3 Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot HP Android

Cara Membatasi Pengguna Hotspot HP – HP tanpa internet bagaikan raga yang tidak bernyawa. Ya, kami rasa istilah tersebut sangat tepat untuk menggambarkan betapa pentingnya koneksi internet di HP. Karena hampir semua aktivitas di HP membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya, seperti untuk chatting, sosial media, browsing, video call, bermain game online dan lainnya.

Meskipun begitu masih banyak pengguna yang belum bisa menikmati akses internet di HP nya. Salah satu alasannya yaitu karena alasan ekonomi yang pas-pasan sehingga kuota internet masih dibilang sebagai barang yang mahal. Tidak heran kalau banyak pengguna HP yang berburu koneksi internet gratis, salah satunya yaitu dengan meminta koneksi internet dari HP teman melalui tethering atau hotspot.

Hotspot sendiri merupakan salah satu fitur yang ada di perangkat smartphone berbasis OS android dan iOS. Dengan menggunakan fitur tersebut kamu bisa berbagi koneksi internet antar perangkat. Jadi jika kamu mengaktifkan fitur tethering atau hotspot di perangkat HP kamu dan orang lain mengetahui passwordnya maka perangkat HP orang tersebut bisa terkoneksi internet dari perangkat HP kamu.

Hal ini tentunya sangat merugikan kamu terlebih password tethering atau hotspot dari HP kamu sudah banyak yang tahu. Tentunya jika kamu mengaktifkan fitur tethering atau hotspot disengaja atau tidak disengaja maka kuota internet yang ada di HP kamu akan cepat habis. Namun terdakang kita juga bisa dalam keadaan dilema jika pada saat kamu sedang nongkrong atau kumpul sama teman dan mereka banyak yang meminta kamu untuk mengaktifkan hotspot.

Tentunya kamu akan merasa tidak enak jika kamu terang-terangan menolak untuk berbagi koneksi internet dengan cara hotspot. Nah bagi kamu yang sering mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini kami akan share Cara Membatasi Pengguna Hotspot HP. Dengan cara membatasi maka secara otomatis tidak semua perangkat bisa tersambung dengan koneksi internet dari hotspot HP kamu.

Apa Itu Hotspot di HP ?

Sebelum kita lebih jauh membahas cara membatasi jumlah pengguna hotspot. Kami akan jelaskan terlebih dahulu secara singkat mengenai hotspot di HP. Jadi hotspot di HP adalah salah satu fitur yang ada di perangkat android ataupun iOS yang berfungsi untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat HP lainnya. Dengan menggunakan fitur hotspot perangkat lain bisa terkoneksi internet meskipun tidak memilik kuota data di HP nya.

Cara Aktifkan Hotspot di HP Android

Sedangkan untuk cara mengaktifkan fitur hotspot di HP android silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  1. Pertama silahkan kamu buka menu pengaturan di HP android kamu
  2. Setelah itu silahkan kamu pilih menu jaringan dan internet
  3. Kemudian silahkan kamu pilih Hotspot dan tethering
  4. Selanjutnya silahkan kamu ketuk pada opsi Wi-Fi hotspot
  5. Terakhir silahkan kamu pilih opsi aktifkan hotspot
  6. Selesai

3 Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot di HP Android

Dengan cara membatasi pengguna hostpot HP menjadi solusi buat kamu yang sering diminta untuk mengaktifkan hotspot pada saat nongkrong atau kumpul bareng dengan teman namun kamu tidak berani menolaknya secara langsung. Dengan begitu meskipun kamu telah mengaktifkan fitur hotspot di HP kamu maka tidak semua pernagkat HP bisa terkoneksi dengan internet dari HP kamu.

Selain itu tentunya kamu juga bisa lebih hemat menggunakan kuota internet. Karena kuota internet yang kamu beli tidak bisa tersambungkan dengan perangkat hp orang lain dengan mudah. Lantas bagaimana cara membatasi pengguna hotspot HP ? Nah, bagi kamu yang penasaran simak ulasan selengkapnya berikut ini.

#1. Cara Membatasi Pengguna Hotspot HP Melalui Menu Pengaturan

Untuk membatasi pengguna hotspot HP bisa kamu lakukan melalui menu pengaturan di HP kamu. Nah bagi kamu yang belum tahu bagaimana caranya. Silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

  1. Pertama silahkan kamu buka menu pengaturan di HP kamu
  2. Kemudian silahkan kamu pilih Jaringan lalu pilih Hotspot Pribadi
  3. Selanjutnya silahkan kamu pilih Perangkat terhubung
  4. Setelah itu pilih Batas Perangkat Terhubung
  5. Nah pada tahap ini silahkan kamu pilih jumlah batas perangkat yang bisa terhubung dengan jaringan internet dari hotspot HP kamu
  6. Selesai

#2. Cara Membatasi Pengguna Hotspot HP Dengan Disable atau Blokir Manual

Kamu juga bisa membatasi jumlah pengguna hotspot hp kamu dengan cara blokir. Hanya saja untuk cara yang kedua ini memang tidak secara otomatis membatasi jumlah pengguna hostspot HP kamu.

Karena untuk cara yang keruda ini memilih dan blokir dari perangkat tertentu saja yang tidak ingin jika perangkat HP tersebut bisa terkoneksi dengan internet dari hotspot HP kamu. Adapun langkah-langkahnya silahkan kamu bisa ikuti seperti pada tutorial dibawah ini.

  1. Pertama silahkan kamu buka menu pengaturan di HP kamu
  2. Jika sudah silahkan kamu pilih Wireless & networks lalu pilih More
  3. Selanjutnya silahkan kamu pilih personal hotspot
  4. Lalu silahkan kamu blokir perangkat-perngkat yang terhubung dengan menggunakan hotspot kamu dengan cara tap pada tombol yang berwarna hijau
  5. Selesai

#3. Cara Membatasi Pengguna Hotspot HP Dengan Menggunakan Aplikasi

Selain kedua cara diatas, kamu juga bisa membatasi jumlah pengguna hotspot HP dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bernama Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering. Untuk lebih jelasnya silahkan kamu ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  1. Pertama silahkan kamu buka aplikasi google play store di HP android kamu
  2. Setelah itu silahkan kamu cari aplikasi Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering dan install di HP kamu
  3. Jika sudah terinstal, silahkan kamu buka aplikasi lalu pilih Hotspot
  4. Setelah itu silahkan kamu isikan nama Hotspot pada HP kamu
  5. Kemudian silahkan kamu pilih pada menu dropdown security untuk menambahkan password
  6. Selanjutnya silahkan kamu pilih WPA2_PSK yang berfungsi agat tidak semua orang bisa terkoneksi sembarangan dengan internet dari HP kamu
  7. Tahap selanjutnya yaitu silahkan kamu masukkan password. Untuk mengisi password pastikan menggunakan kata dengan kombunasi huruf besar dan kecil, simbol, dan angka namun bisa mudah diingat
  8. Setelah itu silahkan kamu isi jumlah data limit per MB
  9. Kemudian pilih timer dan silahkan kamu aktifkan hotspot dengan cara pilih Turn on hotspot
  10. Nah, setelah itu akan tampil jumlah data yang digunakan untuk hotspot
  11. Jika data tersebut sudah habis maka pengguna tidak bisa lagi tersambung dengan internet dari HP kamu
  12. Selesai

Selain ketiga cara yang telah kami share diatas, kamu juga bisa membatasi jumlah pengguna hotspot dari HP android kamu dengan cara mengganti passsword hotspot yang sudah banyak diketahui orang lain. Dengan begitu maka mereka tidak bisa dengan mudah terkoneksi dengan internet HP kamu. Nah jika teman kamu meminta passwordnya maka kamu bisa menolaknya dengan cara baik-baik agar tidak tersinggung.

Akhir Kata

Demikian lah share pada artikel ini mengenai Cara Membatasi Pengguna Hotspot HP. Semoga apa yang telah kami bagikan diartikel ini bisa mudah dimengerti dan bisa bermanfaat untuk para pembaca. Jangan lupa kunjungi website kami angkasa.co.id agar kamu tidak ketinggalan informasi seputar teknologi terupdate. Terima kasih.