dahulu apa itu akun google. Jadi, akun google adalah akun yang berfungsi sebagai master info masuk untuk google yang mana pengguna harus memasukan email dan passwordnya.

Fungsi Akun Google

Seperti yang kami katakan diawal tadi bahwa akun google bisa dibilang salah satu akun yang wajib dimiliki oleh semua orang terutam pengguna smartphone android. Karena akun google memiliki banyak fungsi terutama untuk melakukan registrasi atau otentifikasi di berbagai layanan dan aplikasi di android.

Cara Menghapus Akun Google di Android

Seperti yang kami singgung diatas tadi bahwa akun google sebenarnya salah satu akun penting yang wajib dimiliki oleh semua pengguna perangkat smartphone. Namun memang adakalanya kita ingin menghapus akun google dengan alasan tertentu. Misalnya karena memiliki 2 akun google namun tidak semua akun google tersebut digunakan.

Atau memang ada alasan lainnya sehingga harus menghapus akun google di perangkat smartphone android nya. Untuk menghapus akun google sebenarnya hal yang sangat mudah namun memang tidak sedikit pengguna smartphone android yang belum mengetahui langkah-langkahnya. Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk menghapus akun google di smartphone android kamu. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak di tutorial berikut ini.

Melalui Gmail

Salah satu cara untuk menghapus akun google di android bisa kamu lakukan melalui gmail. Nah bagi kamu yang belum mengetahui langkah-langkahnya, silahkan kamu lihat ikuti seperti tutorial dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan kamu buka aplikasi gmail di smartphone android kamu
  2. Selanjutnya silahkan kamu klik ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas
  3. Nah, setelah itu maka akan muncul informasi mengenai email yang berisi nama dan alamat email
  4. Pada tahap ini silahkan kamu pilih opsi Manage Account
  5. Setelah itu kamu akan diarahkan pada pengaturan akun
  6. Selanjutnya silahkan kamu pilih google
  7. Nah, pada tahap ini silahkan kamu pilih akun gmail yang ingin kamu hapis di smartphone android kamu

Melalui Menu Setting

Selain melalui akun gmail, kamu juga bisa menghapus akun google di smartphone android melalui menu setting. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tutorial dibawah ini.

  1. Pertama – tama silahkan kamu buka smartphone android kamu
  2. Selanjutnya silahkan kamu buka aplikasi pengaturan dengan klik ikon gerigi
  3. Setelah itu silahkan kamu pilih Accounts & Sync lalu klik Google
  4. Nah, pada tahap ini silahkan kamu pilih akun google yang ingin kamu hapus dari smartphone android kamu
  5. Jika sudah, silahkan kamu pilih Remove Account atau kamu juga bisa menghapusnya melalui ikon tiga titik vertikan yang berada di pojok kanan layar
  6. Selesai, akun google berhasil kamu hapus dari smartphone android kamu

Melalui Google My Account

Kamu juga bisa mencoba menggunakan alternatif lainnya untuk menghapus akun google di smartphone android kamu yakni melalui google my account. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama silahkan kamu buka akun google kamu atau kamu juga bisa langsung kunjungi di laman website berikut ini https://myaccount.google.com/intro
  2. Selanjutnya silahkan kamu login dengan menggunakan akun google yang ingin kamu hapus dari smartphone android kamu
  3. Jika sudah silahkan kamu pilih Data & personalisasi yang ada di panel menu atau di navigasi sebelah kiri
  4. Kemudian silahkan kamu klik Hapus layanan atau akun anda
  5. Terakhir silahkan kamu klik Hapus akun anda
  6. Selesai

Cara Membuat Akun Google Baru Di Android

Jika tadi kamu menghapus akun google di perangkah android dengan alasan tertentu. Namun kamu ingin menggantinya dengan menggunakan akun google baru. Maka untuk langkah-langkah cara membuat akun google baru di android silahkan kamu lihat di bawah ini.

  1. Pertama silahkan kamu buka menu pengaturan di pernagkat android kamu
  2. Jika sudah silahkan kamu pilih tab umum atau general account
  3. Setelah itu silahkan kamu klik add account lalu pilih google
  4. Kemudian silahkan kamu pilih New dan silahkan kamu isi nama depan dan nama belakang untuk akun google kamu
  5. Setelah itu silahkan kamu buat password sebanyak dua kali untuk akun google kamu. Jika sudah silahkan kamu klik Next
  6. Selanjutnya silahkan kamu tentukan opsi recovery dengan cara menambahkan nomor hp kamu yang masih aktif
  7. Kemudian akan muncul notofikasi bahwa kamu akan menerima berita dan penawaran dari google play. Silahkan kamu klik Next
  8. Selanjutnya silahkan kamu ceklik pada kolom menyetujui dan silahkan kamu isi kode capthe
  9. Nah yang terakhir akan ada opsi untuk melakukan sinkronisasi akun
  10. Silahkan kamu pilih next dan selesai

Akhir Kata

Gimana, mudahkan? Seperti itulah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menghapus dan membuat akun google di perangkat android. Silahkan kamu bisa pilih salah metode cara menghapus akun google di atas yang menurut kamu lebih mudah dan simpel.

Terima kasih telah mengunjungi artikel terbaru dari angkasa.co.id. Semoga apa yang telah kami bagikan di artikel ini bisa bermanfaat untuk semua para pembaca setia angkasa.co.id dan jangan lupa share artikel ini ke akun sosial media kamu.