Kebun Raya Cibodas Cipanas Cianjur

Kebun Raya Cibodas Untuk bagi anda semua ingin berwisata ke daerah kabupaten Cianjur dan berwisata di area lokasi alam yang sangat indah dan eksotis, maka salah satu tempat wisata yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda kunjungi yaitu Kebun Raya Cibodas. Lokasi wisata alam ini merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Kecamatan Cipanas ya memang sangat terkenal malahan menjadi di UPT Balai konservasi tumbuhan Kebun Raya Cibodas yang berada di bawah naungan pusat konservasi Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Cibodas Cianjur adalah salah satu lokasi wisata yang memang tidak sepi pengunjung malahan cenderung ramai walaupun di tengah wabah virus Corona dikarenakan memberikan sebuah area wisata yang sangat menyejukkan dan pastinya akan membuat para pengunjung merasa betah berada di lokasi tersebut. Selanjutnya tempat wisata ini untuk lokasinya sendiri dihimpit di antara dua gunung yang sangat terkenal di Kabupaten Cianjur diantaranya Gunung Gede dan Gunung Pangrango sehingga menjadikan lokasi ini selain mempunyai alam yang eksotis dan alami, akan tetapi kualitas udara sangat terjamin masih segar alami dan menyehatkan.

Kebun Raya Cibodas mempunyai jarak 100 km dari Jakarta dan 80 km dari kota Bandung dan menjadi salah satu area Balai konservasi selanjutnya tempat wisata ini pun melayani masyarakat sesuai dengan kebutuhannya dan banyak layanan yang ditawarkan di tempat ini diantaranya pendidikan lingkungan dan penelitian, juga terdapat beberapa Spot yang bisa menjadi area wisata untuk anda dan keluarga.

Sejarah Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas atau di dalam bahasa Inggris bernama Cibodas Botanical Garden merupakan salah satu objek wisata yang ada di area hutan gunung gede dan Gunung Pangrango yang letaknya berada di desa Cimacan, kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur yang mempunyai topografi bergelombang dan berbukit-bukit dan hal ini membuat lokasi ini sangat keren dan juga menjadi area yang nyaman untuk beristirahat.

Selanjutnya seperti dikutip dari laman Wikipedia, apabila Kebun Raya Cibodas resmi didirikan pada tanggal 11 April 1852 oleh seorang kurator Kebun Raya Bogor bernama Johannes Ellias Teijsmann, ma selanjutnya dahulu kala lokasi wisata ini disebut dengan nama kebun pegunungan Cibodas dan pertama kali dibuat sebagai tempat aklimatisasi jenis tumbuhan luar negeri yang mempunyai nilai penting dan juga ekonomi yang tinggi.

Salah satu pohon yang sangat penting dan pertama kali dibudidayakan di lokasi ini diantaranya adalah pohon kina dan selanjutnya berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dan resmi diberi nama cabang Balai Kebun Raya Cibodas yaitu pada tahun 2003 kebun Raya Cibodas menjadi lebih Mandiri sebagai lokasi unit pelaksana teknis Balai konservasi tumbuhan Kebun Raya Cibodas yang ada di bawah naungan pusat konservasi tumbuhan Kebun Raya Bogor dan sampai sekarang menjadi area wisata alam yang sangat digemari.

Harga tiket masuk kebun raya Cibodas

Apabila anda belum pernah berkunjung ke lokasi ini dan ingin mengetahui Berapa harga tiket masuk baik untuk per orang dan selanjutnya harga tiket parkir, maka silakan untuk melihat daftarnya di bawah ini yang update di bulan Agustus 2020.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas
Tiket Masuk Domestik Rp.16.500
Tiket Masuk Mancanegara Rp.16.500
Tiket Motor dan  Sepeda Rp.5.000
Tiket Mobil Rp.20.000

Jam buka Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 16.00 WIB.

Kegiatan di Kebun Raya Cibodas

Ada beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan saat berkunjung ke tempat wisata ini dan pastinya menjadi daya tarik tersendiri untuk seluruh wisatawan di antaranya adalah sebagai berikut.

Gathering

Lokasi wisata ini memang sangat direkomendasikan untuk kegiatan gathering dikarenakan mempunyai pemandangan alam yang masih sejuk dan alami sehingga akan sangat cocok menjadi di area berkumpul bersama keluarga sahabat dan kerabat. Di lokasi ini pun mempunyai area gedung makan dan sebagainya yang sangat lengkap.

Shooting film

Ternyata tempat wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi pengambilan syuting film baik untuk televisi fTV ataupun sinetron dan pastinya menjadi nilai lebih bagi para pengelola tempat wisata ini karena pembayaran untuk syuting film akan sangat mahal.

Spot berfoto selfie

Di lokasi ini pun banyak sekali Arya yang bisa dijadikan oleh kalian untuk berfoto selfie dikarenakan mempunyai latar belakang yang sangat indah yaitu salah satunya area perkebunan yang dirawat dengan baik dan kalian pun bisa memilih beberapa Spot lokasi lain yang sangat instagramable.

Menginap di Kebun Raya Cibodas

Bagi kalian semua yang ingin menghabiskan waktu berwisata di lokasi kebun raya Cibodas, maka kalian pun bisa menginap dikarenakan terdapat 3 guesthouse dengan jumlah kamar dan tempat tidur yang berbeda dan bisa di sewa oleh wisatawan.

Mempelajari tanaman hias

Lokasi wisata yang sangat terkenal di Kabupaten Cianjur ini memberikan sebuah edukasi bagi kalian para pecinta tanaman hias dikarenakan terdapat banyak sekali tanaman hias yang dibudidayakan di tempat tersebut.

Ketika kalian berada di sini, kalian pun bisa mengikuti pendidikan lingkungan secara cepat dan pastinya akan memberikan tambahan ilmu terkait alam semesta.

Di lokasi ini pun kalian bisa berburu bunga sakura yang mekar terutama memasuki bulan juli-agustus.

Alamat dan lokasi kebun raya Cibodas

Apabila kalian belum pernah berkunjung ke tempat wisata ini dan ingin mengetahui lokasi Google Map dan alamat resmi nya, maka silakan membaca penjelasan kami berikut ini!

Alamat Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas beralamatkan di Jalan Kebun Raya Cibodas, desa Sindang Jaya, kecamatan cipanas Kabupaten Cianjur provinsi Jawa Barat dengan kode pos 43253.

Lokasi Google Map Kebun Raya Cibodas

Apabila kalian ingin berwisata ke lokasi ini sendirian atau bersama teman dan hanya melihat Google maaf, maka silakan untuk melihat Google Map resmi nya di bawah ini.

Foto Kebun Raya Cibodas

Untuk kalian semua yang belum mengetahui penampakan keindahan Kebun Raya Cibodas yang ada di Kabupaten Cianjur, maka silakan untuk melihat beberapa foto yang kami rangkum dari media sosial Instagram sebagai referensi untuk anda semua.

Kebun Raya Cibodas - IG 6
Kebun Raya Cibodas – IG 6
Kebun Raya Cibodas - IG 8
Kebun Raya Cibodas – IG 8
Kebun Raya Cibodas - IG 7
Kebun Raya Cibodas – IG 7
Kebun Raya Cibodas - IG 4
Kebun Raya Cibodas – IG 4
Kebun Raya Cibodas - IG 5
Kebun Raya Cibodas – IG 5
Kebun Raya Cibodas - IG 3
Kebun Raya Cibodas – IG 3
Kebun Raya Cibodas - IG 2
Kebun Raya Cibodas – IG 2
Kebun Raya Cibodas - IG 1
Kebun Raya Cibodas – IG 1

Tips berkunjung di Kebun Raya Cibodas

Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan ketika akan berkunjung ke lokasi kebun raya Cibodas diantaranya adalah:

Jaga kebersihan

Hampir dalam setiap postingan kami sangat merekomendasikan untuk kalian yang akan berwisata ke lokasi manapun termasuk ke Kebun Raya Cibodas untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan diantaranya buang sampah pada tempatnya, tidak merokok sembarangan, dan selalu menjaga kelestarian alam.

Membawa alat fotografi

Apabila kalian ingin mengabadikan momen saat berada di lokasi wisata ini maka dari rumah jangan sampai lupa membawa alat fotografi baik smartphone ataupun kamera DSLR terbaik supaya kalian bisa mengabadikan momen berwisata di Kebun Raya Cibodas yang nantinya bisa diunggah ke Instagram ataupun video melalui YouTube.

Membawa uang tunai

Supaya kalian nyaman dan tidak ketika akan membeli makanan ataupun berbelanja maka jangan lupa untuk membawa uang tunai secukupnya.