Bisnis Jasa Servis Laptop/Komputer dan Analisa Lengkapnya

Membuka bisnis jasa servis laptop/komputer itu menguntungkan. Modalnya kecil, tapi upah dan pangsa pasarnya tinggi.

Selain itu, Anda pun dapat menjalankan usaha ini dari rumah. Tidak perlu sewa tempat di area yang strategis, asalkan pemasaran dan pelayanannya bagus, orang akan datang mencari lokasi usaha Anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan dan analisa usaha jasa servis laptop dan komputer. Untuk mengetahui lebih detail, silakan simak sampai selesai.

Prospek dan peluang bisnis jasa servis laptop/komputer yang menguntungkan

Prospek dan peluang bisnis jasa servis laptop komputer yang menguntungkan

Sumber foto: Pexels.com

Bagi pebisnis, membaca peluang itu teramat penting. Tak terkecuali untuk bisnis reparasi atau perbaikan komputer dan laptop.

Sebagaimana diulas di atas, usaha ini terbilang menguntungkan dan memiliki prospek yang bagus, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi alasannya:

  1. Seperti usaha jasa servis pada umumnya, modal bisnis ini juga tergolong kecil. Yang Anda butuhkan hanya peralatan untuk memperbaiki perangkat. Alatnya mungkin jlimet dan jumlahnya banyak, tapi harganya tetap ramah di kantong.
  2. Pangsa pasarnya tinggi, terlebih bila dijalankan sebagai usaha di sekitar kampus. Hal ini karena kebanyakan pelanggannya adalah pemilik laptop. Sementara setiap mahasiswa umumnya punya laptop, PC, atau desktop untuk mengerjakan tugas.
  3. Jumlah pemilik laptop sangat banyak dan masing-masing mereka pasti membutuhkan jasa Anda sewaktu-waktu.
  4. Usahanya dapat dikombinasikan dengan bisnis lain sehingga dapat menambah keuntungan. Misalnya dengan jualan spare part Khususnya untuk perangkat yang membutuhkan penggantian komponen saat diperbaiki.
  5. Persaingannya tidak terlalu tinggi. Hal ini karena banyak orang yang punya skill tapi tidak berani membuka usaha sendiri.
  6. Mudah menemukan karyawan atau SDM.
  7. Pemasarannya bisa online dan offline.
  8. Dapat dikerjakan dari rumah atau sebagai bisnis sampingan. Bisa juga dikerjakan di tempat yang strategis dengan menyewa tempat. Fleksibel.

Dengan alasan dan prospek di atas, maka janganlah ragu untuk mencoba bisnisnya apabila Anda sudah punya skill utamanya.

Resiko usaha servis komputer / laptop

Agar persiapannya makin matang, di bawah ini adalah beberapa risiko dan tantangan yang harus Anda waspadai saat menjalankan bisnis jasa servis laptop/komputer:

  1. Adanya masalah teknis yang menyebabkan kerusakan perangkat makin parah.
  2. Tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan janji yang diberikan.
  3. Skill masih kurang sehingga tidak mampu memperbaiki kerusakan yang ada.
  4. Ragam kerusakan yang kadang tidak terduga sama sekali.
  5. Kurangnya alat untuk melakukan servis.
  6. Terjadinya risiko pencurian.
  7. Tertukarnya komponen atau perangkat pelanggan apabila tidak berhati-hati dalam melakukan penyimpanan.

Sebagian besar masalah yang dihadapi memang lebih ke teknis. Untuk itu, solusi utamanya jelas dengan memperkaya ilmu dan membuat skill Anda makin terasah dengan terus belajar.

Kunci sukses dan cara membuka usaha service komputer

Kunci sukses dan cara membuka usaha service komputer

Sumber foto: Pexels.com

Untuk dapat mengatasi semua masalah yang ada, termasuk risiko yang kami tulis di atas, berikut ini adalah beberapa tips dan kunci sukses bisnis jasa service komputer/laptop:

Keahlian

Hal utama yang perlu Anda siapkan adalah skill. Pastikan Anda memiliki kemampuan yang mahir baik itu dalam hal software maupun hardware.

Perlu Anda ketahui bahwa servis laptop memang biasanya lebih mengutamakan komponen kerasnya seperti keyboard, kipas, atau masalah lain. Tapi, setelah melakukan perbaikan hardware, Anda juga harus mengecek bahwa performa laptopnya sudah normal.

Untuk melakukan pengecekan akhir inilah dibutuhkan keahlian dalam bidang software.

Keahlian ini harus dimiliki oleh semua SDM yang ada di toko Anda. Jadi, saat mencari karyawan, pastikan bahwa skill-nya mumpuni.

Lengkapi peralatan yang dibutuhkan

Jika sudah punya keahlian servisnya, maka silakan siapkan peralatan untuk melakukan service. Peralatannya berupa software dan hardware.

Contoh software-nya adalah antivirus, installer program, dan aplikasi-aplikasi penting. Sementara untuk hardware, Anda perlu menyiapkan obeng, ampere meter, dan peralatan lainnya.

Perluas ilmu dan keahlian

Ketika sudah memutuskan untuk membuka jasa perbaikan, maka Anda tidak bisa menebak jenis kerusakan apa yang akan datang. Maka dari itu, setiap hari Anda harus terus mengasah kemampuan supaya siap dengan segala jenis masalah yang dibawa oleh pelanggan.

Belajarlah dari pengalaman, membaca buku, dan menonton trik servis yang ada di platform media sosial. Contohnya Youtube.

Terlebih lagi, setiap perangkat memiliki jenis dan model yang berbeda. Terkadang, untuk menangani masing-masing perangkat tersebut caranya juga berbeda.

Promosi offline dan online

Dapatkan banyak pelanggan dengan melakukan promosi baik secara online maupun offline. Untuk versi offline-nya, silakan lakukan dengan cara membuat banner untuk iklan di depan rumah.

Selanjutnya, Anda juga dapat membuat animasi iklan pendek dan memposting-nya di grup jual beli daerah (misalnya di FB), memaksimalkan media sosial seperti WA, IG, FB, dan Youtube, hingga memasang iklan di marketplace.

Semua langkah di atas merupakan cara branding yang akan membuat bisnis jasa servis laptop/komputer yang Anda lakukan semakin dikenal orang.

Layani pelanggan dengan baik

Salah satu teknik pemasaran yang ampuh adalah testimoni. Untuk mendapatkan hal ini, Anda harus melayani seluruh pelanggan dengan baik. Pastikan bahwa kualitas servisnya juga terbaik.

Dengan begitu, pelanggan yang merasa puas dengan layanan dan kualitas Anda tak akan segan untuk merekomendasikannya kepada teman, kerabat, atau orang yang mereka kenali.

Hal semacam ini akan mendatangkan pelanggan-pelanggan lain yang berpotensi loyal selama layanan dan kualitasnya tetap Anda pertahankan dengan baik.

Kembangkan network

Agar usaha Anda makin terkenal, silakan buat jaringan dan kembangkan. Salah satu caranya adalah dengan bergabung atau bekerja sama dengan toko komputer.

Analisa bisnis plan service komputer/laptop

Analisa bisnis plan service komputer laptop

Sumber foto: Pexels.com

Berikut ini adalah beberapa rencana dan estimasi perhitungan usaha jasa servis laptop dan komputer:

Modal

Untuk memulai bisnisnya, kemungkinan Anda membutuhkan komponen di bawah ini:

  1. Rak untuk meletakkan barang seharga Rp 500.000,-.
  2. Etalase untuk display seharga Rp 1.200.000,-.
  3. Obeng, ampere meter, dan set paket perlengkapan servis laptop seharga Rp 500.000,-.
  4. Perlengkapan software dianggarkan Rp 2.000.000,-.
  5. Komputer spesifikasi tinggi seharga Rp 3.500.000,-.
  6. Laptop spesifikasi tinggi seharga Rp 6.000.000,-.
  7. Perlengkapan hardware dan spare part Rp 5.000.000,-.
  8. Hal-hal pendukung dianggarkan Rp 1.000.000,-.

Bila ditotal, Anda membutuhkan dana sekitar Rp 19.700.000,-.

Biaya operasional

Pada contoh ini dimisalkan Anda menyewa tempat, maka berikut ini adalah pengeluaran bulanan yang mungkin:

  1. Karyawan 1 @ Rp 1.700.000,- = Rp 1.700.000,-.
  2. Sewa tempat per bulan Rp 700.000,-.
  3. Listrik, air, dan pulsa Rp 350.000,-.
  4. Lain-lain Rp 500.000,-.

Totalnya adalah Rp 3.250.000,-.

Omset dan keuntungan per bulan

Biaya servis biasanya tergantung tingkat kerusakan perangkatnya. Apabila secara rata-rata dalam sebulan Anda mendapatkan 50 klien dengan rata-rata biaya Rp 200.000,-, maka pendapatannya adalah:

50 x Rp 200.000,- = Rp 10.000.000,-

Dengan perhitungan di atas, keuntungannya adalah:

Rp 10.000.000,- – Rp 3.250.000,- = Rp 6.750.000,-

BEP atau balik modal

Dengan asumsi laba Rp 6.750.000,- per bulan, investasi awal sebesar 19 jutaan rupiah akan kembali di bulan ke 3.

Demikian perhitungan dan analisa bisnis jasa servis laptop/komputer yang dapat kami berikan. Perhitungan di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi di lapangan. Semoga bermanfaat.