Museum Bumi Ageung Cianjur

Museum Bumi Ageung Seperti pada pembahasan kami sebelumnya apabila Kabupaten Cianjur menjadi salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat yang sangat kaya dengan destinasi wisata alam termasuk wisata curug atau air terjun. Ternyata di Cianjur terdapat salah satu spot wisata yang bisa anda kunjungi terutama bagi para pelajar yang ingin dan suka dengan wisata sejarah karena pernyataan, kabupaten Cianjur mempunyai wisata sejarah dengan harga tiket masuk terjangkau yaitu bumi ageung Cikidang.

Bumi ageung Cikidang adalah destinasi wisata museum yang sudah sangat terkenal di daerah Kabupaten Cianjur terutama bagi mereka para pelajar ataupun yang suka dengan wisata sejarah, dikarenakan tempat dari lokasi wisata ini selain sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi, mempunyai fasilitas lengkap, suasana alam yang masih alami, dan juga terdapat historis sejarah ah yang bisa menjadi edukasi bagi para wisatawan saat mereka berkunjung ke Museum bumi ageung Cikidang.

Museum bumi ageung Cikidang berada ada di jalan Mochamad Ali tepatnya di kelurahan solokpandan kabupaten Cianjur Jawa Barat yang memang menjadi salah satu area wisata yang banyak dikunjungi baik oleh masyarakat di Kabupaten Cianjur ataupun luar Kabupaten dikarenakan memberikan edukasi dan juga wisata sejarah yang sangat bagus.

Sejarah museum bumi ageung Cikidang

Seperti dikutip dari berbagai sumber di internet apabila bumi ageung Cikidang mempunyai sejarah yang sangat keren dikarenakan dahulu kala lokasi tersebut mempunyai peran yang sangat penting untuk kemerdekaan Republik Indonesia, karena rumah tersebut menjadi salah satu rumah yang sering dipakai oleh para pahlawan Indonesia untuk kemerdekaan NKRI.

Bukan hanya itu saja, bumi ageung Cikidang menjadi lokasi tempat perumusan pembentukan tentara PETA yang saat itu dipimpin oleh Gatot mangkupraja tepatnya di tahun 1943 sampai 1945 dan rumah ini menjadi salah satu rumah bersejarah bagi masyarakat Indonesia yang berada di Kabupaten Cianjur.

Rumah tersebut dahulunya pernah dikunjungi oleh para petinggi sebut saja Gatot mangkupraja selanjutnya pangkostrad tahun 67, dan beberapa orang lainnya.

Selanjutnya bumi ageung yang mempunyai arti rumah besar berada di daerah Cikidang dan dahulunya adalah rumah milik Bupati Cianjur ke-10 yang resmi menjabat saat itu dalam Periode 1862 sampai 1910 atau menjabat sekitar 48 tahun lamanya.

Rumah ini mempunyai nuansa vintage yang dibangun pada tahun 1886 yang difungsikan dahulunya sebagai rumah peristirahatan sang Bupati dan selanjutnya di tahun 1910, rumah tersebut diwariskan kepada sang putri tercinta yaitu Raden Ayu Tjitjih Wiarsih dan selanjutnya pada tahun 2010, lokasi ini ditetapkan sebagai benda cagar budaya nasional yang sudah mengantongi surat keterangan menteri Kebudayaan dan Pariwisata di Cianjur.

Lokasi dan alamat bumi ageung Cikidang

Di bawah ini adalah lokasi resmi Google Map dari tempat wisata edukasi bernama museum bumi ageung dan juga alamat resmi nya yang pastinya bisa membantu kalian ketika akan berkunjung ke tempat ini dari luar Kabupaten Cianjur.

Lokasi Google Map museum bumi ageung

Tempat wisata ini mempunyai Google Map resmi dan kalian bisa melihatnya di bawah ini terutama untuk kalian yang suka dan terbiasa berkunjung ke mana pun hanya dengan melihat Google Map.

Alamat Museum bumi ageung

Museum yang ada di Kabupaten Cianjur tersebut berlokasi di Jl Moch. Ali No 64, Solokpandan, Kec. Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43214

Harga tiket masuk museum bumi ageung

Di bawah ini adalah harga tiket masuk terbaru 2020 yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet dimana lokasi wisata ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu kisaran mulai dari Rp 10.000.

Jam buka museum bumi ageung

Apabila kalian ingin berwisata ke lokasi ini maka museum buka setiap hari mulai dari jam 10.00 WIB dan tutup jam 16.00 WIB.

Spot wisata di Museum bumi ageung

Bagi kalian yang baru pertama berkunjung ke lokasi wisata ini maka ada beberapa kegiatan yang dapat kalian lakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

Belajar sejarah

Dipandu oleh pemilik museum yang bertugas untuk membawa para pengunjung, maka kalian bisa mendapatkan sebuah ilmu tentang sejarah yang yang tidak terlepaskan bagi masyarakat Indonesia diantaranya kalian bisa menemukan berbagai macam barang peninggalan tempo dulu yang pastinya antik dengan usia sampai ratusan tahun.

Lebih mengenal Cianjur

Walaupun tempat ini bukanlah menjadi salah satu bukti awal pertama adanya Kabupaten Cianjur, akan tetapi Cianjur terkenal salah satunya dari tempat wisata ini sehingga kalian pun bisa mengetahui Cianjur tempo dulu sebagai salah satu markas peta.

Melihat barang kuno

Museum Bumi Ageung - IG 4
Museum Bumi Ageung – IG 4

Ketika kalian memasuki bumi ageung maka di dalamnya kalian bisa melihat banyak sekali benda yang sudah berusia ratusan tahun diantaranya adalah mebel, peralatan makan kuno, cangkir porselin dengan cetak foto almarhum wajah Bupati bersama istri, beberapa hiasan dinding, dan beberapa barang yang bersejarah lainnya yang hanya bisa kalian lihat di lokasi tersebut.

Hotel dekat Museum bumi ageung

Apabila kalian ingin bermalam di Kabupaten Cianjur maka ada beberapa apa hotel terdekat yang pastinya dengan harga kamar terjangkau di antaranya adalah.

  • Novus Giri Resort dan spa
  • Pallace hotel
  • Yasmin Resort
  • Resort drive 202 puncak
  • Reddoorz Syariah Cipanas
  • Villa Kota Bunga Ade
  • Puncak Resort gede 17
  • Cianjur delaga biru convention.

Foto museum bumi gede

Dibawah ini adalah beberapa foto yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di Instagram supaya bisa memberikan gambaran bagi kalian yang belum pernah berkunjung ke lokasi ini dan untuk beberapa fotonya adalah sebagai berikut.

Museum Bumi Ageung - IG 4
Museum Bumi Ageung – IG 4
Museum Bumi Ageung - IG 3
Museum Bumi Ageung – IG 3
Museum Bumi Ageung - IG 5
Museum Bumi Ageung – IG 5
Museum Bumi Ageung - IG 1
Museum Bumi Ageung – IG 1
Museum Bumi Ageung - IG 2
Museum Bumi Ageung – IG 2

Itulah pembahasan kami, tentang salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di Kabupaten Cianjur bernama museum bumi gede Cikidang yang sudah sangat terkenal dari dulu sampai sekarang dan menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi terutama bagi para pecinta wisata sejarah.