Benda Paling Aneh yang Ditemukan di Bandara AS

7997
Sumber gambar: railpol.eu

Badan Administrasi Keamanan Transportasi (Transportation Security Administration/TSA) Amerika Serikat (AS) merupakan badan yang paling bertanggung jawab atas keamanan di seluruh bandara dan penerbangan di AS.

Salah satu tugas TSA adalah mencegah barang-barang terlarang untuk ikut terbang di dalam pesawat. Tahun 2016 lalu TSA mencatat ada lebih dari 2.500 barang yang dibawa oleh calon penumpang berhasil diamankan sebelum masuk ke dalam pesawat. Dari sekian banyak barang, ada 8 barang paling aneh yang pernah ditemukan TSA.

Granat Nanas dari Emas

Sumber gambar: worldlifestyle.com
Sumber gambar: worldlifestyle.com

Barang yang sebenarnya hanya replika dari granat nanas ini ditemukan di Newark Liberty International Airport, New Jersey di dalam tas seorang calon penumpang. Penumpang tersebut tidak mengetahui adanya larangan membawa barang apapun yang menyerupai bahan peledak, walaupun hanya sebatas mainan.

“Kita tidak tahu apa yang ada di dalamnya sampai orang yang profesional di bidang bahan peledak datang dan memeriksanya. Ini akan membutuhkan waktu yang lama dan akan menghambat penumpang lain,” tulis TSA di akun Instagram resminya.

Replika Rompi Bom Bunuh Diri

Sumber gambar: whsp.com
Sumber gambar: whsp.com

Sama seperti granat nanas, rompi yang ditemukan di Richmond International Airport, Virginia ini juga hanya barang tiruan. Rompi bom bunuh diri ini dibawa oleh seorang pemain reenactment, atau pereka ulang sejarah yang akan tampil disebuah acara reenactment.

Kehadiran replika rompi bom bunuh diri ini otomatis mengundang pihak kepolisian bandara dan unit penjinak bom untuk memeriksanya. Si pemilik rompi pun diinterogasi seharian oleh pihak kepolisian.

Pisau Cakar Naga

Sumber gambar: worldlifestyle.com
Sumber gambar: worldlifestyle.com

Seorang penumpang di bandara Atlanta pada November 2016 lalu membawa sebuah cincin yang terdapat sebilah pisau di atasnya. Pihak keamanan bandara curiga atas bentuk yang barang tersebut saat melewati pemindaian sinar X. Si pembawa pisau mengatakan, pisau yang ia sebut sebagai cakar naga itu dibawa sebagai suvenir.

Salahnya, si penumpang membawa cakar naga itu di tas yang akan dia bawa ke dalam kabin. Pihak keamanan bandara pun meminta si penumpang untuk meninggalkan pisau tersebut.

Kuda Laut

Sumber gambar: wwlp.com
Sumber gambar: wwlp.com

Seorang turis yang akan meninggalkan Detroit kedapatan membawa kuda laut dalam tasnya. Tidak hanya satu, melainkan lima ekor kuda laut.

Pihak keamanan awalnya tidak menaruh curiga karena yang terdeteksi di sinar X hanyalah botol minuman beralkohol. Petugas keamanan bandara mulai curiga karena cairan di dalam botol itu tidak penuh. Begitu dikeluarkan dari tas, barulah terlihat botol tersebut berisi kuda laut.

Masker Gas Berhias Peluru

Sumber gambar: cnet.com
Sumber gambar: cnet.com

Seorang calon penumpang di Miami International Airport mengaku terinspirasi oleh program serial televisi dan film Mad Max. Ia membeli sebuah masker gas yang dihiasi amunisi tajam di bagian depannya sebagai suvenir.

Walaupun amunisi itu hanya replika, namun peraturan penerbangan melarang segala bentuk barang yang menyerupai senjata dan amunisinya untuk ikut naik ke dalam kabin penumpang. Barang tersebut boleh ikut terbang, namun diletakkan di bagasi pesawat.

Mayat

Sumber gambar: huffingtonpost.com
Sumber gambar: huffingtonpost.com

Sebenarnya ini bukanlah mayat sungguhan. Ini adalah mayat tiruan yang dibuat sebagai salah satu properti dari film The Texas Chainsaw Massacre.

Masalahnya, kru film membawa mayat ini tanpa dibungkus apapun sehingga mengagetkan pihak keamanan dan seluruh calon penumpang di bandara Hartsfield-Jackson International Airport, Atlanta. Layaknya barang bawaan lain, ‘mayat’ itupun harus melalui pemindaian sinar X.

Pihak keamanan bandara memutuskan untuk memperbolehkan replika mayat itu ikut terbang, tapi harus diletakkan di bagasi dan bukan di dalam kabin.

 

Author: Remigius Septian