Memulai Bisnis RT RW Net, Modal 20 Jutaan BEP <6 Bulan

Ambil peluang bisnis RT RW net sekarang! Potensi usahanya sangat besar mengikuti perkembangan dunia digital. Cukup siapkan modal 20 jutaan dan raup keuntungan per bulan setelahnya.

Sebagaimana diketahui, dunia digital kini terus berkembang secara masif. Saking masifnya, bila ada orang yang tidak mengikuti perkembangan tersebut, maka dia akan langsung tertinggal bahkan tergerus oleh zaman.

Inilah yang melahirkan sebuah kebutuhan pokok baru buat para penduduk di Indonesia, yakni koneksi internet. Koneksi inilah yang diperlukan oleh semua orang agar dapat selalu terhubung dengan dunia digital tersebut.

Sayangnya, koneksi internet di Indonesia belum merata. Fakta di lapangan membuktikan bahwa sinyal kencang internet hanya bisa didapatkan di kota-kota besar.

Sementara di desa, koneksinya masih putus nyambung. Kalaupun ada, biasanya sangat lemot. Untuk bisa mendapatkan koneksi yang agak bagus, pengguna internet harus memakai provider yang mematok harga kuota cukup mahal.

Dari penggambaran ini, muncullah sebuah peluang bisnis baru untuk mengoneksikan internet di seluruh rumah dengan sinyal yang kencang tapi harganya relatif murah, yakni bisnis internet RT RW.

Usaha ini dapat dijalankan di desa maupun di kota. Kalau di desa, biasanya langsung di perkampungan di tingkat RT, kelurahan, hingga kecamatan. Sementara di kota, biasanya dijalankan di area perumahan.

Yang jelas, bisnis ini berpeluang besar bila dijalankan di area yang padat penduduk.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lengkap tentang analisa bisnis ini mulai dari peluang, risiko atau tantangan, hingga analisa usahanya.

Peluang dan keuntungan memulai bisnis RT RW net legal

Pelunagn Bisnis RT RW Net

Penggambaran di atas memberikan penjelasan secara umum kenapa potensi bisnis ini sangat besar. Agar lebih detail, berikut ini kami sajikan beberapa poin yang membuat usahanya memiliki kans besar dan menguntungkan:

  1. Dapat dijalankan baik di desa maupun di kota.
  2. Tidak perlu sewa tempat, peralatannya bisa disimpan di dalam rumah.
  3. Pangsa pasarnya luas karena kebutuhan akan koneksi internet yang tinggi. Salah satu contoh pelanggannya adalah usaha penulis yang ada di desa.
  4. Pendapatan datang terus setiap bulan karena bersifat langganan. Sekali ada yang pasang internet, setiap bulan mereka akan membayarkan biayanya kepada Anda. Artinya, jika bulan ini ada 10 pendaftar dan bulan depan ada 10 lagi, maka penghasilan di bulan berikutnya adalah dari 20 orang tersebut. Demikian seterusnya.
  5. Tahan terhadap pandemi. Bisnis tetap akan terus berjalan meskipun musim berubah atau sedang ada wabah.

Dengan poin di atas, rasanya bisnis ini cukup layak untuk dilirik dan dijadikan sebagai salah satu cara untuk menghasilkan uang setiap bulan.

Risiko, kelemahan, dan tantangan bisnis RT RW net

Berikut ini adalah beberapa tantangan dan risiko yang harus dihadapi saat membuka usaha jaringan internet:

  1. Harus punya izin agar legal dan tidak melanggar aturan.
  2. Diperlukan skill
  3. Saat musim hujan, antena rawan terkena petir.
  4. Mendapatkan komplain saat terjadi gangguan atau koneksi buruk.
  5. Koneksinya dibobol oleh hacker atau pesaing yang tidak suka dengan kesuksesan Anda.

Bagaimanapun, Anda harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi. Percayalah bahwa tantangan itu akan membuat bisnis RT RW net yang dijalankan menjadi lebih kokoh. Anda pun akan mendapatkan pengalaman yang banyak dari setiap tantangan tersebut.

Strategi bisnis dan panduan RT RW net yang sukses

Strategi bisnis dan panduan RT RW net

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan supaya usaha ini berjalan dengan lancar dan hambatan yang ada bisa dilalui dengan baik:

Kuasai skill pemasangan dan koneksi internet

Hal pertama yang perlu dipelajari adalah keahlian untuk memasang router dan mengatasi masalah-masalah koneksi bila sewaktu-waktu terjadi.

Jangan khawatir, skill ini bisa dipelajari dengan cepat. Tak perlu lulusan teknik atau semacamnya. Cukup luangkan waktu untuk belajar dan mengotak-atik koneksinya. Pengalaman yang banyak akan makin mematangkan kemampuan dan keahlian Anda.

Carilah provider yang koneksinya bagus dan harganya murah

Bekerja samalah dengan PT atau penyedia jaringan yang stabil, kecepatannya bagus, dan mau memberikan harga murah.

Dengan begini, Anda dapat bersaing dengan pemilik bisnis serupa di daerah tersebut. Selain itu, penentuan harga dan profit margin juga jauh lebih mudah dilakukan.

Tentukan target market dengan jelas

Biar makin bagus, Anda harus menentukan market-nya dengan jelas. Hal ini nanti akan mempengaruhi produk yang dijual.

Misalnya, target market-nya adalah anak sekolah, maka Anda bisa menawarkan ke wali murid untuk pasang di rumah atau membuat jaringan yang lokasinya dekat sekolah untuk digunakan oleh anak-anak dengan sistem voucher. Karena berlaku publik, biasanya opsi kedua ini harganya lebih murah.

Buat rencana bisnis minimal 5 bulan ke depan

Tentukan target dan rencana pendapatan dengan jelas 5 bulan ke depan. Ini akan membantu Anda untuk berada di track sehingga bisa terhindar dari kerugian.

Urus izin usaha RT/RW net

Ini adalah poin penting yang harus disiapkan. Sebab ada banyak kasus di mana pebisnis pemula menjalankan usaha secara ilegal sehingga membuat bisnisnya gulung tikar.

Izin ini bisa diurus sendiri. Namun, bisa juga jadi satu dengan provider yang Anda pilih. Artinya, Anda berada di bawah naungan dari PT yang menyediakan jaringan internet tersebut. Kalau demikian, Anda tidak perlu lagi melakukan pengurusan izin yang super ribet.

Promosi

Meski persaingannya tidak terlalu banyak, namun promosi tetap saja harus dilakukan supaya semua orang tahu bahwa Anda memulai bisnis ini. Lakukan strategi pemasaran secara offline (dari mulut ke mulut) dan online (via sosial media).

Berikan pelayanan terbaik dan segera tangani jika ada masalah

Pelayanan adalah faktor terpenting dalam menentukan kesuksesan bisnis. Apalagi bisnis RT RW net ini merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa di mana layanan memegang peran utama.

Terlebih jika ada komplain karena ada masalah dengan koneksinya. Anda harus segera menanganinya supaya kembali normal.

Analisa modal usaha RT/RW net, pendapatan/laba, dan BEP

Analisa modal usaha RTRW net

Berikut ini perhitungan modal, pendapatan, hingga estimasi balik modalnya:

Modal

  • Tower 20 meter Rp 7.000.000,-.
  • Anti petir Rp 1.000.000,-.
  • Laptop/komputer Rp 5.000.000,-.
  • Printer Rp 500.000,-.
  • Alat-alat merakit, mikrotik, POE, konektor, access point Rp 7.500.000,-.

Secara total, modal awal yang harus dikeluarkan adalah Rp 21.000.000,-.

  • Kabel FO 3.000 meter @ Rp 1.200.000,-/1.000 meter = Rp 3.600.000,-.
  • Router 50 buah @ Rp 160.000,- = Rp 8.000.000,-.

Ketika ada pesanan pemasangan, Anda membutuhkan kabel dan router dengan total nilai Rp 11.600.000,- untuk target 50 pelanggan.

  • Gaji karyawan Rp 750.000,- x 2 = Rp 1.500.000,-.
  • Listrik Rp 250.000,-.

Biaya bulanannya adalah Rp 1.750.000,-.

Pendapatan/keuntungan

Apabila per bulan Anda mendapatkan 10 pelanggan dengan harga pemasangan Rp 250.000,- dan paket internet Rp 200.000,- per bulan. Dengan target 50 pelanggan dalam 5 bulan, perhitungannya adalah:

  • Pemasangan: Rp 250.000,- x 50 = Rp 12.500.000,-.
  • Biaya paket bulanan untuk 10 pelanggan pertama: Rp 200.000,- x 10 orang x 5 bulan = Rp 10.000.000,-.
  • Biaya paket bulanan untuk 10 pelanggan yang mendaftar di bulan kedua: Rp 200.000,- x 10 orang x 4 bulan = Rp 8.000.000,-.
  • Biaya paket bulanan untuk 10 pelanggan yang mendaftar di bulan ketiga: Rp 200.000,- x 10 orang x 3 bulan = Rp 6.000.000,-.
  • Biaya paket bulanan untuk 10 pelanggan yang mendaftar di bulan keempat: Rp 200.000,- x 10 orang x 2 bulan = Rp 4.000.000,-.
  • Biaya paket bulanan untuk 10 pelanggan yang mendaftar di bulan kelima: Rp 200.000,- x 10 orang x 1 bulan = Rp 2.000.000,-.

Dengan demikian, total pendapatan di 5 bulan pertama adalah:

  • 12.500.000 (pemasangan) + 10.000.000 + 8.000.000 + 6.000.000 + 4.000.000 + 2.000.000 = Rp 42.500.000,-.
  • Biaya bulanan selama 5 bulan = Rp 1.750.000,- x 5 = Rp 8.750.000,-.

Total pendapatan di 5 bulan pertama adalah Rp 33.750.000,-.

BEP atau estimasi balik modal

Dengan pendapatan di 5 bulan pertama di atas sudah terlihat jelas bahwa seluruh modal awal bisa langsung BEP di bulan kelima. Jadi bulan keenam dan seterusnya Anda tinggal memetik untungnya saja.

Demikian ulasan peluang, kelemahan, strategi, hingga analisa bisnis RT RW net. Semoga gambaran umum di atas bermanfaat dan memberikan inspirasi usaha buat Anda.