Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Berkedip Bersamaan

Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Berkedip Bersamaan

Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Berkedip Bersamaan - Printer Epson L120 menjadi salah satu jenis printer yang memiliki banyak pengguna. Printer ini dikenal dengan kemudahan dalam penggunaan serta kualitas yang cukup memuaskan. Tak hanya itu, Epson L120 dikenal sebagai printer yang awet dan Tangguh dengan harga yang terjangkau. Namun, apakah Anda pernah menjumpai lampu printer Epson L120 berkedip secara bersamaan?

Lampu printer yang berkedip secara bersamaan biasanya menandakan bahwa printer sedang tidak dalam kondisi normal. Lampu indikator yang berkedip selalu menandakan adanya masalah yang ada pada printer. Tak jarang pula, kedipan lampu tersebut dibarengi dengan tidak berjalannya printer atau macet.

Sebenarnya, masalah lampu yang berkedip bersamaan pada printer Epson L120 adalah masalah yang umum ditemukan. Selain itu, cara memperbaikinya pun terbilang mudah. Oleh karenanya, Anda jangan langsung panik apabila menemui permasalahan yang sama. Yuk simak cara memperbaiki berikut ini!

Penyebab Lampu Printer Epson L120 Menyala Bersamaan

Seperti yang diketahui, salah satu masalah umum yang sering terjadi pada printer adalah berkedipnya lampu indikator secara bersamaan. Masalah ini biasanya terjadi karena beberapa hal. Berikut adalah penyebab umum dari berkedipnya lampu printer secara bersamaan.

Paper Jam

Paper jam adalah salah satu permasalahan yang paling sering ditemukan pada printer. Masalah ini terjadi apabila terdapat kertas yang tersangkut di dalam printer sehingga printer menjadi macet dan tidak bisa untuk mencetak dokumen. Paper jam bisa ditandai dengan lampu indikator printer yang menyala secara bersamaan.

Untuk mencegah paper jam yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa posisi kertas yang akan digunakan untuk mencetak dalam posisi sempurna. Selain itu, pastikan kertas yang akan digunakan tersebut memiliki potongan yang rapi sehingga tidak mudah terselip dan tersangkut di dalam printer.

Tinta Printer Kotor

Penyebab lainnya lampu printer Epson L120 menyala bersamaan adalah banyaknya tinta kotor yang menumpuk pada salah satu komponen printer. Setelah menggunakan printer secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama tentunya membuat tinta printer menjadi kotor.

Apabila tinta menjadi kotor maka harus dilakukan cleaning pada printer. Lampu yang menyala secara bersamaan juga menjadi indikator bahwa printer memerlukan perbaikan atau perawatan.

Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Berkedip Bersamaan

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi lampu printer Epson L120 berkedip secara bersamaan. Cara-cara tersebut bahkan tergolong mudah sehingga Anda tidak perlu membawanya ke teknisi. Berikut adalah cara memperbaikinya.

Reset Manual Printer Epson L120

Apabila lampu printer Epson L120 Anda berkedip secara bersamaan, cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mereset printer secara manual. Untuk mereset manual printer Epson L120 bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat karena tidak membutuhkan waktu yang lama.

Cara Memperbaiki Printer Epson L120 Lampu Berkedip Bersamaan

Langkah pertama untuk mereset printer secara manual adalah dengan menghidupkan printer terlebih dahulu. Setelah itu, tekan tombol Resume pada printer selama 4 hingga 9 detik lamanya. Tunggu hingga printer selesai memproses. Ulangi langkah seperti ini selama beberapa kali apabila percobaan pertama belum berhasil.

Melakukan Power Cycling

Seperti namanya, power cycling dilakukan dengan memanfaatkan tombol power pada printer saja. Cara ini dapat Anda lakukan dengan sangat cepat, bahkan kurang dari satu menit. Untuk memperbaiki masalah lampu yang berkedip secara bersamaan menggunakan power cycling, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Melepas kabel power yang menghubungkan sumber listrik ke printer Epson L120Power Cycling (1)
  2. Tekan dan tahan tombol Power yang ada pada bodi printer selama kurang lebih 30 detik. Pastikan Anda melakukan langkah ini saat kondisi printer dalam kondisi matiPower Cycling (2)
  3. Pasang kembali kabel power printer dihubungkan ke sumber listrik. Hidupkan printer Anda dan coba lah untuk mencetak dokumen

Mengeluarkan Kertas yang Tersangkut dari Dalam Printer

Kertas tersangkut atau paper jam memang menjadi salah satu penyebab berkedipnya lampu printer Epson L120 secara bersamaan. Masalah kertas yang tersangkut ini ternyata sangat mempengaruhi kinerja printer, bahkan bisa menyebabkan printer menjadi macet.

Untuk mengatasi paper jam yang menyebabkan lampu indikator pada printer ini menyala sangat mudah. Anda harus membuka tutup printer dan mengeluarkan kertas yang tersangkut di dalamnya menggunakan tangan kosong. Tarik perlahan kertas yang tersangkut hingga bisa dikeluarkan semua. Pastikan tidak ada kertas yang tertinggal di dalam.

Beberapa cara di atas merupakan cara memperbaiki printer Epson L120 lampu berkedip bersamaan yang dapat Anda coba. Cara di atas merupakan cara mudah dan cepat yang terbukti ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Semoga artikel dari ANGKASA ini bermanfaat selamat mencoba.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini