Puluhan Brimob Polda Jabar Diperiksa Propam Akibat Tragedi Tamansari Bandung

ANGKASA.CO.ID – Puluhan Brimob Polda Jabar Diperiksa Propam Akibat Tragedi Tamansari Bandung Puluhan anggota Brimob sebanyak 62 anggota resmi diperiksa oleh Propam Polda Jawa Barat dikarenakan kasus tragedi kerusuhan di Tamansari Bandung terkait penggusuran lokasi yang sebelumnya videonya viral di media sosial. Dikabarkan apabila sebanyak 62 anggota Brimob sudah melakukan pelanggaran disiplin dan kode etik sehingga Propam langsung turun tangan supaya bisa mendinginkan suasana yang Memang sekarang ini sedang mencekam di daerah Tamansari Bandung.

62 anggota Brimob yang diperiksa Propam akibat kerusuhan di TamanSari Bandung kemungkinan besar diduga adanya pelanggaran disiplin yaitu tindakan kekerasan yang mereka lakukan kepada masyarakat yang waktu itu Bertahan saat terjadinya aksi penggusuran yang ada di Kelurahan Tamansari, bandung Wetan, bandung provinsi Jawa Barat yang berlangsung pada hari Kamis 12 Desember 2019 yang lalu.

Menurut Kombes Pol Asep Adi Saputra selaku kepala bagian penerangan umum Polri apabila dirinya memerintahkan kepada Polda Jawa Barat supaya memberikan tindakan tegas untuk oknum Brimob yang terbukti sudah melakukan pelanggaran disiplin dan juga kode etik ketika mereka melakukan pengamanan di lokasi penggusuran sehingga terjadi korban luka baik luka ringan sampai Luka berat.

Menurut Kombes Pol Asep Adi Saputra sampai berita ini diturunkan, ada 62 personel yang telah diperiksa terkait kasus kericuhan di Tamansari Bandung dan semuanya dalam rangka dimintai keterangan, selanjutnya sebanyak 25 warga yang diduga kuat menjadi provokator dan juga ikut dalam melakukan bentrok saat penggusuran terjadi dan seluruh warga yang diperiksa setelah dikembalikan ke keluarga masing-masing.

“Sampai sekarang ada 62 personil Brimob yang telah diperiksa atas kericuhan di Tamansari Bandung dan selanjutnya ada 25 warga yang sama diperiksa dan kasus ini sedang didalami dan mereka dimintai keterangan. Selanjutnya untuk warga telah dipulangkan ke rumah mereka masing-masing,” kata kombes Pol Asep Adi Saputra.

Seperti kita ketahui apabila penggusuran yang ada di Tamansari Bandung dikabarkan dilakukan dengan paksa terutama kepada 33 kepala keluarga yang ada di RW 11 dan peristiwa ini langsung menjadi trending dan menjadi sorotan, karena aksi penggusuran diwarnai dengan kericuhan antara warga dan Brimob yang dibantu Satpol PP.

Selanjutnya Satpol PP dan aparat keamanan terlibat tindak kekerasan kepada warga malahan ada sebuah rekaman yang viral di media sosial yang diunggah oleh akun YouTube Soni Setiawan.