Cara Memperbaiki Tombol Ctrl + Alt + Del Tidak Berfungsi Di Windows

Cara Memperbaiki Tombol Ctrl + Alt + Del Tidak Berfungsi Di Windows

Sudah bukan rahasia lagi apabila komputer atau laptop memiliki cukup banyak tombol pintasan untuk sejumlah perintah tertentu seperti kombinasi CTRL + ALT + Del yang digunakan untuk membuka Task Manager Namun terkadang tombol ini tidak berfungsi sehingga Anda perlu mengetahui cara memperbaiki tombol Ctrl + Alt + Del tidak berfungsi di Windows untuk perbaikan.

Fitur Task Manager merupakan menu yang sangat penting dalam perangkat berbasis Windows karena menu ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari memantau kerja CPU, melihat Windows Service dan Program Startup, mematikan atau memulai kembali suatu proses pada komputer dan lain sebagainya.

Cara Memperbaiki Tombol Ctrl + Alt + Del Tidak Berfungsi Di Windows

Meskipun fitur Task Manager bisa dipanggil lewat menu Start di Windows namun penggunaan tombol shortcut berupa CTRL + ALT + DEL menjadi pilihan favorit banyak pengguna komputer karena lebih praktis dan nyaman. Namun terkadang kombinasi ini tidak selamanya bekerja karena keyboard yang Anda miliki mengalami masalah.

Jika demikian, berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dicoba sebagai rangkaian cara memperbaiki tombol Ctrl + Alt + Del tidak berfungsi di Windows Anda.

1. Bersihkan Tombol Keyboard Anda

Bersihkan Tombol Keyboard Anda

Sebenarnya ada cukup banyak alasan dan penyebab mengapa kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL tidak berfungsi di perangkat Anda. Salah satunya adalah karena keyboard yang Anda miliki kotor, berdebu, dan terdapat serpihan-serpihan yang mengganjal pada papan keyboard perangkat komputer Anda.

Oleh karena itu, salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tidak berfungsinya kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL adalah dengan terlebih dahulu membersihkan keyboard yang Anda. Pastikan Anda membersihkan dengan menggunakan perangkat khusus pembersih keyboard untuk hasil yang maksimal dan jangan lupa mematikan komputer atau laptop Anda terlebih dahulu.

2. Melakukan Scan Komputer Menggunakan Antivirus

Melakukan Scan Komputer Menggunakan Antivirus

Dalam beberapa kasus, tidak menutup kemungkinan bahwa salah satu penyebab tidak berfungsinya kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL adalah karena adanya virus atau malware yang bersarang pada perangkat Anda. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini ada baiknya jika Anda mencoba untuk melakukan scan pada perangkat yang Anda miliki secara menyeluruh.

Meskipun penyebab ini relatif cukup jarang terjadi, namun tidak ada salahnya jika Anda tetap mencoba melakukan cara memperbaiki tombol Ctrl + Alt + Del tidak berfungsi pada Windows ini. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui kesehatan dan keamanan dari perangkat komputer yang Anda miliki sehingga terhindar dari ancaman virus yang membahayakan.

3. Cara Memperbaiki Tombol Ctrl + Alt + Del Tidak Berfungsi Di Windows Menggunakan Windows Registry Editor

Cara Memperbaiki Tombol Ctrl + Alt + Del Tidak Berfungsi Di Windows Menggunakan Windows Registry Editor

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL yang tidak berfungsi adalah dengan menggunakan bantuan Windows Registry Editor. Cara ini terbilang cukup ampuh untuk digunakan sebagai cara memperbaiki kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL yang tidak berfungsi.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki tombol shortcut Task Manager dengan menggunakan bantuan Windows Registry Editor :

  • Klik bagian menu pencarian di Windows 10 Anda dan kemudian ketikkan regedit kemudian tekan tombol Enter.
  • Ketika perangkat Anda menampilkan jendela User Account Control maka silakan Anda bisa tekan Yes untuk melakukan konfirmasi.
  • Kemudian, pada bagian sebelah kiri silakan Anda bisa mengarahkan ke bagian KEY_CURRENT_USER \\ Software \\ Microsoft \\ Windows \\ CurrentVersion \\ Policies \\ System pada perangkat komputer Anda.
  • Apabila menu di atas tidak tersedia, Anda bisa menggunakan alternatif pilihan cara lainnya yakni dengan membuka HKEY_CURRENT_USER \\ Software \\ Microsoft \\ Windows \\ CurrentVersion \\ Policies.
  • Cara memperbaiki tombol Ctrl + Alt + Del tidak berfungsi di Windows yang selanjutnya adalah dengan melakukan klik kanan pada bagian Policies dan selanjutnya silahkan Anda bisa pilih New > Key. Kemudian silakan Anda bisa mengganti nama folder menjadi System. Apabila folder System sudah ada, silakan Anda bisa lewati langkah tersebut.
  • Kemudian pada panel bagian kanan, silakan Anda bisa lakukan double click DisableTaskMgr untuk memasukkan propertinya.
  • Apabila menu tersebut tidak ada, silakan klik kanan pada System > New > DWORD (32-bit) Value.
  • Kemudian silahkan ubah nama DI WORD menjadi DisableTaskMgr dan kemudian klik dua kali untuk memasukkan propertinya.
  • Perhatikan pada layar Anda apakah nilai data diatur ke 1 atau tidak. Jika diatur ke nilai angka 1, silakan Anda bisa mengubahnya ke 0 dan kemudian silakan Anda bisa tekan OK untuk melakukan konfirmasi perubahannya.
  • Jika sudah, silakan Anda bisa melakukan Restart pada perangkat komputer Anda tersebut.

Demikianlah beberapa alternatif cara memperbaiki tombol Ctrl + Alt + Del tidak berfungsi pada Windows yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan beberapa langkah yang telah disebutkan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin memperbaiki tombol pemanggil Task Manager yang tidak bekerja.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini