Ketahui 7 Cara Memperbaiki Error Unable To Start Correctly 0xc0000005

Ketahui 7 Cara Memperbaiki Error Unable To Start Correctly 0xc0000005

Bagaimana Cara Memperbaiki Error Unable To Start Correctly 0xc0000005?  Acapkali saat sibuk mengerjakan sesuatu ada saja gangguan yang membuat pekerjaan menjadi terasa begitu sulit dan lama.

Gangguan tersebut bisa saja datang dari faktor eksternal seperti rasa malas yang menyerang mendadak, fokus yang mulai menurun, atau bahkan harus melakukan aktivitas lain disaat yang bersamaan. Selain itu gangguan ini juga bisa datang dari faktor internal yakni dari piranti nya sendiri.

Ya, komputer dan piranti mesin lainnya pasti akan mengalami beberapa kondisi error, bug, atau semacamnya. Juga kesalahan dari brainware (pengguna) atau berasal dari sistem itu sendiri. Salah satunya ialah gangguan dengan notifikasi Error Unable To Start Correctly 0xc0000005.

Jika Anda menemui pesan peringatan seperti ini, Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi gangguan seperti ini merupakan kondisi umum yang menyerang pengguna Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 bahkan sampai Windows 10.

Penyebab terjadinya Error Unable To Start Correctly 0xc0000005

Sebelum membahas Cara Memperbaiki Error Unable To Start Correctly 0xc0000005, lebih baiknya kita mengenali dahulu apa yang menjadi penyebab utama pada jenis kerusakan seperti ini. Jenis gangguan Error Unable To Start Correctly 0xc0000005 biasanya muncul saat Anda hendak mengoperasikan software, program atau aplikasi yang memiliki ekstensi .exe.

Hal ini umumnya disebabkan karena kapasitas RAM yang sudah penuh sehingga tidak memungkinkan bagi Anda untuk menjalankan aplikasi tersebut, bisa juga karena device  yang terkontaminasi malware, memori yang sudah rusak, file corrupt (kerusakan pada file), salah konfigurasi hardware  bad sector, dan faktor-faktor lainnya.

Selain karena kondisi diatas, peringatan gangguan Error Unable To Start Correctly 0xc0000005 juga bisa terjadi saat Anda sedang melakukan proses update Windows. Proses update Windows yang seharusnya memberi hasil yang lebih efektif untuk menunjang kerja perangkat komputer malah mengakibatkan kerusakan yang menyebabkan proses operasi komputer menjadi sedikit terganggu.

Meskipun terbilang kondisi yang umum namun kerusakan seperti ini tidak bisa selalu dianggap sepele, pada sebagian orang jenis kerusakan seperti ini sangat membingungkan, meskipun mereka sudah mencoba melakukan proses instalasi ulang ternyata hasilnya masih sama saja dan malah tidak membantu sama sekali. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena disini saya akan memberi saran berupa Cara Memperbaiki Error Unable To Start Correctly 0xc0000005. Yuk langsung simak saja caranya dibawah ini.

Langkah Cara Memperbaiki Error Unable To Start Correctly 0xc0000005

1. Lakukan Pemeriksaan pada RAM

Seperti penjelasan sebelumnya, kerusakan seperti ini memiliki kemungkinan diakibatkan karena adanya masalah pada RAM (seperti RAM yang sudah penuh), untuk poin awal dalam Cara Memperbaiki Error Unable To Start Correctly 0xc0000005, silahkan matikan komputer Anda dan ganti RAM dengan RAM yang lain, jika Anda tidak memiliki RAM cadangan, Anda bisa memakai RAM yang sama tetapi harus membersihkan bagian RAM yang berwarna kuning dengan menggunakan kain yang lembut.

Jika Anda memiliki RAM cadangan, Anda bisa menukarkannya dengan menggunakan RAM cadangan Anda dan melakukan proses restart pada komputer Anda. Proses penukaran RAM seperti ini dilakukan jika terdapat kerusakan pada perangkat keras atau konektor RAM Anda.

2. Melakukan Perbaikan pada File Registry

Berikut tahapan caranya :

  1. Tekan shortcut Windows + R, maka tampilan yang akan muncul seperti iniFile Registry 1
  2. Lalu masukkan kata “regedit” pada kolom pencarian dan klik OKFile Registry 2
  3. Klik “Yes” jika muncul kotak pemberitahuan setelah Anda memasukkan kata “regedit”
  4. Tampilan seperti ini akan muncul dalam layar Anda.File Registry 4

Selanjutnya Anda diminta memasukkan kode perintah seperti berikut Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Windows. Lalu klik Enter.

  1. Maka tampilannya akan berubah menjadi seperti iniRegistry 5
  2. Lakukan double klik pada AppInit_DLLs,

lalu isi kotak value data dengan angka 0 (nol)File Registry 6

  1. Klik OK dan simpan pengaturannya.
  2. Langkah terakhir silahkan restart komputer Anda

3. Jalankan Hardware Troubleshooter

Sarang selanjutnya dalam Cara Memperbaiki Error Unable To Start Correctly 0xc0000005, ialah dengan mencoba menjalankan hardware troubleshooter pada komputer Anda. Berikut langkahnya :

  1. Klik logo Windows yang ada pada ujung bawah kiri komputer Anda, kemudian pilih SettingsHardware Troubleshooter 1
  2. Selanjutnya pilih Update & SecurityHardware Troubleshooter 2
  3. Lalu pilih Troubleshoot.Hardware Troubleshooter 3
  4. Kemudian pilih Hardware and Devices
  5. Selanjutnya klik Run the troubleshooter
  6. Setelah proses troubleshooter telah selesai klik OK. Setelah melalui proses troubleshooting dilakukan gangguan Error Unable To Start Correctly 0xc0000005 ini sudah teratasi dan tidak muncul lagi. Namun jika cara ini masih juga tidak menyelesaikan gangguan pada komputer Anda, silakan coba cara pada poin berikutnya

4. Jalankan Scannow atau SFC

Scannow (SFC) ialah sebuah proses pemeriksaan sistem yang bisa digunakan untuk memeriksa kerusakan seperti Error Unable To Start Correctly 0xc0000005 ini. Simak langkahnya sebagai berikut :

  1. Pergi ke menu Search pada komputer Anda
  2. Lalu ketik “CMD”SFC 2
  3. Setelahnya klik kanan pada opsi Command Prompt dan klik Run As AdministratorSFC 3
  4. Klik Yes
  5. Selanjutnya masukkan perintah “sfc/scannow” klik Enter
  6. Tunggu sampai proses scannow selesai bekerja. Cara ini dilakukan apabila penyebab utamanya berasal dari sistem

5. Memperbarui Driver Disk

  1. Ketik Device Manager pada kolom Search
  2. Temukan Driver Disk lalu klik kanan pilih update driver, pastikan komputer Anda telah terhubung ke internet untuk melakukan proses ini
  3. Tahap selanjutnya klik search automatically for updated driver software, tunggu sampai windows menemukan
  4. Jika driver tidak ditemukan, maka Anda bisa mengunduhnya pada website resmi
  5. Cara untuk memperbaikinya, klik browse my computer for software drives yang ada di halaman Update Drivers.

6. Coba Mematikan DEP

Data Execution Prevention (DEP) ialah fitur yang berfungsi untuk melindungi komputer dari adanya gangguan virus, malware, dan gangguan kerusakan lainnya. Tetapi dalam beberapa hal DEP ini bisa saja menjadi penyebab kerusakan Error Unable To Start Correctly 0xc0000005.

  1. Masuk Windows sebagai Administrator
  2. Tekan Windows + R
  3. Ketik perintah cpl. dank klik Enter
  4. Selanjutnya klik tab Advanced lalu klik Settings
  5. Klik pada tab Data Execution Protection
  6. Klik pada opsi Turn on DEP for all programs and services except those I select
  7. Klik tombol Add kemudian cari dan tambahkan file berekstensi .exe yang dapat error
  8. Klik OK lalu restart komputer Anda

7. Restore Sistem atau Install Ulang

Langkah terakhir dalam Cara Memperbaiki Error Unable To Start Correctly 0xc0000005 ialah, dengan melakukan restore sistem ulang. Akan tetapi proses ini bisa berjalan jika Anda memiliki Restore Point sebelum kerusakan tersebut terjadi. Jika Restore Point tidak ada dalam komputer Anda, Anda bisa melakukan instal ulang pada windows Anda untuk dapat mengembalikan default setting file sistem yang sudah rusak.

Itu dia beberapa langkah dalam Cara Memperbaiki Error Unable To Start Correctly 0xc0000005. Semoga artikel ANGKASA ini bermanfaat, ya!

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini