5 Tips Belajar Desain Grafis yang Perlu Diketahui Pemula

Berbicara mengenai belajar desain grafis, maka akan sama seperti belajar hal hal lain. Akan tetapi dalam dunia grafis ini, tidak ada tuntutan untuk bisa menciptakan desain yang menarik. Pasalnya dunia satu ini merupakan keilmuan yang berkaitan dengan selera masing masing persona. Jika Anda ada keinginan untuk mahir dalam dunia grafis ini, berikut beberapa tips yang perlu diketahui.

Tips untuk Membantu Proses Belajar Pada Dunia Desain Grafis

1. Belajar dari Sekitar

Mungkin antara percaya atau tidak, namun pada dasarnya inspirasi setiap orang ialah apa yang ada di sekitarnya. Dimana teori tersebut akhirnya membentuk seorang desain bisa menciptakan desain yang cenderung dominan terhadap suatu gaya tertentu. Meskipun  begitu, mencari inspirasi bisa dikatakan cenderung sulit. Terutama jika Anda tidak memiliki lingkungan yang menyukai desain. Untuk mendapatkan inspirasi, disarankan supaya mengikuti beberapa desainer di media sosial.

2. Mengumpulkan Referensi Desain Sebagai Inspirasi

Salah satu langkah penting yang harus dilakukan ketika memutuskan belajar desain grafis ialah mengumpulkan karya orang lain yang Anda anggap menarik. Yang mana untuk bisa mendapatkan referensi ini, bisa berasal dari banyak sumber seperti dari Pinterest atau Behance. Seperti yang dikatakan oleh penulis bernama Austin Kleon, bahwa “Setiap karya kreatif diciptakan dari apa yang terjadi sebelumnya”. Dengan tips ini, secara tidak langsung Anda akan mendapatkan inspirasi.

3. Menganalisis Proses Desain

Salah satu hal mendasar yang perlu diperhatikan dalam dunia grafis adalah menganalisis proses desain. Hal ini dikarenakan pada setiap proses, maka Anda akan belajar menggabungkan bentuk dan garis untuk menghasilkan suatu karya. Dengan menganalisis proses pada suatu desain, maka kemungkinan besar Anda bisa memahami langkah langkah yang diperlukan agar bisa menghasilkan suatu karya. Ketika belajar desain grafis, usahakan sering menganalisis desain agar kreativitas bekerja.

4. Mengatasi Masalah dengan Tepat

Ketika memelajari tentang dunia desain secara otodidak, permasalahan utama yang paling sering terjadi ialah ketika mengalami kesulitan. Biasanya untuk bisa mengatasi kesulitan ini, maka akan memanfaatkan mesin pencarian Google dengan memasukkan kalimat yang spesifik di mesin pencarian. Akan tetapi, ada kalanya kesulitan ini tetap tidak mendapatkan solusi yang tepat. Jika Anda butuh bantuan tenaga profesional maka bisa belajar di situs matawebsite.com.

5. Membuat kembali Desain Terbaik

Sebuah karya desain yang memukau berawal dari banyaknya trial and error. Jika Anda ingin mahir di dunia desain maka bisa dimulai dengan membuat ulang desain orang lain. Kemudian lakukan hal tersebut hingga desain yang Anda buat mirip dengan karya yang dijadikan contoh. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ada hak cipta. Dengan demikian, apa yang Anda lakukan ini adalah murni belajar desain grafis. Anda tidak berhak untuk menyebarkan juga mengklaim desain tersebut.

6. Terbuka Akan Kritik dan Saran

Karena berkaitan dengan selera, maka desain adalah suatu hal yang memiliki tolok ukur. Ketika Anda berhasil membuat desain, cobalah untuk memperlihatkan desain tersebut kepada orang lain dan biarkan orang tersebut memberikan kritik dan saran. Yang mana kritik dan saran ini dapat membantu Anda agar terus berkembang. Penilaian orang ini juga akan membantu Anda mengetahui gaya seperti apa yang diminati oleh banyak orang.

Itulah beberapa tips yang perlu diketahui agar bisa memahami desain grafis dengan cepat. Nah supaya kemampuan desain Anda menjadi meningkat, maka tidak ada salahnya jika ikut kursus desain grafis. Lalu dimana tempat kursus online yang tepat dan terpercaya ini? Anda bisa menghubungi tempat kursus kami di alamat matawebsite.com. Tertarik dengan penawaran kami?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.