Cara Mudah Menonaktifkan Grup WA Tanpa Harus Keluar

Cara Mudah Menonaktifkan Grup WA Tanpa Harus Keluar

Salah satu fitur yang menjadi primadona di WhatsApp adalah kehadiran chat grup. Dengan fitur tersebut, setiap pengguna bisa mengumpulkan sekitar 200 orang untuk masuk ke dalam satu grup obrolan yang sama. Tentu ada saja ada hal positif dan negatif.

Positifnya, pengguna WhatsApp tidak perlu repot mengirim pesan satu persatu untuk memberikan sebuah informasi. Tinggal sebar chat di satu grup, maka semua orang yang ada di dalam grup chat tersebut bisa menerima pesan Anda dengan baik.

Bahkan, kehadiran fitur grup chat ini juga bisa mempererat silahturahmi antar sesama karena intensitas mengobrolnya bisa menjadi lebih sering. Anda bisa update kabar-kabar terbaru seputar teman-teman di dalam satu grup chat tersebut. Mungkin juga dapat kenalan baru, kan?

Namun, dari sekian banyaknya hal positif kehadiran grup chat, ternyata ada juga hal negatif yang kadang bikin kesal. Bayangkan, sekitar 200 orang berbondong-bondong saling mengirim pesan di dalam satu grup yang sama sehingga membuat notifikasi grup WA menjadi sangat berisik.

Bukan hanya itu saja, jika HP Anda tidak kuat menampung banyaknya aktivitas dari grup WA, bisa saja HP Anda mengalami lagging. Yang mungkin lebih parah adalah, grup WA bisa menyedot kuota internet berlebihan karena seringnya dikirimi foto atau video yang langsung terunduh. Menyebalkan, bukan?

Tapi sebenarnya, hal negatif itu bisa diatasi dengan mudah, asalkan Anda tahu caranya. Jika belum tahu, kebetulan Angkasa kali ini akan membahas cara mudah menonaktifkan grup WA tanpa harus keluar dari grup. Ada beberapa cara yang bisa dicoba dan Anda bisa ikuti cara-cara tersebut dengan membaca artikel ini sampai habis, ya!

Menonaktifkan Grup WA Tanpa Harus Keluar

Menonaktifkan Grup WA Tanpa Harus Keluar

Memang cara yang paling simpel untuk membuat WA tidak berisik lagi adalah keluar dari grup tersebut. Tapi keluar dari grup WA membutuhkan banyak pertimbangan. Pertama, mungkin Anda masih membutuhkan informasi-informasi yang sering dilontarkan dalam grup WA tersebut. Kedua, mungkin Anda khawatir pemikiran anggota grup saat Anda keluar dari grup secara tiba-tiba, iya kan?

Hal itu wajar mengingat beberapa grup WA ada aturan tersendiri dimana anggota grup tidak boleh sembarangan keluar grup. Tujuannya mungkin untuk membuat grup lebih tertib, kan? Maka dari itu, untuk menonaktifkan grup WA tanpa harus keluar caranya gampang, cukup bisukan atau mute notifikasi grup tersebut. Caranya seperti ini:

  1. Langkah pertama, langsung buka dan masuk ke dalam aplikasi WA Anda.
  2. Kemudian, masuk ke dalam grup WA yang ingin dinonaktifkan.
  3. Setelah itu, tekan simbol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas.
  4. Sekarang, muncul beberapa pilihan menu dan di sini silakan pilih Mute Notification atau Bisukan Notifikasi.
  5. Tahap berikutnya adalah memilih waktu sampai kapan grup WA akan dibisukan.
  6. Di langkah terakhir, silakan langsung klik OK.

Selesai, kini grup WA tidak akan memunculkan notifikasi lagi. Nah, jika Anda merasa tidak menginginkan notifikasi grup WA untuk sementara waktu, bisa pilih waktu 1 minggu atau 8 jam. Tapi kalau ingin membisukan grup tersebut selamanya, silakan pilih Always.

Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp

Menonaktifkan Whatsapp

Lanjut ke cara yang kedua yaitu menonaktifkan aplikasi WhatsApp-nya. Dengan menonaktifkan aplikasi WhatsApp maka secara otomatis semua notifikasi dari WA tidak akan pernah muncul lagi. Cara ini akan sangat efektif untuk membisukan semua grup WA yang Anda miliki.

Tapi sayangnya, cara ini juga akan membuat Anda tidak mengetahui notifikasi chat dari WA, siapa pun itu pengirimnya. Jadi, menurut kami cara ini hanya cocok untuk yang memang jarang mengandalkan WA dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kalau Anda sering berkomunikasi lewat WA, sebaiknya hindari menggunakan cara ini, ya.

Nah, untuk menonaktifkan aplikasi WhatsApp sendiri tergolong sangat mudah. Untuk mengetahui langkah-langkah selengkapnya, silakan simak uraian berikut ini:

  1. Untuk langkah awal, silakan buka HP Anda dan masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  2. Setelah itu cari dan masuk ke dalam menu Aplikasi atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Apps.
  3. Di dalam menu Aplikasi menampilkan semua aplikasi yang berjalan di HP Anda. Nah, pada tahap ini silakan klik pada aplikasi WhatsApp.
  4. Lalu, silakan klik tombol Paksa Berhenti atau Stop Force yang ada di bagian bawah.
  5. Terakhir, geser tombol Mulai Otomatis untuk menonaktifkan WhatsApp. Selesai!

Blokir dan Laporkan Grup WA

Block Grup Whatsapp

Mari kita lanjutkan ke cara yang ketiga, yaitu blokir dan laporkan grup WA yang Anda inginkan. Cara ini terbilang sangat ekstrem karena Anda akan memblokir sekaligus melaporkan grup WA yang ingin dinonaktifkan.

Ada konsekuensi yang dihadapi saat melakukan cara ini, yaitu ada kemungkinan grup WA yang Anda laporkan dan blokir ini akan langsung ditindaklanjuti oleh WhatsApp secara langsung. Setelah ditindaklanjuti maka pihak WhatsApp memiliki wewenang untuk membubarkan grup WA tersebut.

Namun, tentu saja tidak semudah itu WA membubarkan sebuah grup WA. Pasalnya, pihak WhatsApp juga akan memantau dan mengonfirmasi apa saja yang dilakukan dalam grup WA yang Anda blokir dan laporkan tersebut. Jadi, pilih cara yang paling bijak, ya. Dan untuk melakukan hal ini, bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Seperti biasa, silakan buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke dalam grup WA yang ingin diblokir.
  2. Jika sudah selesai, kini saatnya klik simbol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas.
  3. Ada beberapa pilihan menu, karena Anda ingin memblokirnya silakan langsung tekan pilihan More.
  4. Setelah itu, akan ada beberapa pilihan menu lainnya dan sekarang pilihlah report atau laporkan.
  5. Langkah berikutnya, centang bagian pilihan "keluar grup."
  6. Di akhir, silakan langsung klik Report atau Laporkan. Mudah kan?

Tutup Grup WA Secara Menyeluruh

Menutup Grup WA

Satu lagi cara membisukan grup WA yang terkesan mengganggu, yaitu dengan cara menutup grup WA menyeluruh. Apa maksudnya? Artinya, Anda keluar dari grup dan grup WA tersebut tidak akan pernah muncul atau tidak bisa dibuka lagi.

Hal yang harus dipertimbangkan saat menggunakan cara ini adalah, pastikan bahwa Anda memang tidak terlalu ketergantungan dengan grup WA ini, ya, karena Anda benar-benar tidak akan mendapatkan informasi apapun setelah keluar dari grup. Jika Anda sudah mempertimbangkannya, mari intip cara menutup grup WA berikut ini:

  1. Seperti sebelumnya, silakan masuk ke dalam Aplikasi WA dan buka grup WA yang ingin Anda tutup.
  2. Tahap selanjutnya, keluarkan atau kick semua anggota dari grup WA yang Anda pilih.
  3. Lalu, silakan lanjutkan dengan tekan tombol Exit Group atau Keluar Grup.
  4. Belum selesai, kini saatnya hapus grup tersebut dengan klik tombol Delete group.
  5. Di tahap selanjutnya, centang bgaian Delete media.
  6. Dan langkah terakhir adalah klik Delete. Selesai!

Perlu diketahui juga bahwa cara ini akan membuat semua anggota grup WA keluar secara menyeluruh. Jadi, pertimbangkan kembali saat mau menggunakan cara ini agar Anda dan teman-teman di grup tetap nyaman.

Sekian pembahasan mengenai cara menonaktifkan grup WA tanpa harus keluar dari grup dari Angkasa. Setidaknya ada 4 cara yang bisa dilakukan dan Anda tinggal pilih cara mana yang paling sesuai. Jika punya cara lain yang lebih efektif, bisa ceritakan pengalamannya di kolom komentar, ya!

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini