10 Aplikasi Cari Jodoh Online Terbaik di Android, Jomblo Harus Coba!

Zaman sekarang semuanya sudah serba online, mau pesan makan bisa dipesan secara online. Mau mengadakan pertemuan pun juga bisa dilakukan secara online. Bahkan saat ini, mencari jodoh pun sudah bisa dilakukan secara online lho!

Ya, saat ini semua orang sudah bisa menemukan tambatan hatinya melalui jejaring online. Ada beberapa aplikasi khusus untuk mencari jodoh secara online. Caranya juga mudah dan cepat, cukup cari kriteria pasangan idaman dan aplikasi akan mencarikannya untuk kamu.

Selain itu, beberapa aplikasi cari jodoh online juga punya fitur yang menarik, seperti chatting dan ada fitur menjawab pertanyaan agar pedekate kamu tidak monoton. Penasaran ingin tahu semudah apa mencari jodoh melalui aplikasi online? Berikut Angkasa merekomendasikan 10 aplikasinya, baca sampai akhir, ya!

1. Tinder

Tinder

Hampir semua orang sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Tinder sendiri sebuah aplikasi dating yang cukup populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Tercatat, Tinder sudah pernah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna Android di PlayStore. Kepopuleran Tinder ini bukan tanpa alasan, pasalnya Tinder sendiri punya fitur serta interface yang simpel.

Saat pertama kali menggunakan Tinder, pengguna akan diminta untuk mengisi nama, foto, usia, dan jenis kelamin. Setelah itu, kamu bisa memilih pasangan sesama pengguna Tinder yang cocok denganmu. Untuk menentukannya, kamu hanya perlu tekan “LIKE” jika suka dengan orang tersebut, dan “DISLIKE” jika orang tersebut tidak cocok denganmu.

Jika orang tersebut me-LIKE balik, barulah kalian berdua bisa chatting-an. Nah, cara chatting-nya juga cukup menarik karena pengguna masih bisa menggunakan beberapa emoji untuk mengekspresikan diri secara unik. Mau coba?

2. MeetMe

MeetMe

Sebenarnya ini bukanlah aplikasi cari jodoh online, tapi aplikasi untuk mencari teman baru. Namun seiring berjalannya waktu, banyak pengguna MeeMe yang memanfaatkannya sebagai ajang cari jodoh online.

Tidak seperti Tinder yang harus saling “LIKE” untuk bisa ke tahap chatting, di MeetMe kamu hanya perlu menyalakan sinyal GPS dan cari pengguna MeetMe terdekat. Nantinya, MeetMet akan mengumpulkan daftar penggunanya untuk kamu pilih. Setelah memilih, barulah bisa diajak chatting atau pun video call. Seru kan?

3. Tantan

Tantan

Kalau Tantan sistemnya mirip dengan Tinder. Setiap pengguna harus MATCH dengan pasangannya, baru bisa diajak untuk chatting. Bukan hanya sekedar chatting, di Tantan ada yang namanya fitur “ice-breaking”. Fitur ini cukup menarik, karena mengajak pengguna untuk menjawab 10 pertanyaan tertentu agar pasanganmu bisa mengenal kamu dengan lebih baik.

Selain fitur yang unik, Tantan juga menjamin keamanan privasi para penggunanya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir soal kebocoran data privasi. Setiap pengguna juga bisa menyembunyikan (hide) kontak agar tidak tersinkronisasi dengan aplikasi Tantan. Mau coba aplikasi ini?

4. Badoo

Badoo

Berikutnya ada aplikasi yang namanya Badoo. Aplikasi ini punya cara kerja yang mirip dengan Tinder, karena pengguna hanya perlu melakukan swipe kanan untuk menyukai dan swipe kiri jika tidak tertarik. Jangan khawatir soal keamanan, aplikasi Badoo ini tergolong aman karena semua penggunanya harus melakukan tahap verifikasi terlebih dahulu.

Tahap verifikasi ini meminta pengguna untuk mengambil foto secara real-time. Lalu, Badoo akan menyocokkan foto real-time dengan foto profil yang digunakan oleh pengguna. Selain aman, Badoo juga menyuguhkan fitur untuk berkomunikasi melalui chat maupun lewat video call.

5. Taaruf ID

Taaruf ID

Untuk yang beragama Islam dan ingin mendapatkan pasangan sesama Muslim secara online, boleh coba aplikasi Taaruf ID. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini diperuntukkan bagi Muslim yang ingin mencari pasangan serius ke jenjang pernikahan.

Cara mencari pasangan di Taaruf ID juga sangat mudah, cukup nyalakan GPS dan secara otomatis aplikasinya akan mencarikan pengguna Taaruf ID yang terdekat dengan kamu. Namun, sebelum kamu mencari jodoh, sebaiknya atur kriteria pasangan impian terlebih dahulu, misalnya patokan umur. Jika sudah, langsung saja temukan jodohmu, ya!

6. Jodoh Kristen

Jodoh Kristen

Jika sebelumnya menawarkan aplikasi cari jodoh Muslim, sekarang kami mau merekomendasikan aplikasi cari jodoh untuk non-muslim. Nama aplikasinya adalah Jodoh Kristen. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mengkhususkan diri untuk mencari pasangan bagi pengguna yang beragama Kristen, baik itu Kristen Protestan maupun Kristen Katolik.

Untuk mendapatkan pasangan yang pas sesuai kriteria, Jodoh Kristen akan melakukan pencocokan kepada setiap penggunanya. Mereka mengklaim bahwa sistem pencocokan dilakukan agar kedua belah pihak bisa saling cocok satu sama lain melalui kriteria yang dibuat oleh setiap penggunanya.

Selain sistemnya yang unik, aplikasi ini juga punya staf khusus untuk memberikan tempat yang aman dan bersih untuk bertemu calon pasangannya. Jadi, kamu tidak perlu repot lagi mencari tempat untuk ngopi darat deh! Oh iya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencari teman berdoa juga lho.

7. JOIM – Jodoh Seiman

JOIM

Semua kalangan agama bisa menggunakan aplikasi JOIM karena aplikasi ini diperuntukkan bagi orang yang ingin mencari jodoh sesuai dengan agamanya masing-masing. Ada enam agama yang bisa disaring di JOIM, seperti Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, dan Konghucu.

Sebelum mencari jodoh di JOIM, setiap pengguna akan diminta untuk mengisi data diri, seperti nama lengkap, usia, dan agama. Kemudian, JOIM akan menggiring kamu ke fitur “Kalian Cocok” untuk memilih pasangan. Jika kamu tertarik, bisa geser ke kanan. Tapi kalau kamu tidak tertarik, silakan swipe kiri.

Selain sistem pencarian jodoh yang simpel, JOIM juga dibekali dengan fitur seru lainnya, salah satunya adalah KUIS. Dalam fitur tersebut, setiap pasangan akan diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dengan tujuan agar bisa saling mengenal pasangannya lebih dalam lagi. Menarik untuk dicoba, kan?

8. OkCupid

OkCupid

Nah, kalau OkCupid ini adalah aplikasi cari jodoh online terbaik pilihan editor PlayStore. Tidak seperti Tinder atau aplikasi lainnya, di OkCupid kamu bisa mendapatkan pasangan sesuai dengan kriteria idamanmu. Jadi, OkCupid akan melontarkan beberapa pertanyaan mengenai hobi dan kesukaanmu, kemudian mereka akan mencarikan pasangan yang sesuai dengan jawaban kamu.

Selain menanyakan beberapa pertanyaan umum, OkCupid juga punya fitur untuk mengatur pasangan dan kriteria pasangan yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin seorang pria berusia 30-an maka pengguna hanya perlu men-set usia pasangannya saja. Oh iya, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menemukan pasangan bule lho!

9. Pacar

Pacar

Nggak tahan dengan predikat jomblo? Kalau begitu, kamu harus coba aplikasi Pacar. Berdasarkan nama aplikasinya, Pacar memang diperuntukkan bagi pengguna yang ingin cari pacar. Tapi sebelum itu, setiap pengguna harus mendaftarkan akun terlebih dahulu. Jika sudah terdaftar, langsung pasang foto profil terbaik dan tuliskan beberapa kata yang mendeskripsikan dirimu.

Setelahnya, pilihlah beberapa hobi yang kamu sukai, entah itu tentang musik, film, atau hobi lainnya. Jika sudah, barulah cari calon pacar di lokasi terdekat dan ajak untuk mengobrol di fitur chat yang tersedia. Agar pendekatanmu semakin asyik, coba juga fitur drawing. Di sini, kamu bisa mengajak pasangan untuk menebak kata melalui gambar. Asyik, bukan?

10. Setipe

Setipe

Last but not least, ada aplikasi bernama Setipe yang siap mencarikan pasangan tepat untuk setiap penggunanya. Di setipe, semua pengguna wajib mengisi beberapa pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dicocokan dengan pengguna setipe lainnya.

Agar kamu bisa mendapatkan pasangan yang lebih cocok lagi, maka Setipe juga mengklaim menggunakan algoritma berlandaskan psikologi. Jadi, Setipe mengharapkan setiap penggunanya bisa menemukan pasangan yang ideal dan pas berdasarkan karakter masing-masing. Sebelum bertukar nomor HP, Setipe juga menyarankan untuk melakukan obrolan melalui fitur chat yang tersedia agar lebih aman.

Mencari pasangan yang sesuai dengan kriteria memang tidak mudah, apalagi kalau kamu tipe orang yang sibuk dan tidak sempat untuk mencari pasangan. Dengan kehadiran 10 aplikasi tadi, tentu memudahkan semua orang yang ingin mencari jodoh tanpa ribet. Sudah pernah mencoba salah satu aplikasi di atas?