Waduk Cirata Cianjur

Waduk Cirata Cianjur Bagi kalian semua yang merencanakan untuk berwisata di akhir tahun 2020 maka salah satu destinasi wisata yang murah meriah dan mempunyai keindahan alam eksotis dan berada di Kabupaten Cianjur yaitu Waduk Cirata, bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan piknik anda dan keluarga. Bukan hanya itu saja, apabila Waduk Cirata adalah salah satu destinasi yang menjadi kebanggaan untuk warga Purwakarta dan juga Cianjur, selanjutnya Waduk Jatiluhur menjadi bendungan terbesar di Indonesia dan untuk Waduk Cirata selama ini bukan hanya sekedar sebagai destinasi wisata alam saja akan tetapi menjadi Bendungan PLTA terbesar di ASEAN.

Waduk Cirata adalah salah satu bendungan terbesar yang memang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Jawa Barat dikarenakan sebagai tempat penampungan air untuk PLTA atau pembangkit listrik tenaga air dan sekaligus sebagai tempat wisata yang sangat instagramable, murah, dan kekinian. Kalian bisa melihat banyak sekali viu dan Spot yang sangat keren saat berkunjung ke tempat ini.

Untuk masalah letak bendungan waduk Cirata terbilang sangat strategis dan mudah dijangkau dikarenakan akses jalan ke lokasi ini sudah diperbaiki oleh pemerintah setempat dan kalian bisa mendapatkan banyak keindahan suasana alam yang disajikan di tempat wisata ini dan pastinya bagi para pecinta foto selfie, kalian bisa mendapatkan background pemandangan yang luar biasa.

Sejarah waduk Cirata Cianjur

Dari beberapa klem apabila Waduk Cirata berada di daerah Purwakarta dan selanjutnya klaim yang lain jika Bendungan keren ini berada di Kabupaten Cianjur dan ada juga yang mengatakan jika Waduk Cirata berada di Bandung.

Harus diluruskan walaupun pastinya sedikit membingungkan bagi mereka yang belum pernah kesini dan belum mengetahui sejarah waduk Cirata, maka tidak bisa dipungkiri apabila Waduk Cirata bisa disebut sebagai Waduk Cirata Bandung, waduk Cirata Purwakarta, dan waduk Cirata Cianjur dikarenakan ketiga wilayah tersebut memang berada di Bendungan tersebut.

Akan tetapi walaupun berada di wilayah 3 kabupaten, jika melihat strategis lokasi maka Waduk Cirata lebih condong ke Kabupaten Cianjur dan selanjutnya untuk luas Bendungan Cirata sendiri mempunyai luas sekitar 43000 hektar dengan kapasitas listrik bisa menampung sampai 1428 GWH per tahun dan selanjutnya disalurkan memakai sistem interkoneksi ke pulau Jawa Bali dan Madura dengan teknologi Tegangan Tinggi 500 kV sehingga dipastikan Bendungan ini sangat mewah.

Selanjutnya Bendungan PLTA tersebut, tercatat di dalam sejarah seperti dikutip dari laman Wikipedia, untuk Tahapan pertama pembangunan dilakukan pada tahun 1983 dan selesai pada tahun 1988, selanjutnya tahapan pembangunan kedua yaitu dimulai pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 1997 dan selanjutnya Total luas kawasan yaitu sekitar 43000 hektar lebih.

Area Waduk Cirata berada di daerah aliran sungai Citarum dan Waduk Saguling yang memang menyediakan genangan air yang berlimpah dikarenakan mempunyai posisi lebih tinggi dan selanjutnya air dari Bendungan Cirata mengalir ke area Bendungan Jatiluhur sehingga bisa disimpulkan apabila air dari Bendungan Saguling lah yang dimanfaatkan terus-menerus hasilkan aliran listrik dan sangat berguna untuk PLTA.

Spot wisata di Waduk Cirata Cianjur

Bagi kalian semua yang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, maka ada beberapa Spot dan kegiatan yang bisa kalian lakukan di antaranya adalah sebagai berikut:

Berfoto selfie

Keindahan alam yang disajikan di Bendungan terbesar di Indonesia ini dan berada di 3 kabupaten memang bisa memberikan sebuah keindahan alami bagi para pecinta foto selfie dan pastinya ketika kalian berkunjung ke sini, maka jangan lupa untuk menyempatkan diri berfoto selfie dengan background pemandangan alam dari sebuah bendungan yang super keren.

Menikmati sunrise dan sunset

Jika kalian beruntung maka di lokasi ini pun kalian bisa menikmati Bagaimana matahari terbit dan terbenam dengan sangat jelas dan hal ini bisa menjadikan kalian selalu bersyukur kepada Allah SWT dikarenakan masih bisa melihat hari esok.

Menjelajah perairan

Bagi para wisatawan yang ingin mengarungi dan menjelajah Waduk Cirata maka diperbolehkan dan kalian tinggal berjalan di area waduk ataupun menyewa perahu nelayan yang sudah disediakan dengan biaya yang tidak begitu mahal yaitu sekitar Rp30.000.

Mancing Mania

Apabila kalian hobi dengan mancing, maka di lokasi ini menjadi lokasi terfavorit bagi mereka para Mancing Mania dikarenakan kalian bisa mendapatkan jenis ikan air tawar berbagai ukuran dan berbagai jenis yang akan memberikan kepuasan tersendiri.

Untuk para pemancing kalian bisa memilih beberapa Spot area mancing diantaranya di daerah calincing, palumbon, pasir Geulis atau Cipicung, sampai di Babakan Garut.

Menikmati kuliner

Untuk kalian yang suka sekali berwisata kuliner maka area wisata yang patut kalian kunjungi yaitu ke daerah buangan dikarenakan di lokasi ini terdapat jajaran warung-warung yang menjanjikan hidangan khas Sunda seperti nasi liwet sampai ikan bakar yang pastinya dijual dengan harga terjangkau.

Lokasi dan alamat waduk Cirata

Bagi kalian yang belum pernah berkunjung ke lokasi ini maka silahkan untuk melihat lokasi Google Map dan juga alamat resmi nya berikut ini.

Lokasi Google Map waduk Cirata Cianjur

Apabila kalian ingin mengetahui terkait Google Map dari tempat wisata yang ada di Kabupaten Cianjur ini maka silakan untuk melihat Google Map berikut ini.

Alamat Waduk Cirata

Destinasi wisata Waduk Cirata beralamatkan di desa Tegalwaru, kecamatan Plered, kabupaten Purwakarta provinsi Jawa Barat.

Ataupun lokasinya bagi masyarakat Cianjur yaitu berada di bagian utara Sukaluyu di bagian timur Cianjur.

Jam buka Waduk Cirata

Untuk jam operasional Ketika anda semua akan berkunjung ke Waduk Cirata maka lokasi ini buka setiap hari selama 24 jam.

Harga tiket masuk waduk Cirata Cianjur

Untuk harga tiket masuk dipastikan gratis akan tetapi kalian hanya tinggal membayar uang parkir untuk motor sekitar Rp3.000 dan untuk mobil Rp5000.

Fasilitas Waduk Cirata

Bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi ini, maka untuk fasilitasnya terbilang sudah sangat mumpuni di antaranya terdapat:

  • Area kamar mandi
  • WC umum
  • Tempat salib
  • Lokasi parkir
  • Mushola
  • Warung makan
  • Tempat menginap
  • Hotel

Rute menuju Waduk Cirata

Untuk kalian yang berasal dari Jakarta maka bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yaitu dengan mengambil jalur pertama dari arah Bogor menuju puncak dan sampai di Kabupaten Cianjur dan Cikalongkulon maka kalian bisa sampai di waduk Cirata.

Selanjutnya untuk rute kedua yang berasal dari Jakarta kalian bisa melalui Jonggol ke Cikalong Kulon dan baru sampai di Waduk Cirata.

Selanjutnya rute ketiga kalian bisa melalui tol Cikampek keluar di pintu tol Jatiluhur, selanjutnya perjalanan menuju ke Plered dan untuk kalian yang berasal dari Bandung bisa mengambil jalur tol Cipularang dan selanjutnya keluar dari pintu tol Cikalong Wetan dan terakhir menuju Plered dan nantinya Mengikuti alur ke Waduk Cirata.

Foto terbaru Waduk Cirata

Dibawah ini adalah gambaran terbaru yang bisa kalian lihat sebagai referensi di saat akan berkunjung ke area Waduk Cirata yang kami ambil dari berbagai sumber di internet.

Waduk Cirata Cianjur - IG1
Waduk Cirata Cianjur – IG1
Waduk Cirata Cianjur - IG3
Waduk Cirata Cianjur – IG3
Waduk Cirata Cianjur - IG2
Waduk Cirata Cianjur – IG2
Waduk Cirata Cianjur - IG4
Waduk Cirata Cianjur – IG4
Waduk Cirata Cianjur - IG5
Waduk Cirata Cianjur – IG5
Waduk Cirata Cianjur - IGnurdiyahh5
Waduk Cirata Cianjur – IGnurdiyahh5